Comscore Tracker

5 Cara Jitu Mengusir Perasaan Kesepian agar Tidak Frustrasi

Kesepian bisa menyerang siapa saja baik muda maupun tua

Kesepian tidak dirasakan di masa senja saja, namun setiap orang pernah mengalami kesepian. Perasaan kesepian yang berlanjut akan membuatmu rentan stres dan frustrasi hingga kehilangan makna hidup.

Nah, agar kamu segera keluar dari jeratan kesepian, lakukan 5 hal berikut ini. 

1. Identifikasikan apa yang membuat kesepian

5 Cara Jitu Mengusir Perasaan Kesepian agar Tidak Frustrasiunplash.com/FlavioGasperini

Awalnya kamu perlu mengidentifikasi penyebab perasaan kesepian yang melanda. Hal ini agar kamu tahu secara pasti sumbernya, dengan begitu kamu tidak serta merta kesepian tanpa alasan pasti. Mungkin kamu terlalu banyak hidup di dunia maya sehingga untuk terhubung dengan orang terdekat mulai luntur karena membatasi diri berinteraksi dengan dunia luar. 

2. Hubungi orang terdekat yang jarang dihubungi 

5 Cara Jitu Mengusir Perasaan Kesepian agar Tidak FrustrasiPexels/Anna Shvets

Kini saatnya mulailah menghubungi orang terdekat yang sudah lama tidak berkomunikasi. Baik itu teman, saudara atau keluargamu. Mulailah bertegur sapa menanyakan kabar dan kondisi terkininya. Pertahankan komunikasi tersebut agar kamu tetap terjalin dan perasaan kesepian mulai sirna. 

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Mengalami Kesepian Kronis, Jarang Disadari!

3. Temui mereka dan rekatkan kembali hubungan 

5 Cara Jitu Mengusir Perasaan Kesepian agar Tidak FrustrasiUnsplash/Priscilla Du Preez

Gunakan waktu luangmu untuk mengajak temanmu bertemu atau mengunjungi rumahnya secara langsung. Berbeda dengan hanya lewat chat, dengan bertemu kamu bisa ngobrol dan melihat ekspresinya. Hal ini tentunya mempengaruhi kehangatan hubungan pertemanan kalian. 

4. Bikin rencana yang menarik  

5 Cara Jitu Mengusir Perasaan Kesepian agar Tidak FrustrasiUnsplash/Helena Lopes

Jika sudah lama kalian tidak menghabiskan waktu bersama untuk having fun, cobalah untuk merencanakan perjalanan menarik. Entah itu berkemah, stay vacation di villa atau sekedar menginap bersama di salah satu rumah kalian.

Kemudian lakukan hal menyenangkan yang menghangatkan dan merekatkan kembali hubungan pertemanan kalian. Dijamin setelah ini hanya ada perasaan bahagia dan hangat dibanding kesepian yang mengancam. 

5. Tetap jalin komunikasi dengan baik

5 Cara Jitu Mengusir Perasaan Kesepian agar Tidak FrustrasiPexels.com/Karolina Grabowska

Setelah semua hal diatas dilakukan, yang terpenting adalah menjaga komunikasi agar tetap baik dan terhubung. Meramaikan grup chat atau videocall grup dengan obrolan yang remeh sampai diskusi membahas suatu topik yang seru. Di samping tertawa lepas, kamu juga akan lebih memahami masalah dari berbagai sudut pandang.  

Itulah cara mengusir kesepian yang menghantuimu, bukan hanya berdiam diri merenunginya namun kamu harus melakukan sesuatu agar terlepas dari kesepian yang membuatmu frustrasi. 

Baca Juga: Inilah 5 Tipe Kesepian menurut Psikolog Dunia, Pernah Merasakan?

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya