Comscore Tracker

Jadilah Ahli di Satu Bidang Jika Ingin Berhasil dengan Maksimal  

Maka kamu pun akan belajar konsisten berproses

Di dunia ini, sebenarnya ada begitu banyak hal yang dipelajari. Jika kamu berada dalam fase mencari ilmu, maka wajib hukumya untuk mengenal banyak hal. Namun jika kamu sudah selesai dengan masa pencarian dan ingin membentuk jati diri, maka mulailah untuk berkonsentrasi hanya pada satu hal dan buat dirimu menjadi ahli di bidang tersebut.

Berbekal pemahaman tersebut, Millennial of The Month IDN Times Community pada bulan Mei ini yaitu Tresna Nur Andini memutuskan untuk berkonsentrasi pada satu topik penulisan di kanal food saja. Hasilnya, sekitar 850 tulisan Tresna berhasil terbit sejak ia bergabung di IDN Times community pada bulan Januari 2019 lalu.

Ingin tahu tips dan trik menulis artikel food hingga bisa banjir page view dari dara kelahiran Bogor, 10 April 2000 ini? Simak artikel berikut.

1. Belajar dari community writer lain yang sudah berpengalaman

Jadilah Ahli di Satu Bidang Jika Ingin Berhasil dengan Maksimal  Dok.Pribadi/Tresna Nur Andini

Tresna menceritakan bahwa di awal bergabung dengan IDN Times Community, ia masih menulis dengan banyak ragam tema. Namun setelah mencoba menulis berbagai macam tema, ia merasa lebih cocok untuk menulis artikel dengan topik food atau makanan.

Untuk menyempurnakan tulisannya, Tresna belajar pada salah satu community writer yang terbilang cukup senior di topik yang sama. Setelah belajar berbagai macam tips termasuk cara mencari ide hingga memilih gambar yang estetik, ia pun makin fokus menulis artikel tentang makanan dan malahan ia menikmati proses yang ada.

2. Mencoba untuk fokus pada 1 topik yang nyaman ditulis

Jadilah Ahli di Satu Bidang Jika Ingin Berhasil dengan Maksimal  Dok.Pribadi/Tresna Nur Andini

Untuk menjadi fokus pada satu topik memanglah bukan sebuah hal yang mudah. Awalnya kamu memang harus mencoba segala hal dan kemudian melakukan trial and error proses untuk tahu mana yang kamu sukai.

Tresna pun mengalami hal yang sama. Namun berkat keuletan dan semangatnya yang pantang menyerah, ia pun bisa fokus hanya pada 1 topik menulis artikel yaitu tentang food. Alhasil, ia pun sudah mendapatkan tempat di hati para editor community berkat tulisannya yang berkualitas.

Baca Juga: Dahli Anggara: Menulis adalah Tips Jitu Antipikun di Masa Tua 

3. Konsisten dalam berproses serta makin kreatif menggali ide

Jadilah Ahli di Satu Bidang Jika Ingin Berhasil dengan Maksimal  Dok.Pribadi/Tresna Nur Andini

Setelah menentukan topik yang disukai dan kamu merasa senang untuk menulisnya, konsistensi adalah hal berikut yang harus dilakukan. Sebabnya konsistensi akan mengajarkanmu untuk setiap dalam berproses serta semakin kreatif dalam menggali ide tulisan. Sehingga tulisan yang kamu hasilkan pun akan makin beragam.

Bonusnya, lama-kelamaan tulisanmu akan dijadikan referensi oleh banyak orang jika ingin mencari pengetahuan di topik yang kamu kuasai dengan baik.

4. Kemandirian adalah buah yang Tresna dapatkan termasuk soal finansial

Jadilah Ahli di Satu Bidang Jika Ingin Berhasil dengan Maksimal  Dok.Pribadi/Tresna Nur Andini

Tresna mengakui bahwa menulis di IDN Times community adalah salah satu caranya untuk keluar dari zona nyaman sebab ia bisa menjadi mandiri dengan hasil dari menulis.

"Bukan berarti harus menyandarkan 100% kepada orangtua, termasuk untuk urusan finansial. Justru dengan kecanggihan teknologi masa kini, ada banyak cara yang dapat dilakukan, termasuk juga untuk urusan kerja secara online. Kunci utamanya adalah berani keluar dari zona nyaman, mau berusaha dari nol, dan gak mudah nyerah meski di tengah jalan menemui hambatan," pungkasnya.

"Aku kurang tahu pasti perihal berapa total pendapatan selama menulis. Tapi, untuk mengonversi poin ke uang - iya, hampir setiap minggu alhamdulillah selalu menukar atau redeem poin. Jumlah pendapatan dari artikel memang sangat membantu dalam segi finansial untuk aku pribadi yang masih berstatus sebagai mahasiswa," tambah Tresna.

 5. Konsentasi, konsisten, dan kerja keras akan berbuah manis 

Jadilah Ahli di Satu Bidang Jika Ingin Berhasil dengan Maksimal  Dok.Pribadi/Tresna Nur Andini

Terkait dengan keberhasilannya dalam hal mandiri secara finansial dari menulis, Tresna berpendapat bahwa pekerjaan apapun selagi dilakukan dengan konsentrasi penuh, konsisten, dan ulet, tentu akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Hal itulah yang membuatnya ingin memotivasi para generasi muda agar tak lupa untuk bekerja keras demi menjadi independen alias tidak menggantungkan hidup pada siapapun.

Etos kerja yang baik, setia dalam berproses, dan kemauan untuk terus belajar merupakan beberapa kunci yang wajib kamu terapkan dalam hidup jika ingin sukses, guys! Tresna Nur Andini pun telah membuktikannya.

Semoga pelajaran positif yang sudah ia bagikan ini bisa makin memotivasimu untuk terus menulis dan tak pantang menyerah dalam meraih hal yang kamu inginkan dalam hidup.

Baca Juga: Tulisan, Sarana Berbagi dan Mencerdaskan Negeri

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya