Comscore Tracker

5 Manfaat Hebat Kultum Saat Istirahat Kerja, Bikin Kuat Puasa

#RamadanMasaKini Tuhuh menit yang bermanfaat kan?

Kultum alias kuliah tujuh menit merupakan ceramah singkat yang biasa didengarkan di berbagai media. Di beberapa kantor, terutama saat bulan puasa, kultum biasa diadakan selepas shalat Dzuhur untuk mengisi kekosongan waktu di sela-sela pekerjaan. Meski hanya berkisar sekitar beberapa menit, ada banyak manfaat yang didapat ketika orang mulai intens mengikuti kultum setiap hari.

Berikut ini beberapa manfaat mendengarkan kultum yang bisa didapat dengan berbagai kebaikannya;

1. Menambah wawasan agama

5 Manfaat Hebat Kultum Saat Istirahat Kerja, Bikin Kuat Puasatongkronganislami.net

Terutama bagi yang masih awam, mendengarkan kultum tentu saja bisa menambah wawasanmu mengenai ilmu agama. Kamu bisa mengetahui cara berpuasa yang baik, tata cara shalat yang sesuai tuntunan, dan doa-doa yang tepat diucapkan saat puasa. Segala hal tentang ilmu agama bisa kamu dapatkan jika rutin mengikuti kultum setiap hari di sela-sela istirahat kerja.

2. Sebagai ajang introspeksi dan koreksi diri

5 Manfaat Hebat Kultum Saat Istirahat Kerja, Bikin Kuat Puasablog.evercoss.com

Kamu juga bisa menggunakan momen mendengarkan kultum sebagai ajang introspeksi dan koreksi diri. Karena manusia tak luput dari dosa dan kesalahan, maka sudah pasti tema kultum yang jadi pembahasan saat itu akan mengena di hati pendengarnya. Beberapa menit yang berharga bisa menyadarkan manusia dari segala dosa.

Baca Juga: Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoa

3. Jiwa menjadi tenang dan pikiran menjadi terbuka

5 Manfaat Hebat Kultum Saat Istirahat Kerja, Bikin Kuat Puasaabiummi.com

Jika diamalkan dengan sungguh-sungguh, mendengarkan kultum tentu saja akan membuat hati dan pikiranmu menjadi tenang. Kata-kata meneduhkan dari Pak Ustad akan membawamu kepada kedamaian hakiki yang bisa mendekatkanmu dengan Allah. Tak hanya bikin hati tenang, pikiran kamu juga akan terbuka terhadap hal-hal positif dalam kehidupan.

4. Menjalin silaturahim antara sesama pegawai dari berbagai divisi

5 Manfaat Hebat Kultum Saat Istirahat Kerja, Bikin Kuat Puasadepok.go.id

Karena dilakukan selepas shalat Dzuhur, para pegawai yang mengikuti kultum biasanya datang dari berbagai divisi. Selain bisa mendatangkan manfaat berupa ilmu agama, kamu juga bisa menjalin silaturahmi dengan para pegawai dari berbagai divisi. Dari tak saling mengenal menjadi kenal, dari tak menyapa menjadi saling sapa, betapa indah bukan?

5. Mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT

5 Manfaat Hebat Kultum Saat Istirahat Kerja, Bikin Kuat Puasasupmtegal.kkp.go.id

Nah, ini nih inti dari kegiatan kultum yang diadakan beberapa kantor selepas Dzuhur di bulan puasa. Karena banyaknya ilmu yang didapat, maka sudah pasti akan mempertebal keimanan dan ketakawaan bagi seluruh pendengar kultum. Meski disibukkan dengan rutinitas kerja, mereka tidak melupakan kewajibannya sebagai umat beragama dengan ibadah-ibadahnya.

Daripada menghabiskan waktu istirahat kerja dengan berleha-leha, mendingan ikut kajian dengan mendengarkan kultum dari Pak Ustad kan? Ilmu agama didapat, pahala kebaikan bisa berlipat-lipat, masa kamu gak tertarik?

Baca Juga: Yuk Isi Ramadanmu dengan Kultum dari 5 Ustadz Gaul Ini

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You