Comscore Tracker

5 Cara Melatih Diri Agar Sudut Pandang & Pemikiranmu Jadi Lebih Luas

#PanjatPoin Dunia ini gak terpaku pada satu titik saja!

Sudut pandang adalah bagaimana seseorang melihat suatu hal dari sisi pandangan pemikirannya. Bisa dalam melihat permasalahan, menilai seseorang atau memandang suatu hal dalam berbagai aspek. 

Namun terkadang masih banyak orang dewasa yang hanya melihat satu sudut pandang dari dirinya. Padahal ada hal yang perlu dipandang dari berbagai sudut pandang. Jika tetap menggunakan sudut pandang dirinya akan berdampak dalam sikap terhadap orang lain seperti tidak dapat menghargai orang lain, karena tidak memahami sudut pandangnya.

Memang membutuhkan proses agar seseorang memiliki sudut pandang yang luas. Namun dengan langkah berikut ini akan membantumu untuk mencoba dan melatihnya.

1. Peka terhadap lingkungan

5 Cara Melatih Diri Agar Sudut Pandang & Pemikiranmu Jadi Lebih LuasPexels/Elevate

Lihatlah dan pahami lingkungan sekitar dimulai dari orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman dan kerabat. Perbanyaklah berinteraksi dan komunikasi sehingga kita tau jika ada suatu hal yang tidak berjalan semestinya.

Hal ini akan melatih kepekaan kita untuk peduli terhadap orang lain. Ini membantumu melihat bagaimana sudut pandang orang lain jika kamu peka terhadap apa yang disampaikan mereka.

2. Berempati

5 Cara Melatih Diri Agar Sudut Pandang & Pemikiranmu Jadi Lebih LuasPexels/TatianaVavrikova

Setelah timbul kepekaan maka akan tumbuh rasa empati. Empati berarti ikut merasakan apa yang orang lain rasakan sehingga kita tau bagaimana harus bersikap dan bersedia ikut serta membantu jika memang dibutuhkan. Empati membuat kita melihat dan merasakan apa yang orang lain alami.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Terjebak Fixed Mindset, Pemikiran Sempit yang Bikin Rugi

3. Mendengarkan apa yang orang lain sampaikan

5 Cara Melatih Diri Agar Sudut Pandang & Pemikiranmu Jadi Lebih Luascosmopolitan.co.id

Mendengarkan berarti fokus terhadap bahasan yang disampaikan orang lain dan mencoba memahami sudut pandangnya. Setelah memahami, kita akan berpikir dan merasakan bagaimana jika berada pada posisi orang tersebut.

Kita tidak dapat bersikap seperti apa yang kita pikirkan atau yang menurut kita benar, lalu diterapkan pada orang lain. Karena setiap orang berbeda jadi harus melihat berdasarkan dari sudut pandang orang lain.

4. Diskusi untuk memahami permasalahan dari segala sisi

5 Cara Melatih Diri Agar Sudut Pandang & Pemikiranmu Jadi Lebih LuasPexels/Rawpixel.com

Diskusi membuat kita menjadi terbiasa untuk menyampaikan dan mendengarkan berbagai pendapat sehingga kita akan melihat pandangan banyak orang akan suatu hal. Dengan begitu, kita akan lebih terbuka dan memahami permasalahan dari berbagai sudut pandang. Hal ini akan membantu dalam memutuskan masalah dengan berbagai sudut pandang untuk mempertimbangkannya. 

5. Membiasakan fokus pada solusi win-win

5 Cara Melatih Diri Agar Sudut Pandang & Pemikiranmu Jadi Lebih Luaspexels/rawpixel.com

Solusi terbaik dalam setiap permasalahan atau pertikaian adalah win-win solution. Dimana setiap pihak yang terlibat tidak merasa dirugikan atas solusi tersebut dan mendapatkan untung secara bersamaan sesuai dengan perannya masing-masing. Jadi dengan sudut pandang yang luas akan menciptakan solusi win-win atas berbagai permasalahan atau berbagai aspek kehidupan. 

Begitulah cara untuk melatih kita memiliki sudut pandang yang luas dalam melihat segala sisi kehidupan. Karena dunia luas, pandanglah segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Bikin Kamu Sulit untuk Berpikir Positif, Hindari Ya!

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya