Comscore Tracker

Menulis untuk Mengapresiasi Artis dan Tim Produksi Drama Korea 

Arsiaty Sumule, Millennial of the Month Maret 2022

Drama Korea kini memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Berbagai genre yang disajikan, dirasa relate dengan kehidupan saat ini. Tak terkecuali bagi Arsiaty Sumule, drama Korea berhasil mengantarkan writer yang lahir di Ambon ini, menjadi Millennial of the Month Maret 2022.

Hobi nonton drama Korea sejak SMA, ternyata mampu dimanfaatkan writer yang akrab disapa Aty ini dengan baik. Banyak hal yang bisa ia ambil, lalu dirangkainya menjadi sebuah artikel menginspirasi.

Padahal dulu hobi nontonnya yang kerap membuat lupa waktu, sempat diprotes keluarga. Namun, kini Aty berhasil menunjukkan bahwa hobi nonton drama dan film Korea, tidak selamanya buruk.

Mau tau bagaimana cerita seru Aty dalam merangkai artikel Korea? Simak langsung aja nih, wawancara khususnya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Penulis Pemula IDN Times Community yang Sering Dilakukan

1. Artikel pertama yang terbit, merupakan artikel kelima yang di-submit 

Menulis untuk Mengapresiasi Artis dan Tim Produksi Drama Korea Millennial of the Month Maret 2022 (dok.pribadi/Arsiaty Sumule)

Menulis artikel di IDN Times Community memang susah-susah gampang. Hal itu yang juga dirasakan Aty. Ia mengawali membuat artikel, saat ada kompetisi menulis tentang biodata dan profil artis Korea.

“Artikel pertama yang saya submit tentang biodata dan profil Ahn Hyo Seop. Seminggu berlalu, tapi masih dimoderasi. Lalu, artikel itu saya baca lagi dan saya bandingkan dengan panduan menulis,”

Aty pun mengevaluasi lagi artikel yang dibuatnya, serta membaca artikel writer IDN Times Community lain yang berhasil terbit. Bahkan di artikel ketiganya yang tentang berita Collin Powell yang tutup usia karena COVID-19, ia sempat diberikan banyak masukan oleh editor.

“Bersyukur sekali, karena saya jadi tahu kekurangan tulisan saya. Sempat mau menyerah, tapi keluarga bilang, belum juga apa-apa masak udah menyerah. Saya sampai searching di YouTube cara menulis kreatif, agar tulisan dilirik editor dan diterbitkan. Akhirnya, ketemu channel YouTube mbak Agustin Fatimah, salah satu editor IDN Times Community,”

Akhirnya, artikel kelimanya tentang 9 Fakta Jang Seon Yul, Putra Tunggal Cho Yeo Jeong di High Class, berhasil terbit.

2. Membuat target menulis dan artikel yang diterbitkan 

Menulis untuk Mengapresiasi Artis dan Tim Produksi Drama Korea Millennial of the Month Maret 2022 (dok.pribadi/Arsiaty Sumule)

Writer yang berprofesi sebagai apoteker ini, awal mulanya mengetahui IDN Times Community dari YouTube. Waktu itu, ada salah satu konten yang muncul di beranda YouTubenya, tentang creative writing yang menghasilkan uang tambahan.

“Karena penasaran, saya browsing tentang IDN Times Community. Saya cari tahu tentang IDN Times Community itu apa, tutorial membuat akun, bagaimana caranya bila ingin bergabung, topik apa saja yang boleh ditulis, bagaimana supaya tulisan bisa lolos moderasi, dan pengalaman-pengalaman community writer yang sudah bergabung.

Setelah sudah ada gambaran, pada 6 Oktober 2021 akhirnya Aty membuat akun di IDN Times Community. Dari awal ia sudah memantapkan untuk menulis artikel seputar dunia entertainment Korea, khususnya drama Korea.

“Untuk menjaga konsistensi menulis, saya menetapkan setidaknya minimal 10 artikel bisa berhasil terbit per bulan, di tengah-tengah padatnya pekerjaan. Pisau yang tajam bila lama tidak digunakan dan jarang diasah, bisa tumpul juga. Penulis yang punya kemampuan hebat sekalipun bila tidak menulis dan berlatih, kemampuannya bisa luntur juga,”

Tapi, kadang Aty juga sempat mengalami writer’s block. Nah, bila hal ini terjadi, ia beraktivitas saja seperti biasa, dan mencari hiburan, seperti nonton drama Korea.

Baca Juga: 5 Sumber Ide Menulis Tema Life di IDN Times Community, Coba Yuk!

3. Banyak hal menarik dari drama Korea untuk inspirasi membuat artikel 

Menulis untuk Mengapresiasi Artis dan Tim Produksi Drama Korea Millennial of the Month Maret 2022 (dok.pribadi/Arsiaty Sumule)

Writer yang hobi menulis sejak SMA ini, mengaku sering mendapat hal-hal menarik, seperti pesan hidup saat nonton drama Korea. Meski menurutnya kebanyakan drama itu bersifat fiksi, tapi pesan yang diberikan itu benar-benar relate. Contohnya, saat ia nonton drama Now, We Are Breaking Up (2021).

“Drama ini sifatnya romance. Tapi, ketika saya perhatikan lagi, sebenarnya ada pesan tentang persahabatan yang patut kita contoh. Ketika mendapat insight ini, langsung saja saya tuangkan ke board IDN Times, dan alhasil bisa terbitlah artikel mengenai pesan dari KDrama Now, We Are Breaking Up,”

Melalui artikel tersebut, Aty mau menunjukkan bahwa tak selamanya nonton itu berdampak buruk. Tergantung memandangnya dari sudut mana. Selain itu, ia juga mau mengapresiasi para artis dan tim produksi drama melalui artikel saya.

“Entah drama itu underrated atau rating-nya tinggi, mereka telah bekerja keras. Kerja keras mereka membuat saya terhibur, sehingga saya ingin berterima kasih dengan mengulas drama produksi mereka melalui artikel yang saya tulis,” 

4. Membuat artikel tentang inspirasi kehidupan dari drama Korea 

Menulis untuk Mengapresiasi Artis dan Tim Produksi Drama Korea Millennial of the Month Maret 2022 (dok.pribadi/Arsiaty Sumule)

Tidak hanya untuk kanal hype Korea, Aty juga kerap menerapkan inspirasi drama Korea ke dalam artikel life. Contohnya, saat ia melihat adanya isu tentang masyarakat yang kurang bijak memanfaatkan media sosial. Lalu ia menuangkan hasil pemikirannya ke dalam artikel, 9 Drama Korea Ini Ajarkan Cara Bijak Menggunakan Media Sosial.

“Saya juga melihat masih banyak orang yang krisis menghargai dirinya sendiri, atau low self-esteem. Padahal, penting banget agar punya self-esteem yang sehat. Sebab itu, saya pernah menulis dua artikel tentang self-esteem yang berjudul, 5 Pesan Tersirat tentang Self-Esteem di KDrama Shadow Beauty dan 9 Drama Korea Ini Ajarkan Cara Membangun Self-Esteem yang Sehat,”

Keren banget kan! Aty berhasil mengemas pesan tersirat dari drama Korea menjadi sebuah artikel inspirasi hidup. Berani coba buat juga gak nih?

5. IDN Times Community mengubah hidup

Menulis untuk Mengapresiasi Artis dan Tim Produksi Drama Korea Millennial of the Month Maret 2022 (dok.pribadi/Arsiaty Sumule)

Untuk aktivitas sehari-hari, Aty mengawali dengan doa pagi. Setelah itu, ia mulai memikirkan konsep pekerjaan dan topik menulis di hari itu. Bila mendapat ide, biasanya di sela-sela jam istirahat kantornya, Aty mencicil menuangkan ide di aplikasi IDN. Dan malamnya setelah pulang bekerja, dilanjutkan menulis di board website IDN Times.

“Jangan bosan belajar. Selama kita hidup, sudah seharusnya kita menjadi pembelajar seumur hidup. Belajar pun tak melulu di sekolah atau kampus. Banyak hal yang dapat menjadi sumber pembelajaran, bahkan dari drama atau film sekalipun bisa menginspirasi, lho,”

Selagi masih ada kesempatan, marilah kita menginspirasi dan memberikan positive vibes bagi masyarakat. Gak perlu muluk-muluk, dari tulisan saja seperti Arsiaty Sumule, bisa menginspirasi, lho!

Baca Juga: Berjiwa Melankolis Bikin Hidup Laurensius Aldiron Makin Manis

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya