Comscore Tracker

5 Program Pengembangan Diri Terbaik buat Milenial Agar Makin Gemilang

Jangan sia-siakan masa mudamu!

Kini banyak sekali program pengembangan diri di Tanah Air untuk membina anak muda supaya makin berkualitas. Program pengembangan diri ini beragam jenis, mulai dari pelatihan atau workshop, coaching pada ahlinya, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah 5 rekomendasi program pengembangan diri yang bisa kamu ikuti untuk dirimu yang lebih cemerlang di masa depan. Segera daftar, ya. Ingat, masa muda itu cuma sekali lho.

1. Indonesia Mengajar

5 Program Pengembangan Diri Terbaik buat Milenial Agar Makin Gemilangindonesiamengajar.org

Dicetuskan oleh Pak Anies Baswedan. Indonesia Mengajar hadir untuk memberikan pendidikan di berbagai penjuru Indonesia. Ya, salah satunya menjadi pengajar muda yang akan ditempat di berbagai pelosok selama satu tahun penuh. 

Peran pengajar muda ini yaitu sebagai guru atau pendamping penggerak pendidikan daerah. Kalau kamu tertarik ikut program ini, tentunya kamu harus diseleksi terlebih dahulu melalui beberapa tes seperti wawancara, psikotes, dan diskusi kelompok serta tes kesehatan.

2. Young Leaders for Indonesia (YLI)

5 Program Pengembangan Diri Terbaik buat Milenial Agar Makin Gemilanginstagram.com/youngleadersforindonesia

Di bawah naungan program kepemimpinan firma konsultasi manajemen top McKinsey & Co, YLI merupakan salah satu program pengembangan diri khusus anak muda yang terbilang cukup ketat persaingannya. Mengingat, YLI hanya memilih 60 peserta setiap batch-nya.

YLI sendiri adalah program pengembangan diri yang berfokus pada bidang kepemimpinan. Mulai dari keterampilan memimpin diri sendiri (lead self), memimpin orang lain (lead others), dan juga memimpin perubahan di bidang yang dikuasai (lead change). Yuk, segera ikutan!

3. Forum Indonesia Muda (FIM)

5 Program Pengembangan Diri Terbaik buat Milenial Agar Makin Gemilanginstagram.com/fimnews

Banyak diminati oleh millennials, setiap batch-nya sering kali diserbu hingga ribuan anak muda dari berbagai daerah. Sementara yang terpilih, cuma sekitar ratusan, lho. Seluruh alumni FIM sering kali disebut sebagai keluarga kunang-kunang yang memiliki makna tersendiri untuk Indonesia. 

Bertemu dengan pemuda-pemudi inspiratif dari berbagai daerah di Indonesia, tergabung dengan jaringan luas dan besar, mengikuti pelatihan kepemimpinan dan juga beberapa proyek nyata adalah beberapa keuntungan yang didapat dari program ini.

Baca Juga: 5 Cara Melatih Jiwa Kepemimpinan, Wajib Ditiru!

4. Youth of Indonesia (YOI)

5 Program Pengembangan Diri Terbaik buat Milenial Agar Makin Gemilanginstagram.com/youthofid

Dibentuk oleh selebriti kenamaan Tanah Air, Chelsea Islan dan beberapa rekannya mendirikan YOI. Sebenarnya, YOI ini adalah sebuah komunitas anak muda untuk saling berbagi semangat nasionalisme dan inspirasi untuk kemajuan bangsa. Namun, pada akhirnya komunitas ini, ternyata berinisiatif melahirkan berbagai program yang kemudian terlaksana dengan baik, seperti Debate Training & Workshop untuk mengajak pemuda-pemudi berpikir kritis terhadap isu-isu nasional, menelusuri kota Tua dengan sejarah dan budayanya, serta konferensi anak muda. Gimana, kamu masih ragu ikut YOI?

5. Y DREAM'S WAY (YDW)

5 Program Pengembangan Diri Terbaik buat Milenial Agar Makin Gemilangydreamsway.com

YDREAM'S WAY sebenarnya adalah sebuah perusahaan pengembangan diri yang mempunyai beberapa program berkualitas buat millennials. YDW sendiri dibangun oleh anak muda multitalenta asal Jogja, Yohana Viriana. Ia adalah lulusan sarjana kedokteran yang berprofesi sebagai CEO, penulis, pebisnis dan pelatih pengembangan diri. 

YDW memiliki program public speaking, program pelatihan jadi young entrepreneur dan juga program pelatihan menjadi seorang motivator atau influencer.

Meskipun berbayar, keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari program YDW selain ilmu dan skill, adalah gelar non akademik berdasarkan bidang yang kamu pilih hanya dalam jangka waktu singkat. Asyik, kan?

So, tunggu apa lagi? Shine bright and find your purpose!

Baca Juga: 5 Quotes Bijak Theodore Roosevelt Tentang Kepemimpinan

Iffah Zehra Photo Community Writer Iffah Zehra

Creative Writer. Novelist. A Student. IG: @iffahzehra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You