Comscore Tracker

Dapat Hujatan dari Pembaca, Membuat Rani Asnurida Terus Belajar

Rani Asnurida, Millennial of The Month July 2021 

Kehidupan para public figure seperti artis tanah air, memang selalu menarik untuk diketahui. Ada yang sekadar menghibur, ada juga yang bisa menginspirasi. Artikel tentang mereka pun banyak bertebaran, tidak melulu di media sosial. Mulai dari yang sesuai fakta hingga mengandung informasi kurang benar.

Update mengenai para public figure pun menjadi makanan sehari-hari salah satu Community Writer yaitu, Rani Asnurida. Ya, di IDN Times Community, Rani menjadi salah satu writer yang sangat produktif menyajikan artikel-artikel kanal Hype dan Life semenarik dan informatif mungkin.

Penasaran bagaimana cerita di balik artikel-artikel kerennya? Yuk simak cerita inspiratifnya ini!

1. Terinspirasi cerita salah satu blogger 

Dapat Hujatan dari Pembaca, Membuat Rani Asnurida Terus BelajarRani Asnurida, Millennial of The Month IDN Times Juli 2021 (dok.pribadi/Rani Asnurida)

Wanita yang sebentar lagi menginjak usia 27 tahun pada bulan September 2021 ini, bergabung sebagai Community Writer di IDN Times Community sejak tahun 2019. Semua berawal dari ketidak sengajaannya saat membaca sebuah blog, yang menceritakan pengalaman sang blogger menjadi Community Writer.

"Di blognya dia cerita, kalau ia mendapat pengalaman menulis artikel artikel yang baik. Bahkan dibimbing lewat revisian oleh editor. Nilai lebihnya adalah mendapat bonus sesuai jumlah views,”

Dari cerita itulah Rani mulai tertarik mencoba dan memutuskan bergabung sebagai Community Writer. Meski awalnya sama sekali gak percaya diri, karena bidang yang ia tekuni selama ini tidak sesuai. Sehingga membuatnya tidak berkekspektasi sama sekali.

2. Produktif menjadi salah satu kunci konsisten menulis 

Dapat Hujatan dari Pembaca, Membuat Rani Asnurida Terus BelajarRani Asnurida, Millennial of The Month IDN Times Juli 2021 (dok.pribadi/Rani Asnurida)

Bagi Wanita dengan latar belakang pendidikan Matematika ini, menulis dan mendalami dunia literasi tidak terbatas oleh latar belakang pendidikan. Meski memiliki pengalaman bekerja menjadi guru Matematika, di salah satu SMA Swasta di Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, namun minatnya untuk menulis sangat tinggi.

“Sekarang kalau lagi produktif, aku bahkan bisa meluangkan waktuku untuk menulis sebanyak 4 sampai 6 artikel setiap harinya,”

Gak heran kan kalau Rani menjadi salah satu writer yang sangat produktif di IDN Times Community. Artikel yang dibuatnya pun beragam, berdasarkan informasi-informasi terkini hingga masa lampau. Semua informasi berhasil dikemasnya menjadi beragam artikel menarik.

Baca Juga: 5 Pengalaman Akan Kamu Rasakan Selama Menulis di IDN Times Community

3. Artikel pertamanya yang terbit mendapat banyak hujatan 

Dapat Hujatan dari Pembaca, Membuat Rani Asnurida Terus BelajarRani Asnurida, Millennial of The Month IDN Times Juli 2021 (dok.pribadi/Rani Asnurida)

Rani pun bercerita suka dukanya, hingga ia terpilih menjadi Millennial of The Month bulan Juli 2021. Ternyata gak mudah pada awalnya, beberapa artikel yang ia submit pun, gak kunjung terbit. Bukannya menyerah, hal itu malah membuat rasa penasarannya semakin tinggi dan gak putus asa.

“Akhirnya tulisan pertamaku yang berjudul, 6 Tanda Nyata Persahabatan yang Berkualitas, Jaga Sampai Tua, terbit. Saat itu senangnya bukan main. Dan ternyata artikel pertamaku ini juga dimuat di Line Today,”

Namun, semua memang gak semulus seperti yang dibayangkan. Ternyata di salah satu poin, Rani lupa menuliskan kalimat yang seharusnya ‘tidak layak dipertahankan’, malah menjadi ‘layak dipertahankan’. Akhirnya artikel pertamanya ini dibanjiri hujatan, bahkan dibilang gak layak dan asal-asalan.

“Sempat bikin sedih dan down banget, tapi karena hujatan tersebut aku malah jadi semakin berhati-hati dalam menuliskan isi artikel. Sampai akhirnya terbiasa untuk memeriksa tulisan beruang kali agar kesalahan yang sama gak terulang lagi,”

4. Malu dengan revisian editor membuatnya terus belajar 

Dapat Hujatan dari Pembaca, Membuat Rani Asnurida Terus BelajarRani Asnurida, Millennial of The Month IDN Times Juli 2021 (dok.pribadi/Rani Asnurida)

Awalnya pemilik akun IDN Times Community Raina Zaakiyah ini, gak kepikiran sama sekali untuk fokus membuat artikel kanal Hype dan Life, lho! Bahkan di awal tulisannya yang terbit malah seputar relationship dan traveling. Rani pun mulai mengeksplore kemampuan menulisnya dengan membuat artikel dunia entertainment, agar semakin bervariasi.

“Ternyata artikel-artikel hype dan life, justru yang paling banyak menarik perhatian views. Akhirnya, aku memutuskan untuk fokus membuat artikel hype dan life saja. Tapi lagi-lagi gak berjalan mulus, bikin artikel hype yang menarik itu nyatanya gak mudah.”

Bahkan Rani mengaku sempat malu dengan salah satu editor di IDN Times Community. Saat ia sudah beberapa kali submit artikel dengan judul yang berbeda-beda, dan tidak ada satu pun yang terbit, ada salah satu artikelnya yang dilirik editor. Namun ketika dilihatnya ulang, ternyata seluruh isi artikelnya diganti kecuali judul.

“Dari situ aku mulai belajar lagi untuk beradaptasi, dengan cara-cara penulisan yang sesuai dengan panduan yang ada. Tentu saja dengan sesekali membaca artikel-artikel dari penulis lain yang sudah terbit. Tulisan kak Stella Azasya dan Iip Afifullah, menjadi tulisan-tulisan yang sering aku jadikan sebagai referensi untuk meningkatkan kemampuan menulisku,”

5. Menulis jadi hobi yang menguntungkan 

Dapat Hujatan dari Pembaca, Membuat Rani Asnurida Terus BelajarRani Asnurida, Millennial of The Month IDN Times Juli 2021 (dok.pribadi/Rani Asnurida)

Karena mau terus belajar dari kesalahan dan pengalaman, kini artikel-artikel Rani pun menjadi salah satu yang kerap mendapat views tinggi, lho. Sudah Menikah, Potret Bahagia eks Artis Cilik 2000an dan Pasangannya, menjadi artikelnya dengan views terbanyak selama bulan Juni, yakni sebanyak 104.153 views.

Diikuti dengan artikel berjudul, Lebih dari 10 Tahun Menikah, 9 Potret Mesra Personel Band dan Istrinya, yang telah dilihat sebanyak 77.747 views. Tentunya hal tersebut membuatnya mendapat bonus poin yang besar setiap bulannya.

“Di era yang semakin canggih ini ada banyak sekali yang bisa dikerjakan. Bahkan sambil menjalani hobimu pun kamu bisa menghasilkan uang. Menulis di IDN Times salah satu contohnya,”

Semangat yang dimiliki Rani itu pun, bisa jadi motivasi kalian untuk berkarya di IDN Times Community, nih. Dan siapa tau kalian adalah Millennial of The Month selanjutnya, lho!

Baca Juga: 5 Sisi Menyenangkan Jadi Seorang Community Writer di IDN Times

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya