Comscore Tracker

Jadikan Diri Lebih Bermanfaat Lewat Tulisan Travel dan Kuliner

Fasrinisyah, Millennial of the Month Februari 2022

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama. Tak perlu melakukan tindakan yang sangat heroik, kamu pun bisa memberi manfaat pada lingkungan sekitar lewat hal kecil yang kamu lakukan setiap harinya secara konsisten. Agaknya, nasihat hidup tersebut yang selalu dipegang oleh Fasrinisyah Suryaningtyas, Millennial of The Month pilihan IDN Times Community untuk bulan Februari 2022 ini.

Melalui artikel yang ia tulis, Fasrinisyah atau yang akrab dipanggil Nisya ini ingin membagikan informasi seputar dunia perjalanan yang ia suka lakukan.

Gadis kelahiran Magetan ini teringat betul bahwa saat masih kecil, ibundanya kerap mengajak ia pergi berjalan-jalan atau wisata kuliner ke berbagai kota di Indonesia. Kebiasaan baik ini pun ia teruskan, terutama saat ia kuliah di salah satu kampus negeri yang ada di Depok, Jawa Barat. Berbagai destinasi wisata serta hidden gems wisata kuliner di Jabodetabek ia telusuri. Tak berhenti sampai di situ, ia pun melangkahkan kakinya untuk mengunjungi negeri tetangga seperti Singapura, Malaysia, hingga Brunei Darussalam.

"Terbersit dalam benak saya agar momen-momen tersebut tidak hanya menjadi kenangan yang mengendap di pikiran saya, tetapi bisa saya ceritakan kepada orang lain," ungkapnya dalam sela-sela wawancara. Alhasil ia pun mulai menulis tentang pengalaman traveling yang dia lakukan di blog hingga di platform menulis IDN Times Community.

Lantas, seperti apa pengalamannya menulis di IDN Times Community hingga membuatnya terpilih menjadi Millennial of The Month kali ini?

1. Berangkat dari hal terdekat yang disukai 

Jadikan Diri Lebih Bermanfaat Lewat Tulisan Travel dan KulinerMillennial of the Month Februari 2022 (dok.pribadi/Fasrinisyah Suryaningtyas)

Nisya bercerita bahwa pertama kali ia mengetahui platform menulis IDN Times Community di bulan Agustus 2017.

Ia kemudian mencoba mengirimkan tulisan. Uniknya, tulisan pertama dan kedua yang ia kirimkan terbit pada hari yang sama yakni 6 Agustus 2017. Untuk artikel pertamanya, ia membuat tulisan berdasarkan makanan favoritnya yaitu lontong. Artikel tersebut berjudul "11 Olahan Lontong dari Berbagai Wilayah Nusantara". Tulisannya pun mendulang banyak views karena seperti yang sudah ditebak, kuliner lokal yang dekat dengan pembaca selalu dicari.

Lalu untuk artikel kedua, lagi-lagi ia menuliskan berdasarkan dengan hal yang disukainya. Karena pada saat itu ia punya hobi menonton adegan makan di drama Korea, maka ia membuat ulasan tentang celebrity chef yang biasanya ada di tayangan tersebut. Tentu saja, tulisan tersebut juga meraih views tinggi karena Korea dan makanan adalah tema yang disukai oleh banyak pembaca.

2. Bahagia saat tulisan benar-benar bermanfaat  

Jadikan Diri Lebih Bermanfaat Lewat Tulisan Travel dan KulinerMillennial of the Month Februari 2022 (dok.pribadi/Fasrinisyah Suryaningtyas)

Sukses memperoleh views tinggi di beberapa artikel perdananya, membuat Nisya makin bersemangat untuk memproduksi artikel sesuai dengan topik yang dia sukai. Beberapa judul artikelnya yang ramai dibaca adalah:

  • 20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!
  • 10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!
  • 11 Kuliner Paling Ikonik di Brunei Darussalam yang Wajib Kamu Coba
  • 13 Pantai Cantik di Madura, Bali Sih Lewat!
  • Yuk Bikin Egg Chicken Roll ala HokBen, Gampang Banget!

Artikel-artikel di atas mendapatkan views yang terus bertambah hingga saat ini, bahkan ada di laman pencarian teratas di Google. Selain ramai, hal yang bikin Nisya bahagia adalah ketika teman-temannya menemukan artikelnya di laman pencarian dan mengirimkan tangkapan layar kepada dirinya.

"Ini bahagianya gak bisa diungkapkan," pungkasnya.

Baca Juga: Berjiwa Melankolis Bikin Hidup Laurensius Aldiron Makin Manis

 3. Olah artikel sehingga tetap evergreen  

Jadikan Diri Lebih Bermanfaat Lewat Tulisan Travel dan KulinerMillennial of the Month Februari 2022 (dok.pribadi/Fasrinisyah Suryaningtyas)

Dari artikel-artikel yang ditulis oleh Nisya, maka kita bisa belajar bahwa memang benar adanya jika artikel dengan tema yang dekat dengan pembaca selalu ramai views.

Selain artikel yang dekat dengan pembaca, artikel bersifatevergreen juga punya potensi tinggi di mana angka views-nya akan terus naik. Oleh karena itu bagi kamu yang hingga saat ini masih bingung menentukan tema apa yang akan dituangkan dalam bentuk artikel, kamu bisa melihat kembali hal atau tema apa yang kamu sukai. Tak perlu jauh-jauh, tema di sekitarmu pun selalu menarik untuk ditulis.

4. Bentengi diri dari berita palsu dengan tulisan 

Jadikan Diri Lebih Bermanfaat Lewat Tulisan Travel dan KulinerMillennial of the Month Februari 2022 (dok.pribadi/Fasrinisyah Suryaningtyas)

Tak hanya sebagai sarana berbagi informasi, tulisan pun bermanfaat untuk melawan informasi hoax yang banyak ditemui saat ini. Menurut Nisya, menulis bisa menjadi salah satu cara untuk melawan penyebaran hoax. Sebab, ketika hendak menuliskan suatu informasi, tentu kamu harus mendapatkan bahan tulisan secara kredibel, dapat dipercaya, dan tentu saja dapat dipertanggung jawabkan.

Selain itu bagi Nisya, double check is a must. Kamu harus benar-benar memperhatikan informasi yang kamu terima. Kamu harus melihat seberapa kredibel media yang memproduksinya, apakah judulnya termasuk yang clickbait atau tidak, termasuk foto atau video yang digunakan.

"Judul-judul yang clickbait atau cenderung provokatif biasanya mengarah ke hoax. Untuk itu, sebaiknya lihatlah judul-judul yang tidak clickbait, tapi click worthy."

5. Menulis sebagai sarana penyembuhan diri  

Jadikan Diri Lebih Bermanfaat Lewat Tulisan Travel dan KulinerMillennial of the Month Februari 2022 (dok.pribadi/Fasrinisyah Suryaningtyas)

Untuk di poin terakhir wawancaranya, sekali lagi Nisya menegaskan bahwa tulisan punya banyak manfaat untuk kehidupan. Tak hanya sebagai sarana informasi, bagi sebagian orang, tulisan mampu dijadikan alat untuk menyembuhkan diri atau yang biasa kita kenal dengan istilah writing is healing.

"Saya selalu meyakini bahwa setiap orang memiliki berbagai cara tersendiri untuk mengungkapkan pendapat atau bahkan meluapkan emosi dalam dirinya, salah satunya dengan menulis," tegasnya.

Well, setuju banget dengan poin yang disampaikan oleh Nisya. Menulis memang akan membantu kita untuk menuangkan emosi yang sedang dirasakan tanpa perlu khawatir akan penghakiman yang mengiringi.

Bagaimana dengan kamu? Menurutmu, manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari menulis?

Baca Juga: 5 Sumber Ide Menulis Tema Life di IDN Times Community, Coba Yuk!

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya