Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Seharusnya Dikejar, Sadari Kamu Berarti! 

Bukan berarti gak sempurna kalau gak memilikinya

Tiap orang pasti memiliki sisi gelap beragam yang coba untuk disembunyikan. Entah itu karena kamu pernah disakiti atau pengalaman yang kurang menyenangkan, sehingga memengaruhi bagaimana caramu dalam menyikapi sesuatu. Nyatanya luka itu berpengaruh penting dalam membentuk karaktermu saat ini yang pastinya menjadi lebih kuat.

Namun tak jarang jika gak mampu menyikapi dengan bijaksana hanya membuat kamu hidup dalam kekhawatiran dan bikin sulit bahagia. Sadari dimulai dari dalam diri, 5 hal ini gak seharusnya berlebihan dikerjar.

1. Sibuk melakukan sesuatu hanya untuk mendapat pengakuan 

5 Hal yang Gak Seharusnya Dikejar, Sadari Kamu Berarti! Ilustrasi rehat dari pekerjaan (unsplash.com/Annie Spratt)

Target dalam hidup rasanya lumrah dimiliki untuk menjaga ke mana arah akan melangkah. Namun jika kamu melakukan sesuatu hanya karena menuruti pemikiran orang lain rasanya akan kurang bijaksana.

Hindari mengerjakan sesuatu yang hanya untuk hasil sia-sia. Akan percuma saja jika apa yang kamu kerjakan bukanlah hal yang benar-benar diinginkan.

Yang perlu kamu ingat, tak perlu membuktikan apapun kepada oranga lain atas segala usaha terlebih pencapaianmu. Karena mereka gak akan memedulikan bagaimana proses yang kamu lalui.

2. Meraih kebahagiaan yang kamu ukur dengan standar  

5 Hal yang Gak Seharusnya Dikejar, Sadari Kamu Berarti! Ilustrasi diskusi (unsplash.com/Antenna)

Konsep bahagia memang luas. Dan kamu akan sulit untuk merasakannya jika kamu memberikan standar agar dapat bahagia. Belajarlah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang lain.

Hargai apa yang telah diberikan untukmu dan kamu akan lebih mudah melewati segalanya. Saat kamu membutuhkan syarat untuk bahagia, di saat itu pula kamu akan sulit melihat sesuatu dari hal sederhana. Tersenyum akan hal-hal kecil pun akan sulit untuk kamu lakukan.

Baca Juga: 5 Tanda Ambisi Suksesmu Telah Berubah Menjadi Obsesi yang Tidak Sehat

3. Terlalu sering overthinking akan hal yang belum terjadi 

5 Hal yang Gak Seharusnya Dikejar, Sadari Kamu Berarti! Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Fred Moon)

Memiliki kekhawatiran akan masa depan memang lumrah dilakukan. Hal ini tentu akan membuat kamu memikirkan apa yang akan dilakukan. Namun yang tak boleh dilakukan adalah jika pemikiran ini kamu pelihara dengan berlebihan.

Bukan tanpa alasan jika itu kamu biarkan tentu akan sulit membuatmu untuk melangkah dan membuat keputusan. Yang ada kamu hanya jalan di tempat saja. Jadi sewajarnya saja, ya!

4. Orang yang gak pernah mencintai dan menghargai kehadiranmu 

5 Hal yang Gak Seharusnya Dikejar, Sadari Kamu Berarti! Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Hidup terlalu berharga jika dihabiskan untuk mengejar seseorang terlebih yang gak pernah bisa menghargai kehadiranmu. Jangan pernah memaksakan sesuatu yang memang bukan untukmu.

Usaha boleh saja dilakukan, tapi ingat bahwa kamu juga berarti dan harus dihargai. Akan kurang bijaksana rasanya jika kamu terus-terusan mencari dan gak pernah dicari. Pada akhirnya nanti kamu akan merasa berjuang sendiri.

5. Terlalu sibuk bekerja hingga mengorbankan hal lainnya 

5 Hal yang Gak Seharusnya Dikejar, Sadari Kamu Berarti! Ilustrasi seorang wanita (unsplash.com/Falaq Lazuardi)

Prinsip hustle atau bekerja dalam waktu yang panjang memang bukan hal yang salah. Namun saat mengikutinya, pertimbangkan kembali apa kamu siap untuk mengorbankan hal lain. Waktu dengan keluarga, teman, hingga pasangan rasanya akan sulit untuk ditemukan saat kamu memfokuskan diri hanya untuk bekerja.

Sadari bahwa kamu tidak akan pernah bisa mengulang waktu dan harus berani menentukan pilihan. Ingat bahwa kamu memang tidak bisa memiliki segala hal. Jadi, sebisa mungkin seimbangkan prioritasmu!

Usaha memang lumrah dilakukan dalam hidup. Hanya saja terkadang kamu dihadapkan pilihan yang mau gak mau harus dengan bijak diambil. Selain gak ada rasa sesal kamu pun akan merasa bahagia. Lepaskan dan jangan terlalu memaksakan, ya!

Baca Juga: 5 Nasihat Ajaib Buat Kamu yang Kehilangan Semangat Hidup

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya