Comscore Tracker

Jika Malas Hari Ini, Bersiaplah Rasakan 5 Kerugian di Masa Depan! 

Musuh terbesar kesuksesan di masa depan adalah kemalasan  

Setiap orang pasti pernah merasakan rasa malas namun yang membedakan adalah seberapa besar porsi kemalasan tersebut. Ada orang yang mampu mengendalikan rasa malasnya, namun ada pula yang hidup berdampingan dengan rasa malas yang bahkan mendominasi dirinya. Jika kamu terus membiarkan rasa malas mengiringi, bersiaplah merasakan 5 kerugian di masa depanmu.

1. Kamu susah menjadi pribadi yang disiplin 

Jika Malas Hari Ini, Bersiaplah Rasakan 5 Kerugian di Masa Depan! Pexels/Moose Photos

Rasa malas lekat dengan prokrastinasi yakni menunda serangkaian agenda hingga batas waktu yang ditentukan. Bahkan bisa saja serangkaian kegiatan yang sudah direncanakan menjadi tidak terlaksana sama sekali. Hal ini karena kamu tidak patuh pada aturanmu sebab kedisiplinan seolah menjadi musuh terbesar yang mengganggu ketenanganmu.

Kemalasan ini tidak hanya berpengaruh pada diri pribadi namun juga mempengaruhi hubunganmu dengan orang lain. Misalnya saja kamu sulit tepat waktu menghadiri pertemuan, karena kamu selalu menunda untuk bersiap-siap.

2. Waktumu akan terbuang begitu saja 

Jika Malas Hari Ini, Bersiaplah Rasakan 5 Kerugian di Masa Depan! Unsplash/Tom Morel

Kemalasan identik dengan mengorbankan waktu menjadi terbuang sia-sia. Padahal waktu tidak akan terulang mengikuti ritmemu yang entah kapan akan bergerak melawan kemalasan tersebut. Waktu yang seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan yang produktif seperti aktif dalam organisasi, berkarya atau membaca buku pengetahuan dan pengembangan diri namun sirna begitu saja tanpa mendapatkan hal yang berarti. 

3. Kamu tertinggal dari temanmu yang sudah selangkah menuju impian 

Jika Malas Hari Ini, Bersiaplah Rasakan 5 Kerugian di Masa Depan! Pexels/Ekaterina Bolovtsova

Kegiatan keseharianmu tidak jauh dari bersantai ria. Padahal teman seusiamu sedang berlari mengejar mimpinya dengan berusaha keras, sedangkan dirimu hanya diam di tempat tanpa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Kamu pun akan tertinggal jauh dari temanmu yang selangkah lebih maju mendapatkan impiannya. Bahkan kamu belum menyadari kemalasanmu hari ini berarti akan memperlambat menuju kesuksesanmu di kemudian hari. 

Baca Juga: 10 Dasar Pemikiran Hidup Minimalisme Dari Buku 'Seni Hidup Minimalis'

4. Susah keluar dari zona nyaman sehingga membuatmu tidak berkembang 

Jika Malas Hari Ini, Bersiaplah Rasakan 5 Kerugian di Masa Depan! Unsplash/Vladislav Muslakov

Kemalasan yang mendarah daging sulit membuatmu keluar dari zona nyaman. Seseorang yang tidak memiliki keinginan besar dan tekad yang kuat untuk keluar dari zona nyaman akan susah berkembang. Padahal banyak hal yang bisa kamu pelajari untuk menambah wawasan, mengubah cara pandang menjadi lebih open minded, bijak dalam mengambil keputusan hidup dan bersikap baik pada diri sendiri dan orang lain. Semua hal itu berawal dari melawan kemalasanmu dengan memotivasi diri sendiri. 

5. Penyesalan akan menghantui di masa mendatang

Jika Malas Hari Ini, Bersiaplah Rasakan 5 Kerugian di Masa Depan! Unsplash/Nick Karvounis

Ketika waktu sudah berlalu, kamu melihat temanmu sudah berada di puncak pencapaian dari mimpi yang diupayakan semaksimal mungkin di saat kamu terlena dalam kenyamanan rasa malas. Saat itulah kamu baru menyadari jika kamu telah menyia-nyiakan waktumu yang sangat berharga tersebut. Penyesalan memang datang belakangan dan berujung pada menyalahkan diri dan meratapi keadaan.

Penyesalan yang kamu rasakan bukan berarti membuatmu tidak introspeksi diri. Namun kamu punya pilihan untuk memulai lagi dari awal. Jangan sampai kembali merasakan kegagalan dalam melawan kemalasan. Jika setelah membaca artikel kamu masih saja malas, bersiaplah kamu akan merasakan kerugian di masa depan. 

Baca Juga: Pantang Menyerah, 5 Zodiak Ini Konon Cenderung Sukses dalam Hidup

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya