Comscore Tracker

5 Langkah Mencari Tujuan Hidup Sebenarnya di Masa Quarter Life Crisis

Selamat buat kamu yang sudah menemukannya!

Beragam rasa dialami ketika quarter life crisis (QLC). Merenungkan apa yang sudah dilakukan selama ini, yang sedang dilakukan saat ini dan apa yang akan dilakukan nantinya. Semua memikirkan apakah yang dia lakukan sudah benar untuk mendukung masa depan mereka.

Di samping membuat pilihan-pilihan dalam hidup, tentunya seseorang memerlukan tujuan hidupnya seperti apa agar terukur dalam melangkah. Berikut langkah untuk menemukan tujuan hidup ketika masa QLC. 

1. Merenungkan dan menyusun apa yang sebenarnya diinginkan

5 Langkah Mencari Tujuan Hidup Sebenarnya di Masa Quarter Life Crisispexels/MinAn

Masa QLC adalah masa di mana kita mempertanyakan apa yang sedang kita cari. Dengan hanya dipikirkan tanpa menyusun apa saja yang ada di kepala, semua hanya menjadi beban pikiran.

Alangkah baiknya kamu merenungkan di kala sendirian dalam suasana hening dan nyaman, mencari tau dalam diri apa sebenarnya tujuan hidup yang diinginkan. Setelah menemukan, susunlah dalam beberapa bagian, dan carilah cara untuk menggapainya. 

2. Mengukur kemampuan diri dan tidak membandingkan dengan orang lain

5 Langkah Mencari Tujuan Hidup Sebenarnya di Masa Quarter Life Crisispexels/zunzun

Setelah menyusun apa yang diinginkan, coba ukur seberapa kemampuan diri dalam menggapainya. Apakah perlu dinaikkan atau diturunkan menyesuaikan kemampuan diri. Jangan pernah mengukur dengan membandingkan diri dengan orang lain.

Baca Juga: 6 Pelajaran Berarti untuk Kamu yang Punya Tujuan Hidup

3. Menerima apa yang ada dalam diri

5 Langkah Mencari Tujuan Hidup Sebenarnya di Masa Quarter Life Crisispexel/artembeliaikin

Selanjutnya menerima apa yang ada dalam diri sendiri adalah kunci menghadapi QLC. Kekuatan, kelemahan, sifat baik maupun buruk, terimalah jika semua itu memang melekat dalam dirimu.

Yang bisa kamu lakukan adalah mencari cara untuk mengendalikan hal yang bisa diubah untuk disesuaikan dengan tujuan hidup yang ingin dicapai. 

4. Menyadari jika waktumu dan waktu orang lain berbeda

5 Langkah Mencari Tujuan Hidup Sebenarnya di Masa Quarter Life CrisisPexels/JeffreyCzum

Menemukan dan menjalani hari-hari menuju tujuan hidup, biarkan dirimu berproses dengan tetap melangkah. Jangan melihat proses orang lain yang sepertinya sudah mencapai apa yang diinginkannya, karena ini akan meruntuhkan semangatmu jika temanmu lebih hebat menurut pandanganmu. Namun tetaplah fokus pada apa yang kamu lakukan saat ini. 

5. Jalani hidup sesuai versimu

5 Langkah Mencari Tujuan Hidup Sebenarnya di Masa Quarter Life Crisispexels/pixabay

Selangkah demi selangkah kamu lakukan menuju tujuan hidupmu. Semua akan terasa lebih bermakna jika kamu menjalaninya sesuai versimu tanpa membandingkan dengan versi orang lain. 

Menemukan tujuan hidup ketika quarter life crisis dapat perlahan membuatmu keluar dari masa ini. Dirimu akan menjadi seutuhnya mampu menghadapi tantangan selanjutnya. 

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Wajib Menentukan Tujuan Hidup Secara Spesifik

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You