Comscore Tracker

Anti Gabut, Ini 5 Cara Bermanfaat Mengisi Hari Libur Saat Puasa

#RamadanMasaKini Biar gak tidur terus

Hari libur di bulan puasa biasanya dijadikan beberapa pegawai untuk istirahat melepaskan penat. Meski diisi dengan tidur sepuas-sepuasnya, ada saat dimana mereka akan merasa bosan dengan aktivitas yang monoton. Terutama bagi yang kurang suka berdiam diri, libur tanpa melakukan sesuatu hanya akan mereka merasa ‘gabut’.

Beberapa kegiatan sederhana ini mungkin bisa kamu jadikan pilihan untuk mengenyahkan gabut saat libur kerja di bulan puasa.

1. Lakukan semua pekerjaan rumah tangga sendiri

Anti Gabut, Ini 5 Cara Bermanfaat Mengisi Hari Libur Saat PuasaPixabay.com/MamaShaw

Saat libur kerja, jangan gunakan waktumu hanya untuk tidur dari pagi hingga sore. Coba sekali-kali lakukan semua pekerjaan rumah yang biasa dilakukan ibumu setiap hari. Selain membereskan kamar pribadi, coba kerjakan juga pekerjaan-pekerjaan lain seperti mencuci baju, menyapu dan mengepel lantai, membersihkan kaca, membereskan ruang tamu dan sebagainya.

Kamu akan tahu bagaimana repotnya ibu saat mengurusi masalah pekerjaan rumah tangga non-stop setiap hari. Kamu baru sehari saja sudah ngos-ngosan, gimana dengan ibumu yang setiap hari melakukannya tanpa keluhan?

2. Silaturahmi dengan kerabat dan sahabat yang jarang ditemui di hari-hari kerja

Anti Gabut, Ini 5 Cara Bermanfaat Mengisi Hari Libur Saat PuasaPixabay.com/inkapinka

Karena di hari-hari kerja kamu biasanya menghabiskan sebagian besar hidupmu di kantor, maka pada saat libur sambangi kerabat dan sahabat di sekitar tempat tinggalmu. Jalin silaturahmi dengan mereka agar hubunganmu tetap baik meski jarang bertemu.

Kamu akan terkejut melihat perubahan orang-orang di sekitarmu karena tahu-tahu mereka sudah punya anak atau perubahan-perubahan drastis lainnya.

Baca Juga: 7 Tips Menahan Amarah Saat Puasa, Sabar ya!

3. Coba bikin usaha takjil dan makanan berbuka puasa

Anti Gabut, Ini 5 Cara Bermanfaat Mengisi Hari Libur Saat PuasaPixabay.com/089photoshootings

Jika kamu memiliki keahlian membuat makanan tertentu, tak ada salahnya juga menggunakan hari libur kerja dengan membuat usaha. Karena setiap orang membutuhkan menu buka puasa, maka usaha takjil dan makanan berbuka puasa sudah pasti akan laku keras diserbu pembeli. Kan lumayan menggunakan hari libur dengan mencari usaha sampingan biar bisa ngasih tambahan angpao buat keponakan-keponakan.

4. Coba juga jadi marbot sehari

Anti Gabut, Ini 5 Cara Bermanfaat Mengisi Hari Libur Saat Puasamangroveservices.net

Jika tak ada kegiatan lain selain tidur, coba sekali-kali menjadi marbot sehari di masjid di lingkungan tempat tinggal. Coba rasakan betapa menjadi seorang penjaga dan pembersih masjid memiliki tanggung jawab yang cukup melelahkan. Dari mulai membersihkan masjid, membereskan karpet, mengecek air, menjaga kebersihan sekitar masjid, hingga adzan saat waktu salat tiba.

5. Sekali-kali ajak ibumu refreshing belanja dan buka puasa di mall

Anti Gabut, Ini 5 Cara Bermanfaat Mengisi Hari Libur Saat Puasamitofago.com.mx

Nah, ini nih kegiatan anti gabut yang paling bermanfaat saat kamu masuk hari libur di bulan puasa. Karena kamu tahu pekerjaan ibu bertumpuk-tumpuk di rumah, coba sekali-kali ajak ibumu refreshing di mall atau tempat keramaian lain. Biarkan ibumu memilih keperluan Lebaran dan berikan waktu ibumu untuk menikmati sehari saja tanpa bergelut dengan urusan rumah tangga.

Kamu juga bisa ajak ibumu buka puasa di mall tanpa perlu membuatnya harus repot-repot memasak di dapur yang menguras tenaga.

Jadi, jangan biarkan waktu terbuang percuma tanpa melakukan aktivitas ya! Hilangkan gabutmu dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat yang bisa bikin hidupmu lebih berguna.

 

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You