Comscore Tracker

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapat Saat Berbagi Makanan Saat Bulan Puasa

#RamadanMasaKini Berbagi itu indah

Semua umat Muslim pasti sudah tahu, Ramadan adalah bulan di mana semua kebaikan bernilai pahala berkali-kali lipat. Tak hanya ibadah yang berhubungan langsung dengan Allah SWT, namun juga dengan ibadah yang berhubungan dengan sesama manusia. Salah satu bentuk ibadah dan kebaikan yang kerap dilakukan masyarakat adalah dengan memberikan makanan berbuka kepada tetangga atau di musholla dekat rumah.

Hal tersebut sesuai dengan sebuah hadits yang berbunyi: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, dan lainnya)

Dan berikut ini merupakan beberapa manfaat kebaikan bagi kamu yang kerap memberikan makan berbuka untuk orang yang berpuasa.

1. Mencuatkan semangat kebersamaan dan berbagi

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapat Saat Berbagi Makanan Saat Bulan Puasathenational.ae

Saat kamu memberikan makanan berbuka kepada orang lain, maka suatu saat kamu juga akan menerima makanan berbuka dari orang lain. Semangat saling berbagi di antara orang-orang yang sedang berpuasa biasanya akan semakin mencuat. Bukan hanya bernilai pahala, namun semangat saling berbagi akan melahirkan rasa kasih sayang dan kebersamaan antar sesama.

2. Menghilangkan dendam dan perasaan negatif

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapat Saat Berbagi Makanan Saat Bulan Puasaarchive.sltrib.com

Terutama yang berbeda pandangan dalam pilihan, memberikan makanan berbuka tentu saja akan menghilangkan perasaan dendam antar-sesama. Meski berbeda pilihan, sikap saling menghargai dan menghormati akan hadir seiring dengan intens-nya pertemuan mereka dalam bulan puasa. Meski hanya sekadar memberikan makanan berbuka, namun dampaknya akan sangat besar bagi hubungan baik keduanya.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Makan Berlebihan Saat Buka Puasa, Hindari Ya!

3. Menciptakan kebahagiaan hakiki

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapat Saat Berbagi Makanan Saat Bulan Puasamoroccoworldnews.com

Sudah pasti, orang yang selalu berbuat kebaikan (salah satunya dengan memberikan makan berbuka) tentu saja akan mendapatkan kebahagiaan hakiki dalam hidupnya. Hukum kebaikan dalam Islam menyebutkan, rasa bahagia orang yang menerima makanan berbuka akan sama besar dengan rasa bahagia yang dirasakan si pemberi makanan berbuka.

4. Pahala berlipat ganda

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapat Saat Berbagi Makanan Saat Bulan Puasaricemedia.co

Tentu saja, segala hal positif yang kamu lakukan di bulan puasa akan mendatangkan pahala berkali-kali lipat. Termasuk ketika memberi makan berbuka orang yang berpuasa, kebaikan yang kamu dapat akan mendatangkan banyak kebaikan dalam kehidupanmu. Sudah pahala berlipat ganda, rasa bahagia, kemaslahatan hidup juga senantiasa akan kamu dapatkan.

5. Rizki kamu akan bertambah luas

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapat Saat Berbagi Makanan Saat Bulan Puasathenational.ae

Saat kamu memberikan makanan berbuka orang yang berpuasa, maka pada detik itu pintu rizki akan semakin luas terbuka. Karena sering bersedekah, maka akan selalu saja ada jalan rezeki dari berbagai jalan yang tak kamu duga sebelumnya. Semakin sering kamu memberikan sedekah dengan memberi makan berbuka, maka akan semakin luas rezeki yang kamu dapatkan kelak.

Yuk, selagi Ramadan masih panjang, tetap lakukan amalan dan kebaikan, baik yang berhubungan langsung dengan Allah, atau hubungan sosial dengan sesama manusia. Semangat terus puasanya ya?

Baca Juga: 4 Tips Simpel Atasi Nafsu Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You