Comscore Tracker

6 Alasan Lagis Kamu Sama Sekali Tak Butuh Pengakuan dari Orang Lain

Jangan memikirkan hal-hal yang tidak perlu

Tanpa disadari, ternyata penilaian dari orang lain terkadang memengaruhi cara kita dalam bersikap hingga menjalani hidup. Padahal sebenarnya tidak ada standar tertentu yang diperlukan untuk memvalidasi hal tersebut. Biar gak ribet, ini 6 alasan kenapa sebenarnya kamu tidak membutuhkan pengakuan dari orang lain.

1. Akan menambah beban untuk dirimu saja

6 Alasan Lagis Kamu Sama Sekali Tak Butuh Pengakuan dari Orang LainPexels.com/Trinity Kubassek

Disadari atau tidak rupanya kebiasaan ini hanya akan menambah pikiranmu saja. Karena kamu akan dibuat ribet dengan bayangan penilaian orang lain tentang dirimu yang belum tentu benar adanya. Nyatanya apa yang mereka pikirkan tidak berdampak sama sekali untuk hidupmu.

2. Hanya membuatmu fokus untuk terlihat sempurna

6 Alasan Lagis Kamu Sama Sekali Tak Butuh Pengakuan dari Orang LainUnsplash.com/Daniel Spase

Pentingnya pengakuan dari orang lain membuatmu berusaha untuk selalu menjadi orang yang sempurna. Hal ini kamu lakukan agar mereka beranggapan bahwa kamu mampu melakukan banyak hal. Padahal, penting juga untuk mengerti bagaimana keadaanmu yang sebenarnya. Apa kamu memang benar-benar bisa atau tidak.

3. Buang-buang waktu, dan perlahan akan mengikis kepercayaan dirimu

6 Alasan Lagis Kamu Sama Sekali Tak Butuh Pengakuan dari Orang LainUnsplash.com/Almos Bechtold

Percayalah, saat kamu terbiasa membutuhkan validasi dari orang lain nyatanya dapat memengaruhi besarnya kepercayaan diri yang kamu punya. Semakin sering kamu melakukannya, semakin membuktikan bahwa sebenarnya kamu kurang memiliki kepercayaan atas dirimu sendiri. Ada baiknya untuk mulai menumbuhkan rasa percaya pada diri sendiri. Karena kalau bukan kamu yang memulai, lantas siapa lagi?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ingat Agar Terhindar dari Penilaian yang Keliru

4. Kesulitan untuk mengetahui seberapa besar kemampuanmu

6 Alasan Lagis Kamu Sama Sekali Tak Butuh Pengakuan dari Orang LainUnsplash.com/Daniel Spase

Terpacu dengan pengakuan yang diberikan oleh orang lain nyatanya membuatmu kesulitan untuk mengetahui besarnya kemampuan yang kamu miliki. Memiliki keinginan untuk selalu terlihat 'bisa', malah akan menghambatmu untuk berkembang. Hal ini dikarenakan kamu sudah merasa puas selama orang lain telah memvalidasi hal tersebut. 

5. Memaksamu untuk memenuhi standar mereka

6 Alasan Lagis Kamu Sama Sekali Tak Butuh Pengakuan dari Orang LainPexels.com/ Helena Lopes

Semakin kamu pikirkan, semakin kamu akan memaksa dirimu untuk dapat memenuhi standar yang mereka rasa sempurna. Hal itu kamu lakukan semata-mata untuk mendapatkan penilaian yang baik dari orang lain. Ada saatnya kamu mulai memerdulikan perkembangan dirimu sendiri.

6. Kamu akan kesulitan untuk menjadi diri sendiri

6 Alasan Lagis Kamu Sama Sekali Tak Butuh Pengakuan dari Orang LainUnsplash.com/Matheus Ferrero

Tidak kalah penting lagi, saat kamu selalu membutuhkan pengakuan nyatanya akan membuatmu kesulitan untuk menjadi diri sendiri. Semua hal kamu lakukan demi mendapatkan validasi orang lain hingga lupa apa yang terbaik untuk diri sendiri.

Sudah saatnya hidup hanya untuk dirimu saja. Ambil keputusan dan berhenti melakukan hal yang dirasa tidak perlu. Semoga harimu menyenangkan!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Cuek dengan Penilaian Orang Terhadap Hubunganmu!

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya