Comscore Tracker

6 Alasan Kamu Harus Pakai Nama & Foto Asli di Akun Media Sosial

Kamu begitu juga kan?

Di era digital seperti sekarang ini, hampir bisa dipastikan setiap orang memiliki setidaknya satu akun media sosial di beberapa platform berbeda. Facebook, WhatsApp, Twitter, dan Instagram merupakan beberapa platform media sosial yang sedang digemari masyarakat saat ini. Di dalamnya, kamu akan menemukan banyak sekali akun-akun media sosial dari yang asli hingga akun palsu.

Meski ada banyak sekali fake account di media sosial, berikut ini beberapa alasan kamu harus menggunakan nama dan foto profil asli di akun medsos kamu;

1. Nama asli adalah doa dan pemberian suci dari orang tua

6 Alasan Kamu Harus Pakai Nama & Foto Asli di Akun Media SosialPixabay.com/rbalouria

Sudah pasti, orang tua memberikanmu nama dengan makna sesuai dengan harapan dan doa mereka ketika kamu besar. Sayang sekali jika nama yang sudah susah payah dipilihkan oleh orangtua diganti dengan nama lain yang sama sekali tak memiliki makna. Menggunakan nama asli daripada nama samaran akan membuatmu merasa doa orangtua bisa menjadi kenyataan.

2. Kamu bertanggung jawab dengan komentarmu sendiri di postingan orang lain

6 Alasan Kamu Harus Pakai Nama & Foto Asli di Akun Media SosialPixabay.com/StartupStockPhotos

Ketika ada banyak akun palsu di media sosial yang menebar hoax dan kebencian, maka kamu sudah cukup merasa aman dengan menggunakan nama asli. Saat memberikan komentar atau memosting sesuatu, kamu sudah bisa mempertanggungjawabkan apa yang kamu tuliskan di media sosial.

3. Potensi bertemu dengan kawan masa kecil yang terpisah lama bisa terbuka lebar

6 Alasan Kamu Harus Pakai Nama & Foto Asli di Akun Media SosialPixabay.com/natureaddict

Semua orang sudah merasakan salah satu manfaat media sosial yang bisa mempertemukan kawan lama yang sudah lama tak bersua. Dengan mengetikkan nama asli di kolom pencarian, maka orang bisa dengan mudah menemukan kamu dari foto aslinya. Jika nama kamu masih samar dengan foto profil yang tidak jelas, siapa yang akan mengenalmu nanti?

Baca Juga: Pengaruh Media Sosial Terhadap Pilihan Millennial di Pilpres 2019

4. Kamu harus bangga dengan nama dan wajahmu sendiri

6 Alasan Kamu Harus Pakai Nama & Foto Asli di Akun Media SosialPixabay.com/Concord90

Setidakrupawan apapun nama dan wajahmu, kamu harus bangga dengan pemberian fisik dari Yang Maha Kuasa. Rasa bangga yang dilandasi kesyukuran tentu saja akan membuat hidupmu terasa nyaman dan membahagiakan. Mensyukuri apa yang kamu miliki jauh lebih baik daripada membandingkan fisik diri sendiri dengan orang lain.

5. Orang tidak akan takut berkenalan denganmu

6 Alasan Kamu Harus Pakai Nama & Foto Asli di Akun Media Sosialauthorlove.com

Kebanyakan orang biasanya akan waspada dengan akun-akun palsu di media sosial untuk menghindari kejahatan. Meski tidak selalu, akun tak jelas biasanya akan membuat orang merasa takut untuk menjalin pertemanan sosial di media maya. Dengan memakai nama dan foto asli, orang tidak akan lagi takut berkenalan denganmu.

6. Kamu tidak akan dicap sebagai ‘remaja alay’

6 Alasan Kamu Harus Pakai Nama & Foto Asli di Akun Media SosialPixabay.com/StockSnap

Kebanyakan orang alay biasanya selalu menggunakan nama ‘unik’ selain namanya sendiri. Unik, karena biasanya nama akun mereka mencerminkan kepribadian mereka sendiri; akoh yang tersakiti, ahmad yang menderita, pria kesepian, dan nama-nama unik lainnya. Dengan menggunakan nama asli, kamu tentu saja tidak akan dicap sebagai remaja alay oleh orang-orang di sekitarmu.

Sah-sah saja sih menggunakan nama dan foto profil yang berbeda dengan identitas asli kamu, namun kamu harus bisa bertanggung jawab dengan apa yang kamu posting. Yuk, tetap bijak dalam menggunakan media sosial!

Baca Juga: 5 Sikap Calon Kekasih di Media Sosial yang Perlu Kamu Waspadai

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You