Comscore Tracker

Gagal Ikut Tes CPNS Karena Usia? Ini 6 Hal Positif yang Bisa Dipetik

#GoodLife Kerja bukan hanya jadi PNS saja kan?

Beberapa hari belakangan, masyarakat tengah dihebohkan dengan informasi penerimaan CPNS di berbagai instansi seluruh Indonesia. Bagi sebagian besar orang, menjadi PNS adalah dambaan dan impian yang harus segera ditunaikan. Ada banyak kebanggaan dan keuntungan ketika seseorang bisa berhasil masuk menjadi seorang abdi negara dengan memiliki NIP CPNS-nya.

Sayangnya, untuk menjadi seorang CPNS, ada beberapa syarat mutlak dan utama yang harus diperhatikan, salah satunya adalah masalah usia. Bagi masyarakat yang sudah berusia 35 tahun ke atas, sudah tertutup pintu untuk masuk menjadi seorang CPNS. Tapi tak perlu bersedih, meski tidak bisa ikut dalam euforia tes CPNS, ada beberapa hal positif yang bisa kamu petik karena sarat akan pesan moral, di antaranya adalah:

1. Pekerjaan mapan bukan hanya menjadi PNS

Gagal Ikut Tes CPNS Karena Usia? Ini 6 Hal Positif yang Bisa DipetikPixabay.com/lukasbieri

Sobat, pekerjaan paling mapan di dunia bukan hanya menjadi seorang PNS. Ada banyak jutaan pekerjaan yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Jika pintu rezeki satu sudah tertutup, maka akan selalu ada jalan dari pintu rezeki lain yang terbuka luas. Jangan memelihara sifat iri jika teman-teman kamu mengenakan seragam PNS, sementara kamu hanya mengenakan kemeja putih dan bawahan hitam ala sales dengan map bertumpuk di dalam tas. Seragam kebesaran tidak selalu berbanding lurus dengan kesejahteraan dan kebahagiaan.

2. Cari pekerjaan yang tidak membatasi usia sebagai syarat utama

Gagal Ikut Tes CPNS Karena Usia? Ini 6 Hal Positif yang Bisa DipetikPixabay.com/Free-Photos

Bukan hanya dalam rekrutmen CPNS saja masalah usia di tentukan, di beberapa perusahaan besar pun syarat masuk utama tentu saja berkaitan dengan usia. Kebanyakan mencari fresh graduate, beberapa perusahaan memang akan merekrut tenaga-tenaga kerja yang berusia muda karena dianggap masih memiliki ‘kecakapan’ yang lebih fresh dari usia di atas 30an. Di era digital seperti sekarang ini, masih banyak jenis pekerjaan yang tidak menyaratkan usia sebagai patokan utamanya, salah satunya sebagai freelancer. Jadi, jangan terpaku dengan usia, karena usia hanya masalah angka yang tidak ada kaitannya dengan mudah atau sulitnya mencari pekerjaan. Asalkan ada niat dan usaha, pintu rezeki akan selalu terbuka.

3. Bisa beralih menjadi pengusaha

Gagal Ikut Tes CPNS Karena Usia? Ini 6 Hal Positif yang Bisa DipetikPixabay.com/Free-Photos

Gagal mengikuti seleksi CPNS bisa juga banting stir menjadi seorang pengusaha. Jika menjadi PNS kamu memiliki bos atau atasan, maka ketika jadi pengusaha kamulah yang akan menjadi bos-nya. Jika ditekuni dengan benar, usaha yang dirintis sudah pasti akan mendatangkan rizki melimpah yang bisa saja mengungguli pendapatan bulanan seorang PNS. Ada banyak kisah-kisah sukses para pengusaha yang berhasil menggapai impiannya di masa depan. Jika mereka bisa, mengapa kamu tidak?

Baca Juga: Sebelum Daftar CPNS 2018, 4 Hal Ini Wajib Kamu Tahu

4. Ada puluhan ribu manusia yang bernasib sama denganmu

Gagal Ikut Tes CPNS Karena Usia? Ini 6 Hal Positif yang Bisa DipetikPixabay.com/Free-Photos

Ingat, yang berminat menjadi PNS itu bukan kamu tok satu-satunya. Bukan hanya di daerah tempat kamu tinggal, di seluruh tempat di nusantara pun memiliki keinginan yang sama besarnya denganmu. Mereka berebut demi mendapat satu tempat dari puluhan bahkan ratusan ribu pelamar yang bersaing dalam satu waktu. Saat mereka gagal, mereka berusaha mencari pelbagai jenis pekerjaan atau usaha lain dengan penuh semangat. Kamu pun bisa melakukan hal serupa dengan kreativitas yang kamu bisa dan tentu saja sesuai dengan passion kamu.

5. Tetap berfikiran positif dan anti drama

Gagal Ikut Tes CPNS Karena Usia? Ini 6 Hal Positif yang Bisa DipetikPixabay.com/JESHOOTScom

Jika kamu termasuk orang yang baper dan sering mendramatisasi keadaan, maka segera ubahlah karakter kamu. Saat gagal menjadi PNS (bahkan di tahap pendaftaran), kamu tidak usah bersedih atau meratapi nasib secara terus-menerus, menangis tanpa henti, seolah hidup tak berarti lagi. Hey, lekas bangun dan mulai bangkit dari keterpurukan. Berfikiran positif dan jangan jadi seorang drama king atau drama queen yang melihat segala sesuatu dari segi negatif. Kamu hidup di dunia nyata, jadi jangan berharap ikut-ikutan dengan kisah-kisah dalam drama-drama yang bisa menghalangi kesuksesan kamu di masa depan.

Kawan, tidak menjadi PNS bukan berarti dunia kiamat kan? Rahmat Tuhan itu tiada terbatas, luas, dan maha kaya. Siapa tahu ketika kamu gagal menjadi PNS, kamu bisa mendapat pekerjaan yang lebih bagus dan lebih mendatangkan kebahagiaan hakiki dalam hidup.

Baca Juga: 9 Bocoran Persiapan CPNS dari Mantan Peserta yang Sukses Jadi PNS

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 23:30:04

Progress: 758.462 dari 813.350 TPS (93.25161%)

Just For You