Comscore Tracker

Digital Minimalism, 7 Tips Kurangi Kecanduaan Social Media

Pentingnya mengontrol konten yang dikonsumsi di internet

Media sosial dan smartphone sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam satu dekade terakhir. Dimanapun dan kapanpun kita bisa akses internet, mencari berita dan membagikannya dengan sangat mudah.

Sayangnya, semua yang memudahkan itu mempunyai dampak buruk terhadap diri kita, lho! Maka dari itu, penting untuk menerapkan konsep digital minimalism. Dengan konsep ini, diharapkan kita bisa lebih aware dengan apa yang dikonsumsi di media sosial.

Cara ini dapat membantu kita agar bisa lebih fokus dan produktif dalam menjalani hari-hari, termasuk membuatmu lebih bahagia dan terhindar dari stres. So, ini dia lima tips dalam menerapkan digital minimalism. Simak sampai habis, ya!

1. Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Digital Minimalism, 7 Tips Kurangi Kecanduaan Social Mediailustrasi media sosial (pexels.com/ Tracy Le Blanc)

Semakin besar memori internal pada gadget atau laptopmu, semakin banyak pula aplikasi yang ingin kamu download, kan? Nah, sekarang coba kamu pilih aplikasi yang paling penting saja di gadgetmu. Dua atau tiga aplikasi social media sudah cukup, kok.

Kamu juga bisa pilih satu atau dua saja aplikasi edit foto, edit video, aplikasi workout, ojek online, musik, game atau marketplace. Intinya, kamu tidak butuh terlalu banyak aplikasi. Toh, jika memang dibutuhkan, kamu bisa men-download dan men-delete kembali jika sudah tidak digunakan. Dengan cara ini, kamu akan melihat tampilan gadget dan laptopmu jadi lebih rapi dan terorganisir.

2. Ambil langkah untuk konten yang tidak sejalan dengan tujuan hidupmu

Digital Minimalism, 7 Tips Kurangi Kecanduaan Social Mediailustrasi menggunakan media sosial (unsplash.com/@austindistel)

Mungkin, ini terdengar sedikit kejam. Tapi yang kamu harus tau, begitu pentingnya kita memiliki boundaries atau batasan-batasan dalam hidup kita, atas apa yang kita konsumsi di social media ataupun berita di internet.

Coba kamu lihat, apa tujuan hidupmu ke depan yang ingin dicapai. Lalu tentukan konten dan akun mana yang mendukungmu menuju ke tujuan dan rencanamu tersebut. Ini penting, sebab siapa yang diikuti di media sosial akan sangat mempengaruhi pola pikir dan behaviour seseorang.

Dengan mengontrol channel, akun, dan konten apa yang diikuti, kamu akan membuat feed media sosialmu hanya diisi oleh orang-orang yang memang ingin kamu liat kontennya. Tidak hanya  menghibur, pastinya memberi banyak manfaat untuk hidupmu ke depannya. Cobain, deh!

3. Turn off notification

Digital Minimalism, 7 Tips Kurangi Kecanduaan Social Mediailustrasi orang-orang mengobrol (Pexels/Askar Abayev)

Menikmati momen-momen di sekelilingmu adalah salah satu benefit dari digital minimalism. Turn off notification adalah cara agar kamu tidak terdistraksi oleh gadget saat berkumpul dengan pasangan, teman ataupun keluarga. Ini juga bisa dilakukan saat kamu sedang belajar atau bekerja. Cara ini terbukti membuatmu fokus pada apa yang sedang dilakukan.

Nikmatilah hidupmu sejenak tanpa notification berlebihan. Maka kamu akan banyak melihat hal yang selama ini tidak disadari. Jika di media sosial kamu sibuk melihat apa yang dimiliki orang lain, di dunia nyata kamu bisa melihat begitu banyak hal yang ternyata kamu miliki. Look around you, appreciate what you have, guys!

Baca Juga: 5 Benefit Kurangi Penggunaan Media Sosial, Berani Coba?

4. Decluttering isi gadget yang tidak diperlukan secara berkala

Digital Minimalism, 7 Tips Kurangi Kecanduaan Social Mediailustrasi decluttering (pexels/ready made)

Semudah itu rasanya, jepret foto sebanyak yang kita mau. Dari 20 jepretan misalkan, hanya satu foto yang pada akhirnya kita pilih untuk di-posting. Sedangkan 19 foto lainnya akan menjadi sampah.

Itulah yang akan membuat memori internal gadgetmu penuh. Belum lagi chat grup yang segunung, email news letter, video gak jelas yang kita buat atau data-data sisa browsing yang sudah tidak kita butuhkan.

Hapus secara berkala 1-2 minggu sekali. Ini akan memudahkanmu dalam me-manage memori internal supaya gadget dan laptopmu tidak mudah panas dan jadi lebih awet juga, kan?

5. Kontrol waktu pemakaian perangkat digital

Digital Minimalism, 7 Tips Kurangi Kecanduaan Social Mediailustrasi waktu (pexels.com/Mikhail Nilov)

Jika selama ini kamu kurang peduli dengan berapa jam pemakaian perangkat digital, coba sekarang mulai beri batasan dalam penggunaannya. Misalkan, hanya menggunakan ponsel 4 jam dalam sehari. Atau menggunakan laptop hanya saat bekerja.

Sisa waktumu bisa digunakan untuk mengobrol dengan teman, main dengan pet, olahraga, mencoba resep baru, beres-beres lemari, baca buku, melukis atau sekadar menikmati teh di sore hari.

Sepertinya itu terdengar lebih seru, ya! Tentunya lebih bermanfaat juga daripada hanya sibuk scrolling  postingan orang lain di feed-mu yang malah membuat cemburu dan mulai membandingkan hidupmu dengan hidup mereka. Ingat, yang nampak perfect di media sosial belum tentu di dunia nyata juga demikian.

6. A day without internet

Digital Minimalism, 7 Tips Kurangi Kecanduaan Social Mediailustrasi no signal (boltontechnical.co.za)

Dilansir salah satu jurnal Cambridge University, disebutkan bahwa memang begitu mudah manusia kecanduan digital dan separuh hidupnya bisa "tertinggal" di dunia virtual. Namun, manusia sangat membutuhkan kontak dengan dunia nyata, internet saja tidak akan cukup.

Take a break  satu hari saja disetiap minggu atau bulannya untuk melakukan a day without internet. Wah, sepertinya ini akan menjadi challenge yang seru nih, guys! Berani coba?

7. Pada akhirnya semua kontrol ada pada dirimu sendiri

Digital Minimalism, 7 Tips Kurangi Kecanduaan Social Mediailustrasi percaya diri dengan keputusan yang dibuat (pexels.com/Yan Krukov)

Pada akhirnya, semua kembali pada pilihanmu. Tidak ada satu orang pun yang bisa menghalangi atau mengontrol sebuah pilihan selain dirimu sendiri. Tentu setiap pilihan akan ada risiko dan manfaatnya.

Berani membuat keputusan untuk menerapkan digital minimalism atau tetap dengan keadaanmu sekarang. Mengonsumsi perangkat digital dan internet tanpa batasan jelas. Set your choice for better lyfe, guys!

Nah, itu tadi tips bagaimana cara menerapkan digital minimalism dalam kehidupan kita sehari-hari. Lepas dari sebuah kecanduan memang tidak mudah, tapi gak sulit juga jika kita memiliki niat untuk meningkatkan kualitas hidup lebih baik. Lakukanlah tanpa rasa ragu. Selamat mencoba!

Icha Hulalata Photo Writer Icha Hulalata

Living Without Social Media || Email: Ichahulalata91@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya