Comscore Tracker

5 Kegiatan yang Menjadikanmu Seorang Fresh Graduate Produktif

Selagi menunggu tetap produktif

Menyandang status yang disebut sebagai pengangguran memang membuat para fresh graduate berkecil hati karena belum berpenghasilan dan belum memiliki kegiatan. Namun jika menerapkan mindset bahwa dengan bekerja, baru dapat melakukan kegiatan, hanya akan membuatmu tidak berkembang.

Padahal dengan fokus melakukan kegiatan bermanfaat setiap harinya dapat menjadikan diri lebih bersemangat. Mari coba lakukan kegiatan produktif ini agar kehidupanmu semakin bahagia dan menikmatinya.  

1. Buat jadwal keseharian

5 Kegiatan yang Menjadikanmu Seorang Fresh Graduate Produktifpicjumbo.com

Bersikaplah seolah-olah kamu yang menjadi bos atas dirimu sendiri. Menuliskan to do list setiap harinya membuat kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Jika bekerja waktu adalah uang, namun jika produktif waktu adalah manfaat.

Waktumu dapat digunakan untuk membaca buku, mengerjakan proyek, hangout atau mengikuti pelatihan yang relevan dengan minat. Usahakan setiap hari ada hal bermanfaat yang dilakukan. 

2. Tetapkan target yang ingin dicapai

5 Kegiatan yang Menjadikanmu Seorang Fresh Graduate Produktifpexels/rawpixel.com

Menyusun target dilakukan untuk melancarkan rencana hidupmu. Agar ketika tidak dapat mencapai plan pertama maka kamu masih dapat melakukan plan kedua untuk mencapai target yang diinginkan.

Target juga bisa untuk melakukan hal yang ingin dipelajari. Misal memiliki kelemahan dalam bidang grafis, maka diatasi dengan mengikuti pelatihan dan mempraktikannya. 

3. Keluar dari zona nyaman dan menjalin relasi dengan lingkungan yang positif

5 Kegiatan yang Menjadikanmu Seorang Fresh Graduate Produktifpexels/DariaShevtsova

Zona nyaman hanya membuat orang terkungkung tak berkembang. Jalinlah relasi dengan orang yang dapat diajak berdiskusi dan saling memberikan dampak positif. Karena lingkungan yang positif, akan membuat kita menjadi positif dan optimis.

Baca Juga: 4 Hal Yang Bisa Menjadi Pilihan Seorang Freshgraduate

4. Teruslah mencari pekerjaan yang sesuai kualifikasimu

5 Kegiatan yang Menjadikanmu Seorang Fresh Graduate Produktifpexels/rawpixel.com

Namun jangan lupa juga, untuk tetap mencari pekerjaan yang menjadi tujuan utamamu. Tetaplah berselancar mencari lowongan pekerjaan. Hal positif tadi dapat bermanfaat untuk mendukung kebiasaan ketika sudah bekerja, agar tidak jenuh dan meningkatkan produktivitas nantinya.

5. Menjadi freelancer

5 Kegiatan yang Menjadikanmu Seorang Fresh Graduate Produktifpexels/rawpixel.com

Menjadi freelancer bisa untuk dicoba. Selami yang menjadi skill terhebatmu dan mulailah menekuninya. Selain mendapatkan uang untuk kebutuhan, kamu juga dapat meningkatkan skill dalam hal yang kamu kuasai. Siapa tahu nanti masa mendatang skill dari freelance ini dapat bermanfaat ketika dibutuhkan.

Begitulah kegiatan yang dapat dilakukan, agar menyandang gelar fresh graduate yang produktif dan menghasilkan. Selamat mencoba. 

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya