Comscore Tracker

6 Tanda Buktikan Kamu Lebih dari yang Dipikirkan, Naikkan PD

Selama ini kamu mati karena persepsi sendiri 

Kesadaran dalam memahami diri sendiri memang terkadang sulit untuk dimengerti. Tak jarang hal ini terjadi karena kamu terlalu sibuk melihat hal jelek pada dirimu saja.

Padahal yang harus kamu sadari, bagaimana dirimu ke depan semuanya bergantung dengan caramu memperlakukan diri sendiri saat ini. Belum tentu semuanya benar, enam tanda berikut buktikan bahwa kamu lebih dari yang kamu pikirkan.

1. Terlalu cepat menolak kesempatan yang dirasa gak sesuai  

6 Tanda Buktikan Kamu Lebih dari yang Dipikirkan, Naikkan PDilustrasi wanita karier (unsplash.com/Icons8 Team)

Terkadang apa yang kamu bayangkan memang gak sesuai dengan ekspektasi. Berniat memulai karier, namun kamu juga belum yakin mengenai apa yang akan dikerjakan juga menjadi hal yang lumrah terjadi. Sebab itu hindari terlalu cepat menolak sesuatu yang mungkin bagimu gak sesuai dengan diri sendiri.

Karena kamu belum tahu apa yang akan terjadi ke depan. Perkembangan yang dinamis pun, akan membantumu dalam belajar dan selalu meningkatkan diri. Ingatlah bahwa sekali kamu menerima atau mengiyakan sesuatu berarti kamu setuju dengan apa yang akan terjadi pada hidupmu ke depan. Namun jika kamu terus-terusan menolak tanpa mempertimbangkan, bisa jadi memang kamu belum punya pilihan.

2. Memiliki keberanian untuk menunjukkan sisi lain dirimu 

6 Tanda Buktikan Kamu Lebih dari yang Dipikirkan, Naikkan PDIlustrasi bekerja (unsplash.com/Thought Catalog)

Bukti berikutnya kamu memiliki keberanian untuk membagikan bagaimana dirimu pada orang lain. Gak cuma omongan, kamu juga berani menunjukkan karyamu. Hal tersebut tentu tidaklah mudah.

Karena gak semua orang pasti akan mendukungmu. Namun, tetap harus kamu coba untuk selalu menguatkan mentalmu. Ingat bahwa hasil dari kerja kerasmu nantilah yang akan memberikan bukti pada mereka semua.

3. Merasa harus berani menghapus batas dalam diri  

6 Tanda Buktikan Kamu Lebih dari yang Dipikirkan, Naikkan PDilustrasi presentasi (unsplash.com/Christina)

Sebenarnya ketakutan dalam hidup bukan masalah penolakan atau hal buruk yang terjadi. Lebih dari itu perasaan kecewa yang diterima dan harus disembuhkanlah yang sebenarnya enggan untuk dirasakan. Namun, bagian dalam dirimu menolak hal tersebut.

Berbeda dengan kebanyakan orang, kamu merasa bahwa selama ini apa yang kamu kerjakan bisa lebih dari itu. Oleh karena itu kamu gak ragu mencoba dan memberikan time setting terhadap sesuatu untuk kemudian berganti dan mencoba yang lainnya.

Baca Juga: Menurut Sains, 5 Sikap Ini Dapat Membuatmu Kehilangan Percaya Diri 

4. Gak ragu untuk selalu mengevaluasi diri sendiri 

6 Tanda Buktikan Kamu Lebih dari yang Dipikirkan, Naikkan PDIlustrasi wanita bahagia (unsplash.com/Kristyn Lapp)

Berikutnya kamu selalu menyediakan waktu untuk merenungi bagaimana dirimu. Apa yang selama ini kamu lakukan, kesalahan apa yang telah diperbuat, hal baik apa yang membuatmu bahagia, sebenarnya sering kali menjadi topik obrolan dengan diri sendiri.

Hal inilah yang menjadi poin tambah untukmu. Karena gak semua orang mampu menilai diri sendiri dengan netral lantas berkeinginan untuk memperbaiki diri. Percayalah bahwa suatu saat nanti, kamu akan mengetahui apa yang terbaik untuk dirimu sendiri.

5. Kamu melakukan hal tersulit meski tanpa disadari 

6 Tanda Buktikan Kamu Lebih dari yang Dipikirkan, Naikkan PDIlustrasi rehat dari pekerjaan (unsplash.com/Annie Spratt)

Sering kali mengeluh ternyata gak lantas membuatmu berdiam diri. Dalam pekerjaan, kamu terkadang gak menyadari bahwa apa yang kamu lakukan telah melebihi batasan awalmu.

Walaupun terlihat seperti gak benar-benar menerima kenyataan, tapi hasil kerjamu malah menunjukkan hal yang sempurna. Inilah yang diartikan realistis dan konsisten dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup. Karena perjalanan masih panjang, dan kamu harus selalu menaklukannya.

6. Menyadari bahwa hidup gak selalu tentang dirimu saja 

6 Tanda Buktikan Kamu Lebih dari yang Dipikirkan, Naikkan PDilustrasi diskusi (unsplash.com/Clayton Cardinalli)

Menyadari bahwa dunia dan seisinya amatlah besar adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Hal ini berarti kamu gak menampik dan memaksa semua orang untuk memberikan perhatiannya hanya kepadamu.

Kamu menyadari dengan baik bahwa masing-masing memiliki prioritas yang ingin diraih. Dengan begini kamu akan menyadari bahwa kamulah yang harus peduli pada dirimu sendiri. Tujuannya gak lain agar kamu gak mudah menggantungkan harapan yang belum tentu mampu mereka penuhi untukmu.

Memiliki kesempatan untuk selalu menjadi lebih baik dari sebelumnya, sudah selayaknya untuk diambil agar diri terus berkembang. Jangan pernah memandang diri sendiri rendah apalagi sampai menurunkan kepercayaan diri yang sebelumnya kamu miliki dengan baik. Ingat, bahwa kamulah yang paling bisa peduli terhadap dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Pandangan tentang Rasa Percaya Diri biar Gak Terkesan Sombong 

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya