Comscore Tracker

Kurangi Stres, 5 Tips ini Patut Dicoba untuk Orang Super Sibuk  

Setiap orang perlu menemukan cara untuk melepas stres

Pemicu stres setiap orang tentu berbeda-beda. Beban pekerjaan selama satu hari penuh hingga padatnya jadwal dan ketidakmampuanmu untuk membagi waktu tentunya akan semakin memperkeruh keadaan.

Inginnya mendapat work life balance supaya lebih fresh saat bekerja kembali, sebaliknya malah berakhir dengan rasa lelah dan hanya menyalahkan keadaan. Padahal di sisi lain, semua orangpun mengalami hal yang sama denganmu dengan jumlah waktu serupa.

Untuk kamu yang merasa penat karena pekerjaan, lima tips ini patut dicoba untuk me-restart kembali pikiranmu.

1. Jadwalkan free time untuk dirimu dalam sehari 

Kurangi Stres, 5 Tips ini Patut Dicoba untuk Orang Super Sibuk  Ilustrasi wanita dengan monolids (unsplash.com)

Padatnya jadwal kerja sehari-hari terkadang memengaruhi free time schedule yang harusnya dimiliki. Setiap waktu inginnya selalu dibuat untuk bekerja dan produktif, padahal tubuh juga memerlukan waktu untuk sekadar relaksasi.

Cara menyikapi masalah tersebut salah satunya dengan mengatur ulang jadwal yang kamu miliki dalam satu hari. Sisakan setidaknya satu jam untuk melakukan hobi yang mungkin sudah kamu tinggalkan karena kesibukanmu. Atau paling tidak 1 jam bebas dari pikiran mengenai pekerjaan dan alihkan perhatian ke hal lain seperti berbicara santai dengan keluarga atau teman.

2. Lakukan kegiatan lain yang melibatkan orang baru 

Kurangi Stres, 5 Tips ini Patut Dicoba untuk Orang Super Sibuk  ilustrasi make-up (unsplash.com)

Selain relasi dalam pekerjaan, kamu juga bisa meredakan stress dengan melakukan hobi serupa bersama orang lain. Bergabung dengan klub olah raga yang disuka atau sekedar bersepeda di taman akan membawamu ke orang-orang baru yang memiliki kesamaan minat.

Tidak ada salahnya menghabiskan waktu bersama lingkungan baru untuk membicarakan hal lain di luar konteks pekerjaan. Cara itu bisa dilakukan untuk mengalihkan pikiranmu dan mendapat pandangan baru mengenai berbagai hal.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Stres Bisa Merusak Hubungan, Jangan Disepelekan!

3. Ubah mindsetmu mengenai cara menyikapi stres

Kurangi Stres, 5 Tips ini Patut Dicoba untuk Orang Super Sibuk  ilustrasi seorang wanita (unsplash.com)

Sering kali stress dibiarkan menumpuk begitu saja hingga menyebabkan situasi serba salah. Misalnya membuat kamu lebih sensitif dalam menanggapi gurauan dan menganggap orang lain sebagai pengganggu saja.

Agar tidak menimbulkan masalah baru dengan orang lain, kamu bisa menyiasatinya dengan mengubah mindset mengenai cara memandang stress. Dari pada menganggap bahwa hal tersebut hanya menjadi ancaman yang tidak menyenangkan, lebih baik dianggap sebagai tantangan. Saat kamu menganggap stress sebagai tantangan, tentu kamu akan berusaha menemukan penyelesaian untuk hal itu

4. Jangan takut untuk menolak atau berkata tidak 

Kurangi Stres, 5 Tips ini Patut Dicoba untuk Orang Super Sibuk  Ilustrasi riasan gradasi eye shadow (unsplash.com)

Selain karena pekerjaan terkadang stress juga bisa disebabkan oleh ketidakmampuanmu dalam menolak permintaan orang lain. Sehingga tidak hanya memikirkan urusanmu saja, kamu dituntut untuk menyelesaikan permasalahan orang lain di saat bersamaan.

Belajarlah untuk menolak permintaan orang lain dan mulai peduli dengan diri sendiri. Disadari atau tidak, dengan menolak permintaan orang lain kamu bisa mengiyakan hal lain yang lebih bermanfaat untuk dirimu sendiri.

5. Coba tambahkan waktu istirahatmu 

Kurangi Stres, 5 Tips ini Patut Dicoba untuk Orang Super Sibuk  ilustrasi relax (unsplash.com)

Tak dapat disamakan, terkadang semboyan less sleep is better tidak berlaku untuk sebagian orang. Ada orang yang mampu fresh kembali dengan waktu tidur yang singkat, namun sebagian lainnya malah merasa hal itu lebih membuat lelah. Kenali diri dan jangan paksakan dirimu untuk mengikuti bagaimana kebiasaan orang lain. Karena hal tersebut belum tentu sesuai dengan kondisi tubuhmu. Selain itu berikan self reward untuk diri sendiri seperti dengan membeli makanan yang enak atau sekedar membelanjakan sesuatu.


Tetap ingat bahwa terlalu berlebihan dalam bekerja terkadang bisa menyebabkan kamu burn out. Temukan bagaimana stress relief-mu dan terapkan untuk mengembalikan versi terbaik dari diri!

Baca Juga: Hilangkan Stress di Masa Pandemik, Ini 5 Fakta Seru Film Agen Dunia

Sugar Photo Verified Writer Sugar

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya