Comscore Tracker

5 Tips Tetap Tangguh dan Waras Berada dalam Badai Quarter Life Crisis 

Badai pasti berlalu dan kamu jadi pribadi tangguh yang baru

Berada dalam fase quarter life crisis terasa seperti sedang mengalami badai kehidupan dan titik terendah dalam hidup. Masa ini seolah menjadi langkah awal menjadi dewasa muda dengan serangkaian keputusan yang akan diambil yakni menyangkut karir, pasangan dan menjalani peran dalam masyarakat.

Banyak orang rentan merasakan stres ketika gagal maupun terjatuh menggapai impiannya dan sulit untuk bangkit kembali. Padahal perlu usaha keras agar seseorang dapat melewati fase ini dengan tangguh karena ke depannya pasti akan bertubi-tubi permasalahan hidup akan menghampiri dan tiada henti. Berikut lima tips buatmu yang sedang mengalami quarter life crisis agar kamu tetap tangguh dan waras.

1. Teruslah bertanya dan mencari tahu tentang diri 

5 Tips Tetap Tangguh dan Waras Berada dalam Badai Quarter Life Crisis Pexels/Yan

Masa ini diselimuti dengan beragam pertanyaan tentang arti hidup, tujuan hidup dan rencana masa depan. Namun yang lebih penting dari semua itu adalah kamu harus menyelami diri untuk mengetahui lebih dalam mengenai keunggulan, kelemahan serta nilai lebih dari dirimu sendiri. Inilah modal awal untukmu mulai mencintai diri sendiri dengan mengetahui kebutuhan, kapasitas serta keterbatasan diri.

Mencintai diri sendiri menjadi upaya agar kamu tetap waras atau sehat mental berada dalam kondisi penuh tekanan dalam menemukan apa yang kamu tanyakan dan menggapai yang kamu inginkan. 

2. Ceritakan dan diskusi dengan teman yang turut merasakannya 

5 Tips Tetap Tangguh dan Waras Berada dalam Badai Quarter Life Crisis Unsplash/Mimi Thian

Jika dirasa overthinking dengan segudang pertanyaan dan jawaban yang semakin keluar dari konteks, kamu bisa mulai ceritakan dengan teman yang juga berada dalam tahap quarter life crisis. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa sendirian menghadapinya dan mendapatkan kekuatan dari temanmu. Mendiskusikan bagaimana keputusan yang akan diambil akan lebih membuatmu memiliki sudut pandang yang lebih luas sehingga terhindar dari pemikiran pribadi yang semakin tidak beraturan. 

Baca Juga: Sering Galau, 5 Fakta Quarter Life Crisis yang Mendewasakanmu

3. Fokus terhadap apa yang bisa dilakukan saat ini 

5 Tips Tetap Tangguh dan Waras Berada dalam Badai Quarter Life Crisis Pexels/Julia M Cameron

Fase quarter life crisis membuatmu menjadi terlalu fokus pada masa depan sehingga mencemaskan jika yang kamu lakukan saat ini belum maksimal. Di samping itu, kebanyakan orang terlalu ingin cepat sukses dalam waktu yang singkat sehingga tekanan dari diri sendiri semakin tinggi.

Padahal pada masa ini hal yang bijak dilakukan adalah fokus terhadap apa yang bisa dilakukan dan berada dalam kendalimu yakni dengan menekuni bidang yang disukai hingga ahli. Masa depan adalah hal di luar kendalimu yang belum pasti akan seperti apa nantinya namun tentu tidak jauh dari apa yang kamu upayakan hari ini. 

4. Lakukan aktivitas lain untuk menambah energi positif 

5 Tips Tetap Tangguh dan Waras Berada dalam Badai Quarter Life Crisis Unsplash/Austin Distel

Mengisi masa quarter life crisis selain melakukan aktivitas apa yang dalam kendalimu, kamu bisa menambah aktivitas lain berupa hobi maupun olahraga yang bisa meningkatkan energi positif. Jika memungkinkan, jadikan hobimu sebagai sesuatu yang menghasilkan sehingga ketika kamu mendapatkan karier yang sesuai, kamu juga memiliki penghasilan tambahan dari hobi yang kamu jalani. Begitu pula ketika mendapatkan pasangan hidup, kamu sudah mapan secara finansial dari pekerjaan maupun hobi yang ditekuni. 

5. Kuatkan dan motivasi diri agar tangguh bertahan dan berjuang  

5 Tips Tetap Tangguh dan Waras Berada dalam Badai Quarter Life Crisis Unsplash/Keenan Constance

Ketika sudah fokus terhadap masa kini ditambah aktivitas yang menyumbang energi positif, kamu akan lebih mudah menguatkan diri untuk bertahan pada badai kehidupan ini. Meskipun berulang kali terjatuh, kamu akan dengan tangguh bangkit kembali menggapai tujuan yang ingin direngkuh. Memotivasi diri dengan kalimat positif ampuh mengubah cara pandangmu dalam melihat permasalahan yang semakin kompleks menjadi lebih sederhana dengan mencari akar permasalahan beserta solusi yang tepat. 

Pada akhirnya, kita hanya bisa mengandalkan diri sendiri dan melakukan apa yang dalam kendali kita pada masa quarter life crisis. Kabar baiknya di masa ini menjadi kesempatan emas untukmu lebih mengenal diri sendiri dengan baik. Semoga kamu yang sedang berada di badai kehidupan seperempat abad dapat tangguh dan waras melewatinya ya!

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Tangguh Menghadapi Quarter Life Crisis

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya