Comscore Tracker

5 Value Hidup yang Harus Ditegakkan Meskipun dalam Kondisi Tertekan

Value hidup mana yang kamu pegang erat?

Tidak setiap keadaan berjalan dengan lancar, pasti ada masa di mana seseorang mengalami keterpurukan. Berada dalam kondisi yang tidak diharapkan dan titik terendah kehidupan terkadang membuat lelah maupun di ambang batas menyerah. Memilih untuk rehat sejenak dan memikirkan solusi sebagai jalan keluar adalah pilihan bijak. 

Namun ada orang yang lebih memilih jalan pintas dan menghalalkan segala cara agar masalah cepat terselesaikan. Mereka mengabaikan value hidup yang dipegang karena berada di kondisi mendesak. Nah, agar kamu terhindar untuk berbuat di luar batas, berikut value hidup yang harus kamu tegakkan sekalipun dalam kondisi tertekan.

1. Menjunjung tinggi nilai kejujuran 

5 Value Hidup yang Harus Ditegakkan Meskipun dalam Kondisi TertekanUnsplash/Christin Hume

Kejujuran menunjukkan seberapa besar seseorang pantas untuk dipercaya. Nilai dari kejujuran sendiri tidak ternilai harganya. Jujur sekalipun dalam kondisi tertekan menunjukkan seseorang memiliki value hidup yang patut diacungi jempol. 

Seperti halnya ketika kamu berbuat kesalahan yang mengecewakan sahabatmu, kamu harus tetap mengatakan yang sebenarnya terlepas dari bagaimanapun respon yang diberikannya. Hal inilah yang membuatmu belajar untuk menerima segala konsekuensi dari perbuatanmu. 

2. Tidak mengambil hak yang bukan miliknya

5 Value Hidup yang Harus Ditegakkan Meskipun dalam Kondisi TertekanPexels/Ketut Subiyanto

Selalu ada pilihan untuk memilih cara licik maupun baik dalam mendapatkan segala keinginan. Namun kamu harus ingat bahwa tidak boleh mengambil hak yang bukan milikmu demi mewujudkannya. Mencuri atau korupsi demi mendapatkan uang untuk memenuhi gaya hidupmu, meminjam barang maupun uang yang kemudian tidak dikembalikan haruslah dihindari. Di samping hatimu gelisah karena perasaan bersalah, juga akan berdampak buruk bagi orang lain. 

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Integritas dalam Kehidupan Sehari-hari, Penting!

3. Empati dan tetap berbagi sekalipun kondisi sulit

5 Value Hidup yang Harus Ditegakkan Meskipun dalam Kondisi TertekanPexels/Dani Hart

Berbagi ketika lapang adalah hal yang biasa namun ketika kamu melakukannya di masa susah baru bisa dikatakan luar biasa. Karena sejatinya apa yang kamu keluarkan demi kebaikan, semua itu akan kembali padamu dalam beragam wujud rezeki.  

Contoh nyatanya saat masa pandemi ini memiliki pengaruh yang signifikan pada masalah finansial setiap orang. Jika kamu juga turut merasakan namun masih bisa bertahan dengan finansial yang aman maka cobalah berempati melihat sekitar dan berbagi yang bisa kamu berikan. 

4. Utamakan kebutuhan diri sendiri

5 Value Hidup yang Harus Ditegakkan Meskipun dalam Kondisi TertekanUnsplash/Daniel Malinkovich

Jadilah orang yang memiliki value untuk mencintai diri sendiri dengan mengutamakan kebutuhan pribadi. Sesederhana berani mengatakan tidak pada ajakan teman yang tidak kamu kehendaki atau di kala kita sedang disibukkan dengan segudang pekerjaan.

Value hidup yang perlu kamu terapkan adalah bagaimana mencintai diri dengan tulus sehingga kamu mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan dan pemenuhannya apakah segera, dapat ditunda atau tidak sama sekali dilakukan.  

5. Berpegang pada agama yang dianut 

5 Value Hidup yang Harus Ditegakkan Meskipun dalam Kondisi TertekanPexels/mentatdgt

Hidup berdasarkan pedoman dari agama yang dianut akan membuatmu merasa damai dan terarah. Kamu akan memahami takaran dan batasan perilaku agar tetap pada jalannya dan sesuai dengan norma sosial yang berlaku. 

Kamu dapat menjalankan apa yang diperbolehkan dan menjauhi apa yang menjadi larangan dalam agamamu. Jika hal ini menjadi value hidup yang dipegang dengan erat kamu akan terhindar untuk berbuat hal melenceng sekalipun dalam kondisi tersulit maupun tertekan. 

Manfaat dari menjaga value hidup selain untuk menjaga diri dari perbuatan di luar batas, kamu juga akan hidup dengan lebih tertata dan damai. Jadi, yuk jaga dengan baik value hidup di atas agar kamu jadi pribadi yang bijaksana. 

Baca Juga: Ini 5 Nilai Kehidupan yang Bisa Kamu Pelajari dari Seekor Anjing

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya