Comscore Tracker

Jangan Keki, Ini 6 Hal Positif Saat Postingan Sosmedmu Minim ‘Like’

Apa sih arti sebuah ‘jempol’?

Bagi sebagian besar orang, tingkat jumlah ‘gambar jempol’ tinggi di postingan medsos berbanding lurus dengan tingkat kebanggaannya. Saat seseorang mengunggah postingan di akun media sosial mereka, tak ada yang lebih membahagiakan selain melihat jumlah ‘like’ yang didapat. Meski tidak semua, jumlah ‘like’ secara psikologis membuat pelakunya merasa sedang terbang ke angkasa. Namun, saat postingan mereka minim like, mereka biasanya akan merasa bahwa keberadaan mereka sama sekali tidak diperhatikan.

Jangan berpikiran negatif dulu ya, berikut ini merupakan hal baik saat postingan kamu di media sosial tak mendapat respon dengan jumlah ‘like’ yang bisa dihitung dengan jari atau bahkan kosong.

1. Menyadari bahwa kamu bukan pesohor atau seleb

Jangan Keki, Ini 6 Hal Positif Saat Postingan Sosmedmu Minim ‘Like’Instagram.com/baimwong

Sadari ya, kamu bukan seleb atau pesohor yang setiap postingannya diserbu ‘jempol-jempol’ hingga ratusan ribu bahkan jutaan. Ingat, kamu orang biasa yang meskipun postingan kamu menggelegar ala motivator ternama tak akan berpengaruh besar dengan jumlah like-nya. Postingan sederhana dari pesohor memang biasanya akan jauh lebih tinggi dari postingan hebat orang biasa yang sudah dipikirkannya selama berhari-hari.

2. Tetap sebarkan informasi positif dan kebaikan

Jangan Keki, Ini 6 Hal Positif Saat Postingan Sosmedmu Minim ‘Like’Pixabay.com/TheHilaryClark

Jumlah like yang sedikit bukan menjadi alasan bagi kamu untuk berhenti membagi informasi dan kebaikan di media sosial ya? Di luar sana, ada jutaan manusia yang bisa jadi terinspirasi dengan postinganmu meski tidak ada boom like. Tak akan rugi orang-orang yang membagikan informasi bermanfaat meski jumlah like minim seminim-minimnya.

3. Minim ‘like’ bukan berarti tidak ada orang yang baca, lho!

Jangan Keki, Ini 6 Hal Positif Saat Postingan Sosmedmu Minim ‘Like’Pixabay.com/natureaddict

Jangan salah ya, jumlah like yang sedikit bukan berarti gak ada yang baca postinganmu, lho. Kebanyakan orang biasanya akan membaca postingan orang meski tidak serta merta memberikannya like. Ada orang-orang yang biasanya membaca postingan orang namun tidak mau meninggalkan jejak digital dengan memberikan like pada postingan yang sudah dibacanya.

Baca Juga: Ada 5 Tipe Pengguna Instagram, Kamu Termasuk yang Mana?

4. Jumlah ‘like’ tidak akan bikin kamu kaya

Jangan Keki, Ini 6 Hal Positif Saat Postingan Sosmedmu Minim ‘Like’Pixabay.com/StartupStockPhotos

Jika kamu orang biasa, like sama sekali tak menguntungkan dari segi finansial. Sebanyak apapun jumlah like pada postinganmu, tak akan berpengaruh besar dalam kehidupan ekonomi kamu selain kepuasan sesaat. Daripada mengharap banyak like dari orang asing di media sosial, mendingan berkarya di media daring dengan menjadi (salah satunya) penulis artikel. Sudah mendapat banyak ilmu, berbagi informasi, dapat uang lagi, siapa yang tidak tertarik?

5. Kepuasan seperti apa sih yang kamu dapat saat mengharap banyak ‘like’?

Jangan Keki, Ini 6 Hal Positif Saat Postingan Sosmedmu Minim ‘Like’Pixabay.com/natureaddict

Bagi sebagian orang, like tak berpengaruh apa-apa pada kepuasan pribadi. Namun, bagi sebagiannya lagi, jumlah ‘like’ berpengaruh dengan tingkat kepuasan mereka karena merasa diperhatikan orang banyak. Meski puas, kebanyakan dari mereka biasanya akan mengalami kepuasan sementara dan akan kembali terpuruk ketika postingan mereka jumlah like-nya menurun drastis. Jadi, kepuasan seperti apa sih yang kamu dapat dari banyaknya like?

6. Kamu semakin faham bahwa tidak semua hal harus disebar di sosial media

Jangan Keki, Ini 6 Hal Positif Saat Postingan Sosmedmu Minim ‘Like’Pixabay.com/StockSnap

Boleh sih memosting informasi, berbagi foto dan video, menulis status suasana hati, dan sebagainya karena memang media sosial memang tempat berbagi hal apapun. Namun, hal-hal sifatnya pribadi dan berbau hal sensitif sebaiknya tidak diumbar di media sosial. Jangan karena mengejar banyak ‘like’, seluruh postingan di media sosial melulu mengenai hal-hal pribadi yang tak layak diumbar di hadapan publik.

Ingat ya, jumlah ‘like’ bukan menjadi ukuran mereka diterima atau tidak dalam lingkungan pertemanan media sosial. Selama niat kamu baik untuk berbagi informasi dan kebaikan, jangan lelah membuat postingan meski tanpa adanya ‘like’ sekalipun!

Baca Juga: 10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamu

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You