Comscore Tracker

Bukan Penyakit, 5 Hal 'Berpengaruh' Ini Menular pada Keseharian Kita

Kita perlu hal baik yang menular

Menular yakni saling mempengaruhi diri maupun orang lain. Terkadang kita membutuhkan pengaruh dari luar diri untuk menciptakan hal luar biasa. Seperti halnya energi bisa menular begitu pula dengan beberapa hal dalam keseharian. Bukan penyakit, ada 5 hal yang menular dalam berkehidupan.

1. Berkumpul dengan orang dengan mindset berkembang 

Bukan Penyakit, 5 Hal 'Berpengaruh' Ini Menular pada Keseharian Kitapexels/fauxels

Pola pikir seseorang sedikit banyak dipengaruhi oleh orang sekitarnya. Kita bisa menentukan dengan siapa akan berinteraksi dan berdiskusi. Jika berbicara dengan orang yang memiliki mindset berkembang, kita juga akan memiliki mindset tersebut.

Membicarakan mimpi atau rencana besar harus dibicarakan dengan orang yang tepat agar dukungan yang diperoleh bukan kalimat menjatuhkan karena dianggap ungkapan kita sulit dijangkau. 

2. Aura negatif maupun positif dalam diri

Bukan Penyakit, 5 Hal 'Berpengaruh' Ini Menular pada Keseharian KitaPexels/Anderson Guerra

Kebahagiaan atau kesedihan dapat terlihat dari raut wajah seseorang dan perilakunya. Orang yang bersedih, cemas, gelisah, penuh amarah, suka mengeluh akan memberikan aura negatif bagi sekitarnya.

Sebaliknya orang yang sedang bahagia, bangga akan menebar aura positif yang dirasakannya. Baiknya kita, membatasi diri dengan orang dengan aura negatif dan memperbanyak berkumpul dengan orang yang auranya positif agar energi kita tidak terkuras. 

3. Tertawa 

Bukan Penyakit, 5 Hal 'Berpengaruh' Ini Menular pada Keseharian KitaUnsplash/Priscilla Du Preez

Ketika terjadi sesuatu yang lucu atau konyol, kita sering tertawa dibuatnya, begitu pun ketika sedang menonton komedi. Tertawa terbukti menular bisa dilihat ketika orang merasa objek yang ditertawakan oleh orang lain adalah hal yang tidak lucu, namun dia akan ikut tertawa ketika melihat orang sekitarnya tertawa. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Hidup Bahagia Itu Gak Melulu karena Cinta

4. Lingkungan baik sehat maupun toxic

Bukan Penyakit, 5 Hal 'Berpengaruh' Ini Menular pada Keseharian Kitahelpguide.org

Manusia sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari pengaruh lingkungan bagi perkembangan dirinya. Lingkungan yang sehat yakni ada kerjasama di dalamnya, hidup sehat dengan olahraga, pengajian dan lainnya.

Sebaliknya, lingkungan toxic di dalamnya terdapat pergaulan bebas, melakukan hal yang melanggar norma maupun saling menjatuhkan orang lain. Kita akan mudah terpengaruh dengan kebiasaan dari lingkungan, jadi pilihlah lingkungan yang tepat bagi dirimu.

5. Kebiasaan memberi akan menular

Bukan Penyakit, 5 Hal 'Berpengaruh' Ini Menular pada Keseharian KitaInstagram/Jackmafoundation

Kebiasaan baik seperti memberi kepada orang yang membutuhkan akan menular. Bagaimana prosesnya? Jadi kebaikan hati ketika memberi akan disambut penerima dengan suka cita. Penerima juga akan merasa bersyukur dan ingin pula suatu saat dapat memberi kepada orang lain.

Selain itu memberi juga akan memberikan sinyal bagi sekitar menjadi tergerak hatinya untuk memberi pula. Karena kebahagiaan sesungguhnya ketika turut merasakan kebahagiaan dari orang lain

Manakah dari 5 hal di atas yang paling menular pada keseharianmu? 

Baca Juga: Hidup Akan Jadi Lebih Bahagia Jika Jadi Diri Sendiri, Ini 5 Caranya!

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya