Comscore Tracker

6 Tanda Nyata Keluarga Menjadi Penyebab Stres yang Tak Kamu Sadari

Apakah kamu mengalaminya?

Harusnya keluarga adalah tempat kita kembali tanpa rasa takut dan pemberi dorongan saat kamu sedang terpuruk. Namun, bagaimana jika sebaliknya? Keluarga menjadi sumber stres utama yang membebani pikiranmu. Hal ini karena pandangan dan ekspektasi mereka terhadap dirimu yang sangat besar dan kamu merasa tak mampu memenuhinya.

Sebelum hubungan menjadi semakin memburuk, akan lebih baik jika kita mengetahui tanda-tanda stres yang diakibatkan oleh keluarga dan mencari solusi untuk memecahkannya.

Berikut 6 tanda nyata keluarga yang seharusnya menjadi sumber kekuatan malah berubah menjadi sumber stresmu.

1. Kamu sangat mudah bertengkar dengan anggota keluarga

6 Tanda Nyata Keluarga Menjadi Penyebab Stres yang Tak Kamu Sadaricm-life.com

Saat stres menumpuk, emosi yang kita rasakan akan menjadi dua kali lipat dari biasanya. Kamu akan menjadi cepat marah dan lebih mudah lepas kendali sehingga akhirnya memicu pertengkaran dengan keluargamu.

Jika kamu sangat mudah marah dan memicu pertengkaran, ini adalah saat yang tepat untuk mengambil satu langkah mundur dan mengevaluasi segalanya. Cobalah temukan apa yang membuatmu tidak senang dan stres, lalu bicarakan secara baik-baik dengan keluargamu tentang hal ini.

2. Kamu secara signifikan menjauh dari keluarga

6 Tanda Nyata Keluarga Menjadi Penyebab Stres yang Tak Kamu Sadaridenofgeek.com

Menjauh dari hal-hal yang tidak kita sukai merupakan pertahanan yang dibangun oleh diri sendiri. Dan kamu dapat mengetahui bahwa keluarga menjadi salah satu penyebab stresmu saat secara sadar maupun tidak, kamu mencoba menghindari mereka. Entah itu menghindari makan bersama, mengurung diri di kamar, dan yang lainnya.

Dalam beberapa situasi menjauhkan diri dari keluarga adalah cara untuk menyembuhkan diri. Namun hal ini menjadi berbahaya ketika secara signifikan kamu selalu menghindari pertemuan atau percakapan dengan anggota keluarga lainnya, karena ini dapat memperburuk atau bahkan memutuskan hubungan kekeluargaan kalian. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Taklukan Stres Akibat Keseharian yang Melelahkan

3. Kamu merasakan sakit secara fisik saat berada di sekitar mereka

6 Tanda Nyata Keluarga Menjadi Penyebab Stres yang Tak Kamu Sadarif1.media.brightcove.com

Apa yang kamu rasakan saat mendengar keluarga besarmu akan mengadakan makan malam bersama? Tidak senang, merasa mual, sakit kepala, dan rasa sesak tak nyaman di dada adalah tanda bahwa kamu stres dan takut berhadapan dengan keluargamu.

Ada banyak penyebabnya, mulai dari takut mendengar pertanyaan 'kenapa masih jomblo?', 'kenapa masih belum kerja?' dan pertanyaan kenapa lainnya. Atau merasakan perasaan diabaikan juga dapat menjadi penyebab kamu stres dan malas untuk berkumpul dengan keluargamu.

4. Kamu merasa 'tidak cukup baik' atau rendah diri saat berhadapan dengan keluargamu

6 Tanda Nyata Keluarga Menjadi Penyebab Stres yang Tak Kamu Sadariyoungwomenshealth.org

Keluarga selalu mengkritik caramu menjalani hidup? Atau perbandingan tiada akhir antara kamu dan saudara-saudaramu yang lain, hingga akhirnya kamu menjauh dengan perasaan tidak cukup baik dan rendah diri di dalam hatimu.

Dan ini sangat berbahaya bagi kesehatan mentalmu karena dapat menyebabkan depresi serius. Selalu ingat saat seseorang membandingkanmu dengan orang lain, itu adalah masalah mereka. Jangan biarkan perbandingan tersebut membuat dirimu terpuruk, ingatlah bahwa kamu akan mencapai banyak hal dengan kecepatanmu sendiri.

5. Pola makan dan tidur yang berubah

6 Tanda Nyata Keluarga Menjadi Penyebab Stres yang Tak Kamu Sadarifoodrepublic.com

Tanda ini akan terlihat sangat jelas terutama saat kamu tinggal serumah dengan keluargamu. Jika kamu merasa tertekan karena anggota keluarga, kamu mungkin akan sengaja mengubah waktu makan dan tidurmu untuk menghindari berinteraksi dengan mereka.

Selain itu perubahan pola makan dan tidur entah itu menjadi lebih banyak atau lebih sedikit merupakan tanda umum bahwa kamu sedang stres. Hal ini karena kamu sedang mencari pelampiasan lain untuk melepaskan stres yang kamu rasakan.

6. Mudah melihat keburukan atau kesalahan anggota keluarga yang lain

6 Tanda Nyata Keluarga Menjadi Penyebab Stres yang Tak Kamu Sadariaskaboutalcohol.ie

Jika kamu sangat mudah melihat keburukan atau kesalahan anggota keluargamu yang lain, ini bisa jadi pertanda bahwa mereka salah satu penyebab stres yang kamu rasakan. Hal ini karena saat stres kamu cenderung melihat segala hal dalam sisi yang negatif dan kamu mencoba mencari kesalahan-kesalahan orang tersebut untuk membuat dirimu merasa lebih baik.

Nah, itulah 6 tanda nyata keluarga menjadi penyebab stres yang tidak kamu sadari. Sebelum semuanya semakin memburuk, cobalah membicarakan masalah tersebut secara baik-baik dan cari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Baca Juga: 6 Pikiran Negatif yang Dapat Menghambat Kebahagiaan, Segera Kikis!

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya