Comscore Tracker

Say Bye, 5 Tips Bantu Kamu Hindarkan Diri dari Overthinking! 

Jangan bikin karier stagnan dengan overthinking 

Dalam dunia karier semua orang dituntut untuk bisa adaptif tak terkecuali dalam pekerjaan apapun. Perkembangan yang dinamis ini tentu mengharuskan siapa saja untuk lebih cepat dan peka dalam merespons setiap perubahan.

Namun tak jarang kesulitan untuk memberikan respons ini dialami oleh orang yang overthinking. Sebabnya setiap akan mengambil keputusan tentu banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan.

Jangan biarkan berakhir lebih buruk, ikuti lima tips berikut untuk membantumu lepas dari overthinking yang bikin karier jadi stagnan

1. Gak harus sempurna, yang penting kerjakan saja dulu

Say Bye, 5 Tips Bantu Kamu Hindarkan Diri dari Overthinking! Ilustrasi bekerja (https://www.pexels.com/@rethaferguson)

Orang yang overthinking tak jarang memberikan fokus berlebih mengenai apa yang sedang mereka kerjakan. Daripada memulai, kamu cenderung akan memikirkan hasil akhir dari sesuatu yang sedang dikerjakan. Bagimu apa yang menjadi tanggung jawabmu harus selalu sempurna tanpa kecuali. Hal ini tentu sangat memengaruhi bagaimana produktivitasmu ketika bekerja.

Jika diibaratkan, saat rekan kerjamu telah membuat progress 70%, kamu bisa saja ada di angka 40% karena terlalu banyak memikirkan hasil sempurna.

2. Sadari bahwa kamu memiliki standar sesuai dengan kualifikasi jabatan 

Say Bye, 5 Tips Bantu Kamu Hindarkan Diri dari Overthinking! Ilustrasi bekerja (https://www.pexels.com/@canvastudio)

Tingkatkan kepercayaan pada diri sendiri dan ingatlah bahwa kamu memang mampu dalam mengatasi pekerjaan saat ini. Jauhkan perasaan tidak layak yang diam-diam kamu pendam dan membuatmu terus merasa kurang pantas.

Percayalah bahwa saat kamu diterima bekerja, itu tandanya kamu adalah salah satu kandidat terbaik yang dipercaya oleh perusahaan dalam memegang salah satu role-nya.

Mulai tanamkan sugesti positif dalam diri agar kamu bisa melalui semuanya dengan baik.

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Overthinking Menyerang

3. Semua berawal dari hal kecil yang kadang biasa saja 

Say Bye, 5 Tips Bantu Kamu Hindarkan Diri dari Overthinking! Ilustrsi wanita (unsplash.com/@icons8)

Jika kamu merasa di awal karier pekerjaan yang kamu kerjakan biasa saja, percayalah bahwa itu semua normal. Kesalahan dalam bekerja merupakan tanda bahwa kamu harus siap belajar untuk bisa meng-improve kinerjamu.

Jangan terlalu fokus memikirkan kesalahan dalam bekerja karena yang ada hanya membuatmu sulit untuk berkembang. Cobalah segera mencari penyelesaian atau jalan keluar untuk setiap masalah yang sedang kamu alami.

4. Jangan berkutat dengan satu hal saja 

Say Bye, 5 Tips Bantu Kamu Hindarkan Diri dari Overthinking! ilustrasi bekerja (unsplash.com/Windows)

Dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada dalam pekerjaan, usahakan untuk melakukan brainstorming dengan rekan kerja yang bersangkutan.

Selain itu fokuskan diri untuk mencari beberapa jalan keluar dan jangan hanya bergantung pada satu pemecahan masalah. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan diri dari ketidakpastian ataupun jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan targetmu. Karena bukanlah hal yang tidak mungkin jika kamu hanya terpaku pada satu ide atau pemecahan masalah akan menjadikanmu stres saja jika tidak tercapai.

5. Ingat bahwa kamu hanya membuang waktu 

Say Bye, 5 Tips Bantu Kamu Hindarkan Diri dari Overthinking! Ilustrasi kecewa (https://www.pexels.com/@mbardo)

Menghabiskan waktu dengan berpikir tanpa melakukan aksi hanya akan membuang waktumu saja. Ingatlah bahwa jika kamu terlalu lama dalam memikirkan sesuatu sebenarnya tidak membuahkan hasil apapun, karena kamu masih berkutat dalam pikiranmu saja.

Saat kamu hanya menghabiskan waktu pada satu hal, bukan tidak mungkin bisa mengorbankan hal lain yang mungkin lebih penting. Buatlah skala prioritas untuk semakin membuat waktumu efektif dan apa yang kamu kerjakan lebih efisien. Tentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan dulu dan mana yang kiranya tidak terlalu terburu.

Pada dasarnya semua orang pasti memiliki keinginan untuk mengembangkan diri melalui karier. Untuk mencegah karier stagnan di situ-situ saja, coba lakukan tips tadi dan raih mimpimu!

Baca Juga: Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuatmu Kehilangan Sifat Rajin

Sugar Photo Verified Writer Sugar

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya