Comscore Tracker

Tak Disadari, 5 Hal Ini Buktikan Kamu Masih Sering Meragukan Diri

Coba periksa barangkali itu kamu

Meragukan diri sendiri bukanlah hal yang patut untuk dilakukan. Kebiasaan ini hanya akan membuat dirimu kehilangan percaya diri untuk melakukan banyak hal. Terlalu sering memelihara kebiasaan ini nyatanya hanya akan membuat kamu tertinggal dari yang lain.

Coba periksa, ini 5 bukti kalau kamu masih sering meragukan diri sendiri.

1. Sering mencemaskan sesuatu yang belum terjadi

Tak Disadari, 5 Hal Ini Buktikan Kamu Masih Sering Meragukan DiriUnsplash.com/Matheus Ferrero

Mencemaskan sesuatu yang belum terjadi adalah bukti pertama kalau kamu masih sering meragukan diri. Melakukan hal ini berarti kamu menganggap bahwa dirimu tidak akan mampu melakukan sesuatu hal, dan imbasnya hanya membuatmu memikirkan sesuatu secara berlebihan.

Ada baiknya untuk berhenti memikirkan hal yang belum terjadi, dan fokuslah dengan apa yang lakukan agar hasil yang kamu peroleh dapat maksimal.

2. Takut mencoba hal-hal baru

Tak Disadari, 5 Hal Ini Buktikan Kamu Masih Sering Meragukan DiriUnsplash.com/Daniel Spase

Bukti kedua adalah kamu takut mencoba hal-hal baru dan lebih memilih tetap berada di zona nyamanmu. Hal ini menunjukkan kalau kamu adalah orang yang takut mengambil risiko.

Memilih tetap berada di zona nyaman bukanlah hal yang salah, tapi akan lebih baik kalau kamu juga sudah mencoba hal-hal lain. Dengan begitu kamu bisa menentukan potensi mana yang akan kamu maksimalkan.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Hanya Mencari Pembenaran Diri

3. Merasa minder dengan orang lain

Tak Disadari, 5 Hal Ini Buktikan Kamu Masih Sering Meragukan DiriUnsplash.com/Aricka Lewis

Bukti berikutnya adalah kamu masih sering minder dengan orang lain. Seringkali kamu merasa bahwa kamu tidak ada apa-apanya dibanding dengan mereka. Percayalah, kepercayaan diri akan membuatmu lebih nyaman dalam bergaul. Kamu pun juga harus memiliki cukup percaya diri agar orang lain dapat melihat kharismamu!

4. Tidak pernah menentukan target dalam hidup

Tak Disadari, 5 Hal Ini Buktikan Kamu Masih Sering Meragukan DiriPexels.com/Trinity Kubassek

Orang yang sering meragukan diri, biasanya adalah mereka yang tidak berani menentukan target dalam hidupnya. Mereka menjalani sesuatu dengan biasa-biasa saja dan merasa bahwa sudah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Nyatanya, semua orang dianugerahi kemampuan yang sama. Bedanya ada pada mimpi dan seberapa keras usaha yang telah dilakukan.

5. Seringkali merasa melakukan sesuatu dengan terbatas

Tak Disadari, 5 Hal Ini Buktikan Kamu Masih Sering Meragukan Diripexels.com/kelvin valerio

Bukti terakhir yang menunjukkan kalau kamu masih sering meragukan diri adalah kamu merasa selalu ada batas saat melakukan sesuatu. Kamu belum sepenuhnya mengeluarkan kemampuanmu dalam melakukan sesuatu karena takut akan penilaian dari orang lain. Kamu merasa bahwa apa yang kamu lakukan tidak sebaik yang dilakukan orang lain.

Itulah 5 bukti yang menunjukkan bahwa kamu masih sering meragukan diri sendiri. Terlalu lama memelihara kebiasaan itu nyatanya hanya akan membuatmu sulit untuk berkembang. Tingkatkan percaya diri dan buktikan kalau kamu pun bisa melakukan hal yang lebih. Semoga harimu menyenangkan!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Tidak Mencintai Dirimu Sendiri

Daisy Photo Community Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You