Comscore Tracker

5 Cara 'Balas Dendam Asyik' pada Orang yang Pernah Menyakitimu

Balas dendam terbaik adalah dengan meraih kesuksesan diri

Balas dendam terdengar sebagai konotasi yang negatif jika perbuatan jahat dibalas dengan kejahatan pula. Rantai ini tidak akan habis jika tidak diputus oleh salah satu pihak. Artinya, ketika kamu dikhianati, disakiti dan hal menyakitkan lainnya, balaslah dengan cara yang lebih positif untuk dirimu sendiri untuk memutus rantai balas dendam tersebut.

Dengan fokus pada diri, maka kamu tidak akan kehilangan waktu sia-sia untuk mengurusi hidup orang lain serta tidak memupuk hati dalam kebencian. Nah bagaimana sih cara membalas dendam dengan kesuksesan? Berikut lima cara yang wajib kamu ketahui.

1. Melampiaskan rasa sakit dengan motivasi memantaskan diri  

5 Cara 'Balas Dendam Asyik' pada Orang yang Pernah MenyakitimuUnsplash/Keenan Constance

Ketika tersakiti karena komentar pedas orang lain, ada baiknya kamu melihat secara objektif apa yang disampaikannya. Jika memang tidak benar adanya, tidak perlu membela secara berlebihan. Namun apabila apa yang disampaikannya sesuai dengan dirimu, dibanding menyimpan sakit hati, baiknya ubah menjadi sumber motivasi agar dirimu menjadi lebih baik lagi.

2. Perlahan mulai melakukan langkah kecil untuk mimpimu

5 Cara 'Balas Dendam Asyik' pada Orang yang Pernah MenyakitimuPexels/Julia M Cameron

Perlahan rencanakanlah langkah kecil yang disusun sedemikian rupa untuk melaksanakan aksi dalam mengembangkan diri. Dengan begini, kamu tidak akan lagi punya waktu untuk memikirkan atau menimbun kebencian dengan orang yang menyakitimu. Waktumu akan termanfaatkan dengan baik dan jauh dari kesia-siaan. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Balas Dendam Paling Superior adalah Berbuat Baik

3. Membuktikan pada diri bahwa kita hebat dan mampu 

5 Cara 'Balas Dendam Asyik' pada Orang yang Pernah MenyakitimuPexels/Joshua Mcknight

Setelah usaha dan kerja keras yang dilakukan, akhirnya kamu berhasil membuktikan bahwa dirimu hebat dan mampu atas hal yang diragukan maupun cemoohan orang lain. Kita merasa puas ketika orang lain tersebut mengetahui dan tertegun dengan pengembangan diri kita, karena artinya perilaku buruk mereka tidak mempengaruhi kita menjadi terpuruk.

4. Memaafkan orang yang menyakiti akan mendamaikan hati

5 Cara 'Balas Dendam Asyik' pada Orang yang Pernah MenyakitimuUnsplash/Raychan

Meskipun dulu pernah disakiti, namun kita juga perlu untuk memaafkan perbuatannya. Karena yang terpenting kita sudah membuktikan kemampuan kita dan rasa bangga terhadap diri sendiri lebih besar dari dendam yang buruk itu. Bisa jadi perilakunya yang dulu memiliki alasan tertentu yang tidak kita pahami, jadi lebih baik memahami diri sendiri saja bukan?

5. Berterimakasihlah karenanya kita menjadi lebih kuat

5 Cara 'Balas Dendam Asyik' pada Orang yang Pernah MenyakitimuUnsplash/bruce mars

Selain memaafkan, kamu perlu berterimakasih padanya yang telah menyakitimu. Karena secara tersirat perbuatannya membuat kita menjadi terpacu untuk bekerja sekeras mungkin mengembangkan diri dan membuktikan bahwa diri kita kuat menghadapi semuanya. Selain itu kamu bisa juga berterimakasih padanya yang sudah mengingatkan sehingga kamu mengetahui letak kekeliruanmu sebelumnya.  

Begitulah balas dendam dalam arti yang positif dengan meraih kesuksesan. Jadi ketika tersakiti, pelampiasannya harus positif dan bermanfaat buat diri kita dan jangan merugikan orang lain ya.

Baca Juga: 5 Konsep Keliru Soal Balas Dendam yang Justru Memperburuk Keadaan

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya