Comscore Tracker

Ini 8 Hal yang Harus Diingat saat Kamu Takut Melangkah

Jangan sampai jadi kebiasaan

Tiap orang pasti memiliki keinginan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan selalu berkembang di setiap harinya.

Untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya dapat dilihat dari bagaimana sikapmu dalam menanggapi tantangan yang menghadang dan bagaimana kamu dalam mengambil keputusan. Orang yang mudah berkembang biasanya adalah orang yang mudah belajar mengenai hal-hal baru dan tidak pernah ragu untuk mencoba.

Buat kamu yang terkadang merasa takut melangkah, ingat 8 hal ini dan buat dirimu lebih percaya.

1. Ketakutan bukanlah tanda bahwa keputusan yang akan kamu ambil itu salah

Ini 8 Hal yang Harus Diingat saat Kamu Takut MelangkahUnsplash.com/Timothy Paul Smith

Tak jarang kamu dihadapkan pada pilihan yang membuatmu harus menentukan untuk tetap berada di zona nyaman atau memilih hal baru yang bisa jadi sangat bertolak belakang dengan dirimu.

Dan saat memutuskan sesuatu mungkin kamu pun akan dilanda rasa takut kalau pilihanmu bukan yang terbaik. Ingatlah bahwa ketakutan di awal yang kamu rasakan belum tentu berakhir buruk saat kamu telah melaluinya. Bisa jadi apa yang takutkan akan berbuah manis karena kamu bisa dengan baik melaluinya.

2. Suka menunda bukanlah kebiasaan yang baik

Ini 8 Hal yang Harus Diingat saat Kamu Takut MelangkahUnsplash.com/Aricka Lewis

Kamu harus bisa membedakan antara mana yang sabar menunggu kesempatan dengan menolak atau menunda kesempatan yang datang. Tak jarang kesempatan selalu datang namun sering kali dilewatkan begitu saja karena ketidaksiapan untuk mengambilnya. Nyatanya dengan kebiasaan menunda ini akan membuatmu terus-menerus takut untuk mengambil kesempatan.

Baca Juga: Jangan Sedih, Ini 5 Pelajaran Berharga Ketika Mengalami Kegagalan

3. Terlalu mengkhawatirkan keputusan yang diambil hanya akan membuang waktu

Ini 8 Hal yang Harus Diingat saat Kamu Takut MelangkahUnsplah.com/Christin Hume

Ada hal yang lebih penting dari hasil yang akan kamu dapatkan, yaitu proses. Orang yang takut melangkah biasanya adalah orang yang terlalu mengkhawatirkan bagaimana hasil dari keputusan yang akan diambil. Padahal dengan mencoba kamu pun akan mendapatkan pembelajaran dari proses yang sedang kamu jalani. Yang nantinya akan menjadikanmu lebih baik saat menjalani tantangan ke depan.

4. Kamu tidak bisa berada di keadaan yang sama untuk selamanya

Ini 8 Hal yang Harus Diingat saat Kamu Takut MelangkahPexels.com/ Aleksa Bujišić

Akan menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan ketika kamu nyaman di keadaan yang sama dan kamu tidak menyadarinya. Cobalah untuk melakukan sesuatu yang baru karena bisa jadi kamu memiliki kemampuan lain yang sama atau bahkan lebih hebat yang dapat dikembangkan. Jangan terlalu mudah merasa nyaman kalau kamu belum mencoba banyak hal.

5. Sering merasa bersalah atas apa yang terjadi

Ini 8 Hal yang Harus Diingat saat Kamu Takut Melangkahimdb.com

Jangan ragu untuk berbagi dengan orang yang kamu percayai atas apa yang terjadi. Menyimpan sendiri sesuatu hanya akan membuatmu mudah stres dan merasa bersalah. Terkadang kamu membutuhkan saran dan masukan orang lain untuk membuat dirimu lebih baik lagi. Yang harus kamu lakukan hanyalah menemukan orang yang benar-benar mendukungmu.

6. Kamu pernah menghadapi hal yang serupa sebelumnya

Ini 8 Hal yang Harus Diingat saat Kamu Takut MelangkahPexels.com/Trinity Kubassek

Berikutnya ingatlah apa yang pernah kamu alami sebelumnya. Jika kamu pernah menghadapi hal yang serupa, coba praktikkan pembelajaran yang telah kamu dapat. Kalau sebelumnya kamu mampu melewatinya, maka saat ini kamu akan lebih baik dari itu.

7. Tidak ada waktu yang sempurna

Ini 8 Hal yang Harus Diingat saat Kamu Takut MelangkahPexels.com/Elle Hughes

Jangan menunggu waktu yang sempurna untuk datang kepadamu. Karena hal itu tidak akan pernah ada. Manfaatkan kesempatan atau carilah peluang yang ada. Saat hanya menunggu kamu akan melewatkan banyak hal yang mungkin saja dapat membuat kamu lebih baik.

8. Kamu tidak akan pernah tahu hasilnya jika tidak pernah mencoba

Ini 8 Hal yang Harus Diingat saat Kamu Takut Melangkahpexels.com/moose

Yang tak kalah penting kamu tidak akan tahu hasilnya jika belum pernah mencobanya. Hal ini wajib kamu ingat agar kamu tidak mudah putus asa. Ketakutan dan kekhawatiran yang terlalu besar tidak akan berarti kalau sudah kamu jalani. Bisa jadi kamu akan mendapatkan hasil yang baik dari proses yang benar-benar kamu nikmati.

Itulah 8 hal yang harus diingat saat kamu ragu untuk melangkah. Sekecil apa pun keputusan yang kamu ambil akan mengubah banyak hal dalam hidupmu. Semoga harimu menyenangkan!

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Gagal Menghadapi Ujian

Daisy Photo Community Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You