Comscore Tracker

Mau Nulis Artikel tentang Anime? Simak Inspirasi dari Trisna Yanti 

Trisna Yanti, Millennial of the Month Desember 2021 

Saya harap siapa pun, mau masih muda ataupun yang sudah dewasa, dengan banyak-banyak membaca maka wawasan dan cara berpikirnya bisa lebih terbuka.

Berbekal kesukaannya pada anime dan kultur pop, Trisna Yanti menulis banyak artikel di IDN Times Community. Akhirnya, berkat usaha dan dedikasinya selama bertahun-tahun, pemilik nama lengkap Ni Luh Trisna Yanti tersebut berhasil menjadi penulis terbaik lewat anugerah Millennial of the Month periode Desember 2021.

Buat kamu yang penasaran bagaimana perjalanan Trisna dari awal menjadi commuter (community writer) hingga menjadi Millennial of the Month, simak perjalanan menulisnya berikut, yuk!

1. Trisna adalah mahasiswa yang hobi menulis 

Mau Nulis Artikel tentang Anime? Simak Inspirasi dari Trisna Yanti Trisna Yanti, Millennial of the Month Desember 2021 (dok. pribadi/Trisna Yanti)

Trisna adalah seorang mahasiswa semester lima jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali. Ia tinggal di Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali. Sama seperti kebanyakan mahasiswa lainnya, selama pandemik ini, ia menghabiskan waktunya untuk kuliah. Di luar waktu kuliah, ia membantu orangtuanya di toko sembari mengerjakan tugas kuliah.

Namun, yang membuat hari-hari Trisna istimewa adalah ia masih bisa menulis di IDN Times Community sembari menjalani hobinya menonton anime. Perjalanannya sebagai commuter begitu berkesan!

2. Awalnya coba-coba nulis blog, akhirnya Trisna menambatkan hatinya ke IDN Times Community 

Mau Nulis Artikel tentang Anime? Simak Inspirasi dari Trisna Yanti Trisna Yanti, Millennial of the Month Desember 2021 (dok. pribadi/Trisna Yanti)

Selain sibuk mengenyam pendidikan, Trisna mengaku ingin juga mendapatkan penghasilan. Lantas, hal yang terpikirkan olehnya adalah menulis. Itu karena menulis membuatnya merasa nyaman.

Awalnya, ia membuat blog, bahkan sampai dua kali. Namun, tak mudah untuk mengelola blog sendiri, apalagi dengan sistem monetisasinya. Karena merasa gak  cocok, akhirnya ia mencari media daring yang memberikan royalti pada penulisnya. Setelah menyurvei media-media yang ada, akhirnya ia menemukan IDN Times Community.

Di IDN Times, saya pikir rules-nya nyaman-nyaman aja. Jadi saya mulai coba nulis di platform ini. Saya masih ingat dulu awal-awal nulis tentang berita penayangan live action Tokyo Ghoul pas lagi di kelas dan situasi masih ulangan USBN ....

Baca Juga: Fina Efendi, Memulai Menulis untuk Mengapresiasi Sang Idola  

3. Artikel gak berhasil terbit? Trisna juga mengalami, lho! 

Mau Nulis Artikel tentang Anime? Simak Inspirasi dari Trisna Yanti Trisna Yanti, Millennial of the Month Desember 2021 (dok. pribadi/Trisna Yanti)

Artikel pertama yang berhasil terbit di IDN Times Community menjadi salah satu momen yang paling membahagiakan bagi commuters, tak terkecuali untuk Trisna. Tulisan pertamanya sendiri berjudul “Kenapa Buah Asal Jepang Lebih Mahal? Ini 7 Penjelasan Logisnya". Namun, itu hanya 1 dari 7 artikel yang ia kirimkan ke meja redaksi. Lalu, yang lain gimana?

Trisna sadar bahwa tidak semua artikel bisa lolos terbit di IDN Times Communty. Karena itu, ia lebih teliti untuk mempelajari Panduan Menulis IDN Times Community dan meriset setiap artikelnya lebih hati-hati. Tentu saja itu ia lakukan agar artikelnya bisa terbit semua. Ada momen, saat salah satu artikelnya berhasil terbit, ia  akan memuat ulang halaman terbitnya secara berkala hanya untuk melihat jumlah pembacanya bertambah. Ternyata, bahagia itu sederhana, ya! Trisna mengaku, sampai sekarang pun, sensasi saat artikel berhasil terbit itu sama memuaskannya seperti dulu.

4. Sebelum aktif menulis artikel anime, Trisna mencoba banyak topik di IDN Times Community 

Mau Nulis Artikel tentang Anime? Simak Inspirasi dari Trisna Yanti Trisna Yanti, Millennial of the Month Desember 2021 (dok. pribadi/Trisna Yanti)

Topik anime gak serta-merta muncul jadi tulisan utama Trisna. Awalnya, ia mencari kira-kira apa topik yang paling cocok dengannya. Ia sempat menulis topik Food, Science, dan Life. Namun, ternyata ia gak maksimal karena merasa kurang cocok. Karena ia suka dengan kultur pop Korea, ia mencoba menulis topik KPop dan KDrama. Selain topik Korea, ia pun beberapa kali menulis tentang anime. Ia mengaku menyukai anime sejak SMP. Uniknya, saat menulis anime, tulisannya susah terbit. Akhirnya, ia lebih fokus ke topik Korea dari 2019—2020.

Perjalanan menulis Trisna gak selalu mulus. Ia pun pernah sempat minder dengan tulisan commuters di topik yang sama. Bahkan, hal itu pun sempat membuatnya takut menulis.

Di awal tahun 2020, harus saya akui saya sedikit minder dengan community writer lainnya, khususnya yang menulis di kanal yang sama. Mereka artikelnya bagus-bagus dan saya sempat takut untuk nulis jadinya. Saat itu, pas juga saya lagi di masa sulit secara psikologis dan ditambah kesibukan kuliah jadi menulisnya jarang banget.

Lalu, pada Agustus 2021, Trisna pivot dari topik Korea ke Jepang, khususnya anime. Ia memutuskan untuk menulis yang ia suka saja, gak peduli pembacanya banyak atau sedikit. Untuk anime, ia paling suka membuat artikel rekomendasi, terutama jika ada anime yang ia suka. Dari yang awalnya karena ingin menambah uang jajan, sekarang, ia menulis karena memang ingin menyalurkan aspirasi dari apa yang ia suka.

5. Kenapa anime, sih? Selain menyuguhkan hiburan, ternyata anime juga memberi wawasan tentang sejarah dan kebudayaan Jepang, lho 

Mau Nulis Artikel tentang Anime? Simak Inspirasi dari Trisna Yanti Trisna Yanti, Millennial of the Month Desember 2021 (dok. pribadi/Trisna Yanti)

Kesukaan Trisna terhadap anime berawal dari bapaknya. Bapaknya sangat suka anime, terutama Gundam. Saat SMP, Trisna sering diajak bapaknya menonton, bahkan main game Gundam dan Yu-Gi-Oh! di konsol PlayStation. Selain itu, teman-teman sekolahnya pun banyak yang suka anime. Awalnya, ia memang sekadar nonton anime, baca manga, atau main game. Namun, setelah bertemu IDN Times Community, ia bisa menuangkan aspirasi, kritik, pendapatnya lewat artikel.

Trisna sadar ternyata banyak judul-judul anime yang bagus dan berpotensi untuk disukai milenial dan gen Z. Itu sebabnya, ia sering menulis artikel rekomendasi dan ulasan agar semakin banyak orang yang tahu dan mau menonton.

Tak hanya itu, ada banyak informasi menarik dari anime. Gak sekadar menghibur, Trisna menyadari bahwa pembuatan anime juga memiliki nilai historis dan kebudayaan Jepang. Karakter Sukuna dalam anime Jujutsu Kaisen, misalnya, ternyata memiliki mitologi Jepang yang menarik untuk diulik. Saat itu, ia membuat artikel tersebut agar bisa dibaca adiknya yang notabene suka sekali dengan karakter Sukuna berjudul "Raja Kutukan di Jujutsu Kaisen, Ini 5 Fakta Mitologi Ryomen Sukuna". Benar saja, sang adik semakin mengenal karakter tersebut setelah membaca artikel Trisna. Itu sebabnya, Trisna ingin memuaskan pembaca, seperti ia memuaskan adiknya.

Dari sepenggal cerita tersebut, tak heran jika para editor memberikan anugerah Millennial of the Month periode Desember 2021 pada Trisna. Trisna awalnya gak menyangka bisa menjadi Millennial of the Month mengingat ada ribuan penulis aktif di IDN Times Community setiap bulannya. Trisna mengaku bahwa ini semua berkat bimbingan dari para editor dan teman-teman commuter sehingga ia bisa mendapatkan penghargaan prestisius ini.

Baca Juga: Mengubah Hiburan Artis Jadi Tulisan Inspiratif ala Arya Sarimata 

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya