Comscore Tracker

5 Cara Ekstrem Meningkatkan Kepercayaan Diri Bagi Pemalu Akut!

Langsung praktikan yuk

Pemalu akut memiliki keterbatasan dalam berinteraksi dan menunjukkan eksistensinya. Sehingga hal ini menjadi hambatan ketika sang pemalu ingin melakukan suatu hal. Oleh karena itu, berikut ada cara ekstrem untuk dipraktikkan agar kepercayaan dirimu semakin meningkat. 

1. Yakinkan diri bahwa akan terus mencoba

5 Cara Ekstrem Meningkatkan Kepercayaan Diri Bagi Pemalu Akut!pexels/pixabay

Langkah pertama adalah meyakinkan diri bahwa kamu akan berubah. Kamu tidak selamanya menginginkan menjadi seorang pemalu akut. Kamu berjanji pada dirimu untuk selalu mencoba dalam banyak kesempatan. Hal ini akan menjadi dorongan yang kuat agar kamu bisa menjadi percaya diri. 

2. Mulai terlibat dalam pembicaraan

5 Cara Ekstrem Meningkatkan Kepercayaan Diri Bagi Pemalu Akut!Unplash/PriscillaDuPrezz

Ketika sedang bergerombol temanmu membicarakan suatu hal, dengarkan dengan seksama dan ikutlah terlibat dalam pembicaraan itu. Pemalu biasanya takut berbicara karena takut tidak dianggap, sekarang mulailah untuk aktif terlibat, biar temanmu merasa kamu adalah orang yang asyik. Sehingga dengan diterima di lingkungan, kamu akan merasa percaya diri menunjukkan eksistensimu.

Baca Juga: 5 Keuntungan Berteman Baik dengan Orang Pemalu, Hatinya Tulus!

3. Mengikuti organisasi atau komunitas

5 Cara Ekstrem Meningkatkan Kepercayaan Diri Bagi Pemalu Akut!Pexels/Fox

Terjun ke dalam organisasi atau komunitas, membuatmu harus berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang. Lambat laun dengan yang awalnya terpaksa harus berhadapan dengan banyak orang, membuatmu yang mulanya kaku akan menjadi orang yang lebih percaya diri. 

4. Berani mengambil peran dalam suatu kegiatan

5 Cara Ekstrem Meningkatkan Kepercayaan Diri Bagi Pemalu Akut!Pexels/RebranCities

Dalam suatu kesempatan, entah itu kegiatan wisata bersama teman, kegiatan event atau lainnya, beranilah mengambil peran. Dengan begitu, dirimu akan tertantang untuk percaya diri dalam mengurus segala sesuatunya. 

5. Di tempat asing, mencoba bertanya dengan luwes

5 Cara Ekstrem Meningkatkan Kepercayaan Diri Bagi Pemalu Akut!Unsplash/AlexisBrown

Biasanya orang yang pemalu terhadap orang asingpun merasa tidak percaya diri untuk sekedar bertanya. Cobalah di tempat yang tidak kamu kenal orangnya, bertanya atau berbicaralah dengan luwes seolah sedang berbicara orang yang sudah sangat dikenal. Seperti halnya kepada pegawai restoran, toko buku, di kendaraan umum. Sering-seringlah berlatih demikian. 

Nah, cobalah mulai saat ini juga. Kamu harus berani menantang dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Sisi Positif yang Dimiliki Oleh Si Pemalu & Patut Dijadikan Teladan

Hesti Mahmudah Photo Community Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You