Comscore Tracker

Ingin Bahagia? 5 Hal yang Perlu di Tanamkan pada Diri dalam Keseharian

Yang ditanam dalam diri akan menuai hasilnya nanti

Pepatah yang mengatakan apa yang kita tanam akan kita tuai hasilnya, memang benar adanya. Seperti halnya diri kita dalam bersikap dan beraktivitas dalam keseharian, tentunya akan mempengaruhi kualitas diri dalam menghadapi tantangan maupun tekanan.

Tekanan bisa datang dari dalam diri maupun dari lingkungan. Tekanan dari luar lingkungan memang bukan hal yang bisa dikendalikan, namun kamu masih bisa mengendalikan tekanan dari dalam dirimu. Nah berikut lima hal sederhana yang perlu kamu tanamkan dalam diri di keseharian namun berefek besar pada kualitas hidupmu.

1. Mensyukuri keadaanmu ketika sempit maupun lapang 

Ingin Bahagia? 5 Hal yang Perlu di Tanamkan pada Diri dalam KeseharianUnsplash/Raychan

Resep andalan agar tetap tenang dalam situasi penuh tekanan adalah dengan bersyukur dalam kondisi sempit maupun lapang. Entah itu keuangan sedang tidak menentu, pekerjaan menumpuk dengan deadline tak wajar, atau banyak complain dari pelanggan memang membuat stres.

Namun jika masih menemukan celah untuk bersyukur bahwa kamu masih tercukupi kebutuhannya, bersyukur bisa bekerja, dan menganggap komplain dari pelanggan adalah bentuk dari saran yang membangun, maka kamu akan tetap tenang menghadapi keadaan ini. Dengan begitu, kita bisa tetap berpikir jernih untuk lebih melihat solusi yang efektif dibanding menguras emosi karena stres yang berkepanjangan. 

2. Menghargai waktu sebagai hal yang dijunjung tinggi

Ingin Bahagia? 5 Hal yang Perlu di Tanamkan pada Diri dalam KeseharianPexels/Buro Millennial

Disiplin waktu bisa menjadi tolak ukur pribadi seseorang yang mampu menghargai apa yang ada dalam hidupnya. Menghargai waktu membuatmu menjadi produktif menjalankan aktivitas sehingga akan terhindar dari perilaku suka menunda.

Waktu akan termanfaatkan dengan baik dan berdampak baik padamu dalam keseharian, seperti menyelesaikan tugas tepat waktu, jam lembur tidak akan kamu rasakan dan stres akan berkurang sehingga waktu istirahatmu tidak akan terganggu. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu Bahagia

3. Tidak hanya berdiam diri meskipun hanya sehari 

Ingin Bahagia? 5 Hal yang Perlu di Tanamkan pada Diri dalam KeseharianUnsplash/Bruno Nascimento

Setiap harinya manusia membutuhkan aktivitas untuk bergerak. Nah ketika kamu lebih banyak duduk, berbaring atau tidur justru akan membuatmu cepat lelah dan mudah stres. Sebaliknya jika kamu melakukan aktivitas yang membuat tubuhmu bergerak hingga mengeluarkan keringat setiap harinya akan membakar kalori dan membuat otot tidak lagi kaku.

Tidak hanya berdiam diri meskipun sehari saja, akan membuatmu mendapatkan energi positif dan suntikan semangat dari aktivitas yang kamu lakukan sehingga dapat mengurangi stres.

4. Menjaga tali silaturahmi

Ingin Bahagia? 5 Hal yang Perlu di Tanamkan pada Diri dalam KeseharianPexels/mentatdgt

Meluangkan waktu untuk berbincang dengan orang tersayang tentunya memberikan rasa nyaman dan bahagia. Bertukar cerita akan menambah pengalaman baik itu dari bagaimana menghadapi solusi, melatih empati, dan melihat berbagai sudut pandang.

Hal ini membuat kita yang sering hanyut dalam pikiran sendiri dan membuatnya stres, akan mendapatkan pencerahan baru karena perbincangan tersebut.

5. Menyusun prioritas dalam kehidupan

Ingin Bahagia? 5 Hal yang Perlu di Tanamkan pada Diri dalam KeseharianUnsplash/Madison Yocum

Menyusun prioritas atas apa yang menjadi prinsip dan kebutuhan membuatmu mengetahui seberapa besar waktu untuk mengerahkan energi mengatasi suatu hal. Dengan begitu hal kecil yang sebenarnya tidak perlu membuat stres bisa diminimalisir dengan baik. Memprioritaskan sesuatu yang penting agar lebih diperhatikan membuatmu lebih fokus terhadap apa yang kamu impikan.  

Coba tanamkan lima hal di atas selama satu bulan dahulu dan rasakan perubahan yang terjadi pada dirimu. Jika terbukti membuatmu bahagia, terapkan secara berkelanjutan ya!

Baca Juga: 5 Cara Menunjukan Rasa Empati pada Mereka yang Sedang Tidak Bahagia

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya