Comscore Tracker

10 Step-by-step Nulis Artikel di IDN Times Community

Biar pending-nya gak kelamaan, nih!

IDN Times Community yang resmi lahir pada 2017 lalu berkomitmen untuk mewadahi, menerbitkan, dan menginspirasi anak-anak Indonesia lewat karya tulis. Setiap hari, ada banyak sekali artikel yang diterima oleh IDN Times Community.

Barangkali di antara kamu ada yang sering merasa gelisah karena banyak artikel yang masih pending alias belum berhasil terbit di IDN Times. Sebenarnya, ada banyak faktor mengapa banyak artikel yang belum di-review oleh editor. Barangkali masih ada ketentuan penulisan artikel yang belum kamu terapkan dalam tulisan tersebut.

Nah, biar gak salah lagi dan artikelmu bisa segera terbit, simak, yuk step-by-step menulis artikel di IDN Times Community yang gak boleh terlewat satu pun!

1. Tulis judul yang menarik dan penulisannya sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia

Judul yang menarik itu seperti apa, sih?

  • Gak bertele-tele, langsung disampaikan isi pesan dari tulisanmu
  • Gunakan kata kunci yang jelas dari topik tulisan
  • Gunakan angka untuk menunjukkan jumlah listicle/pembahasan yang ada dalam tulisanmu

Selain judul yang ditulis harus menarik, lugas, dan gak kepanjangan, pastikan juga kamu menulisnya sudah sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia.

Ingat selalu, ya penulisan judul yang benar sesuai EBI adalah setiap huruf pertama di setiap kata WAJIB menggunakan huruf kapital. Kecuali untuk beberapa partikel berikut: atau, dan, dengan, ke, per, oleh, ala, buat, tetapi, setelah, tapi, untuk, bagi, dari, di, kepada, pun, sebelum, tentang, yang, daripada, karena, pada, sampai, tanpa.

2. Setelah judul, tulis inti pesan dari tulisanmu pada EXCERPT

Excerpt yang kolomnya berada di bawah kolom judul itu adalah satu kalimat yang isinya menunjukkan inti pesan dari tulisanmu. Biasanya, excerpt ini juga bisa difungsikan sebagai caption artikel ketika dipost di media sosial.

Makanya, excerpt yang kamu bikin juga harus menarik dan boleh kalau mau agak nyeleneh asalkan tetap sesuai konteksnya, ya!

3. Bentuk artikel berupa listicle dengan MINIMAL 5 SUBJUDUL pembahasan

Artikel di IDN Times semuanya menggunakan format LISTICLE (kecuali untuk Opini dan Fiksi). Maka, pastikan tulisanmu sudah sesuai formatnya. Setiap sub-judul LISTICLE harus diberi angka, ya!

Namun, ketahui juga bahwa jumlah LISTICLE atau poin pembahasan tulisannya ada ketentuannya. Jangan sampai salah, berikut ketentuan jumlah listicle dalam artikel:

  • Minimal tiga subjudul khusus untuk artikel News atau informasi breaking news. Pastikan setiap poin juga memuat informasi yang lengkap, tidak cuma foto dan subjudul.
  • Minimal lima subjudul khusus untuk artikel informatif lainnya, seperti rekomendasi wisata, rekomendasi kuliner, zodiak, kepribadian, tips, maupun fakta unik dari sebuah peristiwa.
  • Minimal sembilan subjudul khusus untuk artikel yang memuat kumpulan foto. Nah, untuk bagian ini, pastikan setiap subjudulnya jangan terlalu pendek, ya. Harus ada informasi menarik yang dicantumkan di dalamnya.

4. Setiap listicle harus ada GAMBAR di bawah sub judul

Kalau kamu membaca artikel di IDN Times, pola Listiclenya adalah sebagai berikut: SUB JUDUL-GAMBAR-NARASI PENJELAS

Jadi, jangan sampai terlewat untuk memberikan gambar di bawah sub judul sebelum narasi penjelasannya, ya!

5. Perhatikan ketentuan gambar dan penulisan sumber gambar

Salah satu komponen artikel di IDN Times Community yang seringkali keliru adalah kualitas gambar dan penulisan sumbernya. Sebagian besar gambar yang digunakan untuk artikel diambil dari website gambar atau media sosial. Nah, sayangnya banyak sekali yang salah dalam menuliskan sumbernya.

Ketentuan lengkapnya, baca artikel di bawah ini, ya!

Baca Juga: Tutorial Upload Gambar di Dashboard IDN Times Community

6. WAJIB cantumkan URL lengkap rujukan/sumber informasi

Apalagi buat artikel yang sifatnya eksplanatif seperti untuk kategori SCIENCE, HEALTH, SPORT, NEWS WORLD, WOMEN, ENTERTAINMENT, FUN FACT, FOOD, TRAVEL, BUSINESS.

Namun, sebaiknya jika kamu punya rujukan sumber informasi, cantumkan URL lengkapnya di dalam tulisan. Letakkan semua link tersebut di awal tulisan agar editor bisa segera membaca rujukan tersebut untuk mengecek kebenaran informasinya.

Informasi yang dirujuk MINIMAL WAJIB dari 2 sumber, baik itu buku maupun artikel. Tapi, tidak boleh menggunakan sumber informasi dari media Indonesia. Rujukan informasi harus dari sumber aslinya.

Contoh penulisan URL sumber informasinya seperti ini:

Sumber rujukan:

  1. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/depression/symptoms-causes/syc-20356007
  2. https://www.nhs.uk/conditions/clinical-depression/diagnosis/
  3. https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/mental-health/depression

Ketentuan penyebutan sumber dalam artikel

  1. Community writer wajib mencantumkan URL lengkap untuk cek fakta oleh editor.
  2. Penulisan sumber dalam artikel ditulis Dilansir Mashable ....
  3. Kalau dari media cetak, ditulis Dilansir Times edisi Januari 2020, Trump menuding lawannya bermain curang ….
  4. Sumber boleh dari riset, jurnal, buku, media sosial, radio, televisi, podcast. Sebaiknya, hindari sumber media online direct competitor.
  5. Sumber buku dan jurnal ditulis judul buku/jurnal dan nama penulisnya
  6. Sumber data atau artikel tidak boleh diambil dari laman (website), seperti wikipedia.com, imdb.com, kompasiana.com, kaskus.co.id, forum, dan laman lain yang bisa diedit. Informasi wajib merujuk situs resmi institusi atau yang sudah punya kredibilitas. Untuk sumber dari blog boleh digunakan, tetapi tetap harus diverifikasi.
  7. Penulisan sumber di dalam artikel dicetak miring. Contoh: Times, Soompi, Live Science, dll.

7. Ada paragraf PEMBUKA dan PENUTUP

Dua hal ini juga sangat penting dalam tulisan. Untuk paragraf pembuka, sebaiknya kamu gak menulis terlalu panjang. Cukup 2 paragraf dengan 2–3 kalimat saja setiap paragrafnya. Jangan cuma 1 paragraf, ya! Nanti artikelmu malah terkesan tidak menarik.

Kemudian, jangan lupa berikan paragraf penutup di akhir tulisan. Kalau ini boleh hanya menulis 1 paragraf dengan 2 kalimat saja. Bentuk paragraf penutup bisa menggunakan 3 cara berikut:

  • Kesimpulan:
    “Itulah 5 rekomendasi tempat menginap murah di kawasan Dago, Bandung untuk budget Rp100.000,-. Gak akan ragu lagi, deh kalau mau libur panjang di Kota Kembang ini!”
  • Punchline:
    “Kita gak selalu harus mengetahui semua hal karena bisa jadi hal itu malah membuat kita semakin menderita. Tetaplah semangat!”
  • Pertanyaan:
    “Film-film komedi di atas bisa kamu tonton mulai tahun 2020, lho. Film mana dulu, nih yang mau kamu tonton?”

8. Informasinya mendalam, jangan cuma menulis narasi dalam 2 kalimat

Semakin banyak informasi atau hal yang kamu bahas dalam tulisan listicle-mu, tulisan akan semakin menarik lho! Jadi, sebaiknya pada bagian paragraf narasinya kamu cuma menulis 1–2 kalimat.

Perdalam informasinya dari topik yang kamu tulis, apalagi jika artikelnya berkaitan tentang sains, kabar artis, kumpulan film, atau kesehatan. Kalau kamu hanya menulis dalam 1 kalimat pembaca justru merasa rugi membaca artikel tersebut. Bukankah kita menulis untuk memberikan inspirasi dan informasi penting bagi pembaca? Jadi, jangan ragu mengulas banyak hal dalam tulisanmu, ya!

9. Sebelum submit, baca lagi. Pastikan tulisan sudah rapi, gak ada typo, ejaan sudah benar

Jangan buru-buru klik tombol SUBMIT meski kamu sudah selesai menulis. Baca dulu sebentar tulisan tersebut. Cek lagi apakah masih ada typo alias salah ketik atau tidak, apakah ejaannya sudah sesuai dengan ketentuan penulisan Bahasa Indonesia, apakah penggunaan huruf cetak miring sudah benar, dll.

Semakin minim kesalahan ejaan dan penulisan dalam artikelmu, semakin cepat editor me-review-nya, artikelnya jadi lekas terbit, deh!

10. Kalau sudah mantap semua, siap deh di-submit ke editor

Oke, cek lagi tulisanmu dari nomor 1. Kalau semua sudah oke, tulisan siap dikirim ke editor. Kamu bisa pede, deh klik submit dan semoga tulisan yang sudah dikirim segera terbit!

Kalau masih bingung, baca lagi segala tutorial menulis IDN Times Community di COMMUNITY GUIDE pada Dashboard-mu. Selamat menulis!

Baca Juga: Artikel Listicle vs Narasi, Ini Lho Perbedaannya!

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Arifina Aswati
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya