5 Kiat Bijak Hadapi Pengendara yang Sering Klakson di Belakang

Jangan terbawa emosi ya?

Di jalan raya saat berkendara, kamu pasti sering menemukan pengendara yang terkadang bertingkah tak sesuai aturan, salah satunya mengenai penggunaan klakson. Saat sedang macet atau lampu merah, akan selalu saja ada pengendara yang membunyikan klakson keras-keras dengan tekanan berulang. Jika tidak pandai-pandai menahan emosi, bunyi klakson bisa saja menjadi penyebab utama perselisihan berkelanjutan banyak pengendara di jalan raya.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, berikut ini beberapa kiat bijak cara menghadapi pengendara yang tak menggunakan klakson dengan baik dan benar.

1. Agar tidak memperkeruh suasana, jangan ikut membunyikan klakson balik

5 Kiat Bijak Hadapi Pengendara yang Sering Klakson di Belakangmedium.com

Saat kamu mendengar bunyi klakson yang memekik telinga di belakang, jangan memperkeruh suasana dengan membunyikan klakson balik. Apalagi saat suasana sedang macet, panas, berisik, orang bisa dengan mudah tersulut emosi hanya karena masalah sepele. Jadi, membunyikan klakson balik hampir sama suasananya dengan membangunkan harimau tidur.

2. Beri isyarat dengan menyalakan lampu sein kiri atau kanan

5 Kiat Bijak Hadapi Pengendara yang Sering Klakson di Belakangabc.net.au

Saat merasa ada sedikit jalan di samping, segera beri isyarat kepada pengendara di belakang dengan menyalakan lampu dim ke kiri atau kanan. Pengendara yang membunyikan klakson biasanya akan mengambil kesempatan jalan lowong tersebut dengan menikung cepat. Dengan isyarat lampu dim, kendaraan kamu dan kendaraan di belakang tak akan saling berebut menempati sisi samping yang sedang kosong.

3. Berikan senyuman seramah mungkin

5 Kiat Bijak Hadapi Pengendara yang Sering Klakson di Belakangwebidoncars.com

Karena rata-rata orang yang membunyikan klakson karena emosi yang tertahan, kamu jangan menambah kekesalan dengan memberikan wajah ketus ya? Saat kamu melihat wajah penuh emosi di belakang, segera ademkan dengan memasang senyum seramah mungkin. Ibarat api yang berkecamuk, kamu menyiraminya dengan air teduh yang menyejukkan. Percayalah, senyum paling sederhana yang kamu lakukan akan membuat orang yang melihatnya merasa dihargai.

Baca Juga: 7 Fakta Transformasi Lampu Lalu Lintas yang Bantu Pengguna Jalan

4. Alihkan pikiran dari suara-suara klakson yang mengganggu

5 Kiat Bijak Hadapi Pengendara yang Sering Klakson di BelakangPixabay.com/Pexels

Daripada terganggu dengan suara klakson yang membuat gendang telinga berdengung, lebih baik alihkan pikiran dengan konsentrasi ke hal-hal lain. Kamu bisa mengalihkan pikiran dan pandangan ke hal-hal menyenangkan di depan, di samping, atau di atas langit. Kamu bisa menyaksikan langit biru yang indah dengan awannya yang putih, pepohonan di samping jalan, para pedagang, atau bahkan bangunan-bangunan tinggi di sisi jalan.

5. Jauhkan jangkauan kendaraan dari si pembunyi klakson

5 Kiat Bijak Hadapi Pengendara yang Sering Klakson di BelakangPixabay.com/cocoparisienne

Jika malas memberikan senyum karena sedang gak mood, sebaiknya usahakan jauhkan kendaraan dari jangkauan kendaraan di belakang. Daripada gondok memendam kekesalan tak tahan suara klakson yang mengganggu, sebaiknya hindari agar kamu tidak ikut-ikutan emosi. Menghindari diri dari sumber keburukan tentu saja akan menjauhkanmu dari masalah berkepanjangan.

Hati yang terjaga akan membuat konsentrasi berkendaramu semakin terfokus sehingga keselamatan berkendara bisa tetap aman.

Baca Juga: 7 Fakta Transformasi Lampu Lalu Lintas yang Bantu Pengguna Jalan

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You