Comscore Tracker

5 Cara Agar Berkarya di Rumah Saat Physical Distancing Dapat Terwujud

Kemungkinan akan muncul karya atau penemuan baru nih

Tahukah kamu jika Isaac Newtoon menemukan teori gravitasi saat physical distancing dikarenakan adanya wabah sehingga membuatnya sangat produktif? Seperti yang kita alami saat ini, di samping harus tetap waspada, lebih baik berkarya agar waktumu termanfaatkan dengan baik. Dengan begitu kepanikan dan juga kebingungan mengisi waktu luang bisa berkurang.

Inilah 5 cara agar berkarya di rumah bisa terwujud dan tidak sekadar menjadi wacana belaka.

1. Manfaatkan waktu untuk mulai menyusun impian besarmu

5 Cara Agar Berkarya di Rumah Saat Physical Distancing Dapat Terwujudpexels/andreapiacquadio

Jika setiap harinya kamu disibukkan dengan pekerjaan atau menuntut ilmu sehingga akan menghabiskan waktu mempersiapkan diri pada pagi harinya, hal itu tidak akan kamu alami ketika masa physical distancing. Kamu tidak lagi seperti dikejar waktu. Tanpa disadari, hal ini mempengaruhimu menjadi lebih tenang.

Kini saatnya ketenangan ini bisa kamu manfaatkan untuk memikirkan lebih matang dan menyusun rencanamu ke depan terhadap impian besar yang diidamkan. Namun kamu tetap memiliki tanggung jawab pada pekerjaan atau tugas utamamu ya, di samping mulai berkarya sesuai ketertarikanmu akan suatu bidang. 

2. Catat semua ide yang muncul dan mengerjakan sesuai skala prioritas 

5 Cara Agar Berkarya di Rumah Saat Physical Distancing Dapat TerwujudUnplash/AvelChuklanov

Aktivitas sehari-hari yang padat sering kali membuatmu merasa kelelahan. Hal ini berdampak padamu yang menjadi mengabaikan ide liar yang muncul dalam waktu tak terduga.

Nah, dengan adanya physical distancing, kamu akan memiliki waktu yg fleksibel sehingga kesempatan untuk mencatat semua ide yang muncul terbuka lebar. Setelah itu yang terpenting mulai kerjakan satu per satu sesuai skala prioritas dan target yang ditentukan.  

Baca Juga: Ini 8 Ide Kegiatan Seru untuk KPopers yang #DiRumahAja, Produktif!

3. Buat jadwal yang efektif sehingga membuatmu produktif 

5 Cara Agar Berkarya di Rumah Saat Physical Distancing Dapat Terwujudpexels/pixabay

Buatlah jadwal di mana kamu dapat dengan fokus mengerjakan pekerjaanmu dan waktu di mana kamu dapat berkarya dengan maksimal. Tidak harus sepanjang hari, asalkan jadwal yang kamu tetapkan dipatuhi dengan baik, maka hanya perlu sedikit waktu untuk menyelesaikannya.

Misalkan waktumu dapat fokus tanpa terdistraksi oleh di lingkungan sekitar adalah ketika pagi hari, siang hari bahkan malam hari. Gunakan waktu tersebut dengan maksimal agar produktif setiap harinya. 

4. Komitmen dan disiplin dalam menjalankan rencana  

5 Cara Agar Berkarya di Rumah Saat Physical Distancing Dapat Terwujudpexels/hamedmomeni

Selanjutnya pegang komitmenmu terhadap apa yang kamu rencanakan. Selain itu disiplin dalam mengerjakannya juga menjadi kunci utama akan keberhasilanmu mewujudkan impian. 

Ketika ingin berkarya lewat tulisan, menulislah setiap hari. Jika berkarya lewat lukisan, melukislah dengan sungguh-sungguh. Bisa juga apabila kamu menyukai musik, cobalah menciptakan lagu, karena ini waktu yang tepat melakukan semua hal tersebut. 

5. Mengevaluasi setiap minggunya akan progres yang ada 

5 Cara Agar Berkarya di Rumah Saat Physical Distancing Dapat Terwujudpexels/andrewneel

Nah, agar kamu tahu apa yang kamu lakukan berjalan efektif atau tidak, usahakan agar mengevaluasi kinerjamu setiap seminggu sekali di akhir atau awal pekan. Hal ini bertujuan apakah progres yang kamu tetapkan sudah sesuai jadwal dan target. Jika tidak, kamu dapat mencari rencana lain untuk mengetahui keefektifannya. Inilah pentingnya evaluasi sebagai tolak ukur kinerjamu. 

Itulah cara agar berkarya di rumah saat physical distancing dapat terwujud. Yuk, berkarya di rumah. Mungkin jika setiap masyarakat berkarya, bisa jadi banyak penemuan baru yang muncul dan berguna buat negeri. 

Baca Juga: Tetap Berkarya di Saat Physical Distancing ala Millennial Medan

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya