Comscore Tracker

5 Kecerdasan Emosional Ini Harus Dimiliki, Ampuh Ringankan Diri!  

Hidup terasa lebih mudah dijalani jika memilikinya

Ups and downs dalam hidup tentunya tidak luput dialami oleh setiap orang. Untuk menyeimbangkan hal itu, tentu dibutuhkan aspek secara emosional yang membantu dalam menyikapinya secara lebih bijaksana. Bagian inilah yang nantinya memberikan arahan dan pengajaran untuk tiap individu agar mampu bertahan dan melakukan sesuatu dengan lebih baik untuk hidupnya.

Walau terkadang sering dilupakan, nyatanya lima kecerdasan emosional ini mampu membantu kamu meraih kestabilan dan ketenangan dalam hidup.

 

1. Kesadaran dalam mengerti diri sendiri  

5 Kecerdasan Emosional Ini Harus Dimiliki, Ampuh Ringankan Diri!  Ilustrasi seorang wanita (unsplash.com/Falaq Lazuardi)

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesadaran diri memengaruhi beragam hal dalam hidup. Mulai dari hal sederhana seperti dapat mengerti bagaimana emosi dan perasaan yang dimiliki serta bagaimana pengaruhnya untuk orang lain.

Saat kamu mampu memanfaatkannya, tentu kontribusi yang besar akan didapat karena mampu mengendalikan diri dengan baik dan tahu bagaimana cara bersikap yang sesuai dengan tiap kondisi. Jika telah melakukan ini tentu kebahagiaan akan meliputimu!

2. Empati yang kamu miliki pada orang lain  

5 Kecerdasan Emosional Ini Harus Dimiliki, Ampuh Ringankan Diri!  Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Semua orang tentu bisa menjadi sangat keras kepala tidak peduli dengan siapapun. Agar tidak berlebihan, dibutuhkan kompromi dan empati untuk dapat mengerti bagaimana kondisi orang lain.

Melalui empati inilah kemudian kamu bisa jadi pribadi yang lebih bijaksana dalam menyikapi orang lain. Positifnya akan banyak orang ada untukmu saat kamu memerlukan bantuan.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional, yuk Ubah Pelan-pelan

3. Kontrol dan disiplin pada diri sendiri  

5 Kecerdasan Emosional Ini Harus Dimiliki, Ampuh Ringankan Diri!  Ilustrasi bekerja (unsplash.com/Thought Catalog)

Kehilangan aspek ini tentu memberikan pengaruh yang besar. Bukan tanpa alasan jika saat kontrol diri hilang, tentu semua orang akan bertindak semaunya tanpa memerhatikan atau mempertimbangkan aturan yang ada, yang malah membuat hidup jadi berantakan.

Dengan memiliki kontrol diri yang bagus tentunya kamu diuntungkan dengan kemampuan dalam mengendalikan hal-hal negatif yang ada pada dirimu hingga menemukan cara yang lebih baik dalam mengekspresikannya

4. Kemampuan dalam memotivasi diri sendiri 

5 Kecerdasan Emosional Ini Harus Dimiliki, Ampuh Ringankan Diri!  Ilustrasi seorang wanita (unsplash.com/JD Chow)

Terlihat mudah, namun nyatanya motivasi diri ini belum tentu mudah juga untuk dilakukan. Terkadang orang membutuhkan pihak lain dan pengakuan agar lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu.

Bersyukurlah bagi kamu yang memiliki motivasi internal dari dalam diri sehingga tidak membutuhkan orang lain untuk bisa mewujudkan apa yang menjadi tujuan hidupmu

5. Social skill yang kamu miliki  

5 Kecerdasan Emosional Ini Harus Dimiliki, Ampuh Ringankan Diri!  Ilustrasi diskusi (unsplash.com/Cherrydeck)

Hidup memang tak selalu berorientasi pada diri sendiri. Ada kalanya kamu juga harus memerhatikan bagaimana perspektif orang lain pula untuk menjaga keseimbangan.

Sebagai makhluk sosial, bagaimana cara kamu dalam mengerti dan mempertahankan hubungan dengan orang-orang tersayang tentu akan membuatmu lebih bahagia. Dominan tidak akan menjadi berarti lagi kalau hanya membuatmu kehilangan lebih banyak orang.

Kecerdasan emosional adalah komponen pelengkap yang hadirnya dapat membantumu menjalani hidup. Memilikinya bisa membuat kamu mudah dalam bersyukur dan melihat sesuatu dari perspektif yang lain. Jangan ragu mencoba!

 

Baca Juga: 10 Tanda Kamu Kurang Memiliki Empati, Ciri Kecerdasan Emosional Rendah

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya