Comscore Tracker

5 Hal Baik Ini Bisa Didapat Saat Tak Ada Acara Bukber Tahun Ini!

Gak bukber tetap puasa, kan? #RamadandiRumah

Jika pada tahun-tahun sebelumnya banyak orang sibuk merencanakan acara bukber, tahun ini sepertinya momen tersebut tak bisa dilakukan lagi. Anjuran pemerintah demi mengurangi penyebaran pandemik virus corona dengan menghindari keramaian tentu saja wajib dilaksanakan, termasuk tak mengadakan acara bukber.

Namun, meski tak ada acara bukber bareng rekan-rekan sejawat atau alumni, setidaknya ada beberapa hal positif yang bisa kamu petik seperti hal-hal berikut ini.

1. Silaturahmi tetap terjaga dengan baik

5 Hal Baik Ini Bisa Didapat Saat Tak Ada Acara Bukber Tahun Ini!Pixabay.com/GustavoWandalen

Inti acara bukber adalah silaturahmi yang dibarengi dengan buka puasa bareng. Meski tak buka puasa bareng, kamu tetap bisa menjalin silaturahmi dengan banyak cara dan kegiatan. Tak harus bertemu langsung, kamu bisa bersilaturahmi dengan rekan-rekan melalui obrolan grup, video call, atau hal-hal lain yang bisa dilakukan di rumah.

2. Saling menjaga kesehatan bersama

5 Hal Baik Ini Bisa Didapat Saat Tak Ada Acara Bukber Tahun Ini!Pixabay.com/MaggiePoo

Tak hanya menjaga kesehatan diri, kamu juga secara tak langsung bisa menjaga kesehatan bersama ketika tak mengadakan acara bukber. Karena virus bisa cepat menyebar ketika dalam suasana ramai, kamu bisa mengurangi potensi penyebarannya dengan tidak membuat acara bukber.

Jika pun memang harus bukber, cukup lakukan di rumah dengan jumlah anggota yang tidak terlalu banyak.

Baca Juga: Beda Agama, 9 Momen Adem Penuh Toleransi Bukber Keluarga Shandy Aulia

3. Bisa menghemat pengeluaran

5 Hal Baik Ini Bisa Didapat Saat Tak Ada Acara Bukber Tahun Ini!Pixabay.com/stevepb

Oh, sudah pasti, tak mengadakan acara bukber artinya kamu bisa menjaga pengeluaran agar tetap hemat. Meski tak seberapa, acara bukber jika dilakukan sering-sering tentu saja akan membuat gaji bulanan terkuras habis.

Karena tak ada pengeluaran tambahan, kamu bisa menggunakan uang lebih tersebut untuk ditabung atau keperluan yang lebih mendesak lainnya.

4. Ibadah yang tetap terjaga

5 Hal Baik Ini Bisa Didapat Saat Tak Ada Acara Bukber Tahun Ini!Pixabay.com/rudolf_langer

Godaan terbesar buka bersama memang biasanya selalu mengenai malas melakukan ibadah. Terbatasnya waktu dan tempat saat bukber menjadikan banyak orang menunda-nunda ibadah meski sejatinya hal tersebut wajib dilakukan.

Kamu juga bisa punya lebih banyak waktu untuk berintrospeksi diri dengan memaksimalkan ibadah sebanyak-banyaknya.

5. Kebersamaan bersama keluarga bisa semakin erat

5 Hal Baik Ini Bisa Didapat Saat Tak Ada Acara Bukber Tahun Ini!Pixabay.com/272447

Tanpa bukber di luar, kegiatan ibadah dan buka puasa kamu bisa tetap berarti meski dilakukan di dalam rumah. Justru, buka puasa di rumah bersama keluarga bisa memberikan kesan mendalam dan tak terlupakan bagi seluruh anggota keluarganya.

Jika pada momen biasa kamu sulit mencari waktu senggang, pada Ramadan kali ini, kamu bisa lebih fokus menghabiskan banyak waktu bareng keluarga.

Meski tak ada bukber, bukan berarti semangat kamu untuk melakukan ibadah dan kebaikan di bulan Ramadan ini menjadi surut, kan? Tetap kuat, ya?

Baca Juga: 10 Promo Makan Murah Selama Ramadan, Asyik Banget buat Bukber

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya