Comscore Tracker

Berjiwa Melankolis Bikin Hidup Laurensius Aldiron Makin Manis

Diron, Millennial of the Month Januari 2022

Ketika orang suka sama kamu, kamu gak perlu banyak tingkah, cukup diam saja, dia akan tergila-gila sama kamu. Gak perlu mendikte orang bagaimana memperlakukan dirimu. Karena nikmat cinta yang paling besar ketika orang itu dengan inisiatifnya sendiri memujamu sebagai pasangannya."

Buat yang sering membaca artikel di kanal Life pasti gak asing dengan nama Laurensius Aldiron. Ya, laki-laki 24 tahun yang sering disapa Diron ini memang spesialisnya artikel-artikel dengan nuansa romantis dan slice of life. 

1. Bergabung sejak 2018, Diron ternyata gak langsung tancap gas menulis artikel

Berjiwa Melankolis Bikin Hidup Laurensius Aldiron Makin ManisMillennial of the Month Januari 2022, Laurensius Aldiron (dok. Pribadi/Laurensius Aldiron)

Berawal dari obrolannya bersama teman seputar cara mencari uang tambahan, ia diperkenalkan dengan IDN Times Community. Laki-laki asal Kediri yang waktu itu masih kuliah jurusan Arsitek di Unika Soegijapranata Semarang itu pun mulai melihat dan mempelajari bagaimana sistem kepenulisan di IDN Times Community.

Temannya bilang bahwa menulis di IDN Times Community bisa menjadi ladang uang tambahan, tapi artikel yang ditulis kadang susah terbitnya. Diron pun mengurungkan niatnya untuk menulis karena masih belum percaya diri dengan kemampuan menulisnya.

2. Kesadaran untuk membaca panduan menulis adalah hal yang sepele namun ternyata sangat penting

Berjiwa Melankolis Bikin Hidup Laurensius Aldiron Makin ManisMillennial of the Month Januari 2022, Laurensius Aldiron (dok. Pribadi/Laurensius Aldiron)

Lulus kuliah, Diron melanjutkan jenjang kariernya sebagai arsitek spesialis pemakaman di salah satu Memorial Park di Indonesia. Awalnya ia memantapkan diri untuk menulis karena merasa sungkan sebagai karyawan baru yang masih belum banyak pekerjaan dan tak ingin terlihat menganggur, ia pun menulis artikel di IDN Times Community agar terlihat sibuk dan tak terlalu bersantai di kantor baru. Tulisan pertamanya pun tak jauh-jauh dari dunia arsitektur dan di-submit pada tanggal 6 November 2019. Merasa ada yang janggal dari tulisannya, ia kembali memahami panduan menulis dan keesokan harinya ia tulis kembali artikel dengan cara dan ketentuan yang tepat, tak sampai seminggu artikelnya berhasil diterbitkan editor

Dari situlah Diron menganggap bahwa 7 November 2019 adalah hari jadinya sebagai penulis di IDN Times Community. Setiap tanggal 7 November di tiap tahunnya pasti akan ia rayakan dengan makan enak seperti halnya orang yang berulang tahun.

3. Meski kini sudah sibuk berkarier sebagai arsitek, Diron tetap bisa meluangkan waktu untuk menulis

Berjiwa Melankolis Bikin Hidup Laurensius Aldiron Makin ManisMillennial of the Month Januari 2022, Laurensius Aldiron (dok. Pribadi/Laurensius Aldiron)

Sehari-hari, Diron bangun pagi dan mengirim artikel yang sudah ia tulis pada malam sebelumnya. Setelah itu Diron berangkat ke kantor dan bekerja seperti bertemu dengan klien, presentasi gambar dan tak lupa mengecek pekerjaan ke makam. Sepulang kerja, ia mulai menulis artikel di kos untuk dikirim keesokan paginya.

Memiliki profesi sebagai penulis dan arsitek makam adalah impiannya sejak lama sehingga bisa menggeluti dua hal yang ia sukai dan juga menghasilkan cuan begitu membuat Diron sangat bersyukur terhadap hidupnya saat ini.

Jika dihitung dari awal mula ia menerbitkan artikel di IDN Times Community, total pundi rupiah yang sudah dihasilkan sudah lebih dari Rp20 juta. Poin tersebut biasanya ia ambil jika butuh uang jajan tambahan seperti membeli HP baru, Tablet dan bahkan membayar uang kos per bulannya. Ia sangat senang karena tak perlu bayar pakai gaji utama untuk bayar kos.

Baca Juga: Mau Nulis Artikel tentang Anime? Simak Inspirasi dari Trisna Yanti 

4. Ditolak editor pun sudah jadi makanan sehari-hari Diron, dan itulah yang membuat mentalnya semakin terlatih

Berjiwa Melankolis Bikin Hidup Laurensius Aldiron Makin ManisMillennial of the Month Januari 2022, Laurensius Aldiron (dok. Pribadi/Laurensius Aldiron)

Seiring berjalannya waktu ia menulis di IDN Times Community, banyak suka duka yang ia rasakan. Mulai dari perasaan galau karena dulu kadang artikel ditolak, pending lama dan direvisi. Diron pun pernah memutuskan untuk berhenti menulis sejenak karena merasa putus asa terhadap artikelnya yang tak kunjung terbit. Namun ia merasa sayang untuk menyerah karena sudah terlalu jauh masuk ke dunia tulis menulis dan ia juga sadar bahwa ia berangkat dari NOL dan tak punya kemampuan apa-apa selain tekad yang bulat.

Buatnya, editor-editor sangat pengertian dan paham bagaimana untuk mengasah kemampuannya dalam menulis. Diron bahkan pernah mendapat surat cinta secara pribadi oleh salah satu editor untuk meningkatkan kemampuan menulis dan bagaimana cara memilih diksi yang lebih ideal. Dari situ Diron sadar, bahwa editor sebenarnya bisa melihat adanya potensi dalam diri Diron dan ingin ia menjadi lebih baik lagi.

Berkat bantuan editor dan kegigihan Diron, ia pun berhasil mendapat gelar Best Writer 2020 dan MoM Januari 2022. Jika Diron saat itu memilih untuk menyerah, mungkin ia tak akan ada di titik ini sekarang.

Beruntung, keluarga Diron pun juga ikut mendukung penuh apa yang ia lakukan. Sang ibu selalu konsisten bertanya apakah ia sudah menulis atau adakah artikel yang terbit hari ini. Tak jarang ada orang yang mengiriminya DM untuk bertanya apakah ada artikel romansa dari Diron yang baru terbit dan bahkan ada yang request untuk membahas kasus-kasus asmara tertentu.

Inilah puncak kebahagiaan Diron, saat pembaca setianya suka terhadap tulisannya dan rajin berkomentar banyak terhadap artikelnya karena dianggap related terhadap apa yang terjadi dengan mereka.

5. Bagi Diron, menulis artikel romansa tak hanya untuk dibaca saja tapi juga bisa diterapkan ke diri sendiri

Berjiwa Melankolis Bikin Hidup Laurensius Aldiron Makin ManisMillennial of the Month Januari 2022, Laurensius Aldiron (dok. Pribadi/Laurensius Aldiron)

Menurutnya problem terbesar anak muda zaman sekarang adalah rasa insecure yang berlebihan. Terlalu cemas bisa sukses atau tidak, sedangkan di zaman media sosial ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk memamerkan apa yang mereka punya. Jadinya banyak anak muda yang sibuk ngejar pengakuan orang lain dibandingkan dengan menggali potensi sebenarnya yang ada dalam diri. 

Salah satu hal yang ia soroti adalah bagian dari asmara anak muda zaman sekarang sehingga menulis ini juga selain sebagai saran kampanye, sekaligus reminder buat dirinya sendiri mengenai konsep healthy dating karena banyak orang di luar sana yang meremehkan masalah cinta. Buktinya, banyak kasus asmara yang berujung tragis. itu membuktikan anak muda perlu pengetahuan yang cukup tentang bagaimana membina hubungan asmara yang sehat karena kehidupan asmara yang sehat itu juga bisa memengaruhi kehidupan yang lain. Coba, bisa gak kamu fokus kerja saat lagi diPHP gebetan atau lagi berantem sama pasangan? Jadi, cinta itu penting juga dalam kehidupan.

Banyaknya berita yang bisa diakses saat ini, bagi Diron cukup mudah untuk membedakannya. Ia gak pernah mau buka link berita yang dikirim lewat WhatsApp atau media sosial lainnya. Diron biasanya tunggu dari IDN Times atau platform lain yang terpercaya dan harus ia sendiri yang mencarinya jadi lebih bisa memilah dari mana ia ingin mempercayai sebuah berita.

Sampai saat ini, Diron mengaku cukup banyak pengalaman yang ia lalui dalam hidupnya. Hidup itu memang tidak mudah. Oleh karena itu, sebagai mansuia sebaiknya kita selalu mau belajar dan menengadahkan tangan kepada Tuhan apalagi kalau sampai ditinggal gebetan atau gagal membangun asmara. Menurut Diron, kita harus bisa menerima diri sendiri dulu. Kalau kita bisa cinta sama orang lain, cinta untuk diri sendiri itu harus jauh lebih besar supaya kita gak akan merasa berjuang sendiri.

Walau hidup tidak mudah, banyak anugerah setiap hari yang diperoleh. Menjadi salah satu community writer di IDN Times adalah bukti Tuhan masih sayang sama saya dengan menyadarkan ada talenta lain selain menggambar yang bisa menjadi cara penyaluran emosi negatif saya menjadi positif dan juga bisa sebagai sumber penghasilan kedua.

Baca Juga: Mengubah Hiburan Artis Jadi Tulisan Inspiratif ala Arya Sarimata 

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya