Comscore Tracker

5 Bukti Kalau Kamu Sudah Sukses Jadi Diri Sendiri

Bahagianya bisa mengenali diri

Menjadi diri sendiri memang terkadang susah untuk dilakukan. Selain karena terlalu mempertimbangkan apa yang dipikirkan oleh orang lain, terkadang rasa takut untuk diterima juga menjadi alasan kenapa banyak orang yang mencoba untuk menjadi orang lain.

Coba periksa, ini 5 bukti yang tunjukin kalau kamu sukses jadi diri sendiri.

1. Kamu tidak takut mengungkapkan pandanganmu tentang suatu hal

5 Bukti Kalau Kamu Sudah Sukses Jadi Diri SendiriUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Bukti pertama yang menunjukkan kalau kamu telah sukses menjadi diri sendiri bisa dilihat dari bagaimana dirimu dalam mengungkapkan sesuatu. Kalau kamu tidak ragu untuk menyatakan sesuatu yang sesuai dengan dirimu berarti kamu termasuk orang yang bisa menjadi diri sendiri.

Karena dengan begitu kamu tidak lagi memikirkan apa orang lain akan menyukaimu atau tidak. Kamu melakukannya karena memang sesuai dengan apa yang kamu rasakan. Biarkan orang menerima apa adanya dirimu.

2. Kamu berani mengatakan 'tidak'

5 Bukti Kalau Kamu Sudah Sukses Jadi Diri SendiriUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Terlihat sepele, tapi nyatanya tidak semua orang yang berani menolak atau mengatakan 'tidak' jika berhubungan dengan orang lain. Banyak orang yang takut berkata 'tidak' karena takut mengecewakan orang lain. Namun, dia tidak menyadari bahwa semakin sulit dia menolak orang lain semakin dia kehilangan dirinya sendiri.

3. Kamu bertanggung jawab atas dirimu sendiri

5 Bukti Kalau Kamu Sudah Sukses Jadi Diri Sendiriimdb.com

Semakin lama kamu akan menyadari bahwa yang bertanggung jawab atas dirimu adalah kamu, bukan orang lain. Bukti yang menunjukkan bahwa kamu telah jadi dirimu sendiri adalah ketika kamu mampu berteman baik dengan dirimu sendiri. Kamu mampu menjadi penolong untuk dirimu sendiri, bukan lagi orang lain.

Baca Juga: 15 Ilustrasi Ini Ajak Kita Mencintai Diri Sendiri dan Melawan Depresi

4. Kamu berusaha memaksimalkan potensi yang dimiliki

5 Bukti Kalau Kamu Sudah Sukses Jadi Diri Sendiriimdb.com

Bukti keempat adalah ketika kamu mampu mengetahui kekuatan dan kelemahan yang kamu miliki. Saat kamu mengenali dirimu, kamu akan memaksimalkan segala potensi yang kamu miliki untuk menutupi kekurangan yang ada. Hal tersebut kamu lakukan karena kamu ingin menjadi versi terbaik bagi dirimu.

5. Kamu tidak mudah terbawa arus

5 Bukti Kalau Kamu Sudah Sukses Jadi Diri SendiriPexels.com/Pixabay

Berikutnya saat sukses menjadi diri sendiri kamu tidak lagi sibuk memikirkan atau membandingkan hidupmu dengan yang lain. Kamu percaya bahwa setiap orang memiliki keistimewaannya masing-masing.

Saat orang lain sukses dengan caranya, tidak pernah terpikirkan bagimu untuk meniru dengan cara yang sama. Karena kamu tahu apa dan bagaimana cara untuk mengembangkan diri kamu sendiri.

Itulah 5 bukti bahwa kamu telah sukses menjadi dirimu sendiri. Jangan terlalu keras mencoba jadi orang lain untuk dapat diterima. Kamu itu istimewa dan memang berbeda. Semoga harimu menyenangkan!

Baca Juga: 8 Kalimat Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Dirimu

Daisy Photo Community Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You