Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Takut Laporkan ‘Kekerasan Online’ di Medsos, Biar Jera

Jangan biarkan mereka gencar melakasanakan aksinya

Meski dampaknya tidak terasa langsung, kekerasan online yang banyak dilakukan pihak-pihak tak bertanggung jawab tentu saja bisa membuat kehidupanmu terusik. Saat mereka gencar melaksanakan aksi tak terpujinya secara bebas, diperlukan keberanian lebih untuk bisa melawannya dengan banyak cara.

Yang paling efektif, sih langsung saja melaporkan kepada pihak berwajib agar mereka jera dengan perbuatan yang dirasa cukup meresahkan.

Mengapa kamu perlu melaporkan kejahatan online yang marak di media maya dewasa ini? Berikut ini beberapa alasan sederhananya yang patut kamu tahu.

1. Kamu melepaskan satu ‘mata rantai’ kekerasan agar tidak berkembang menjadi lebih besar

5 Alasan Jangan Takut Laporkan ‘Kekerasan Online’ di Medsos, Biar JeraPixabay.com/terimakasih0

Dengan melaporkan tindakan tak terpuji pelaku kejahatan online, maka kamu sudah berpartisipasi dalam memutus satu mata rantai kejahatan. Jika kejahatan tersebut terus dibiarkan, maka peluang berkembangnya kejahatan tersebut tentu saja akan terbuka lebar.

Kamu tentu tidak ingin kejahatan online tersebut terus terjadi pada generasi-generasi mendatang bukan?

2. Agar media maya tetap sehat bagi setiap penggunanya

5 Alasan Jangan Takut Laporkan ‘Kekerasan Online’ di Medsos, Biar JeraPixabay.com/StockSnap

Agar kamu bisa tetap sehat bermedia sosial, maka melaporkan pelaku tindakan kejahatan online merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasinya. Internet yang sehat tentu saja akan membuat penggunanya merasa aman dan nyaman tanpa hambatan dan gangguan. Informasi dari media maya yang sehat tentu saja akan membuat pola pikir dan pemahaman mengenai banyak hal bisa sehat dan terjaga juga.

Baca Juga: 6 Langkah Meninggalkan Media Sosial untuk Kehidupan yang Lebih Bahagia

3. Biar keamanan kamu tetap terjaga

5 Alasan Jangan Takut Laporkan ‘Kekerasan Online’ di Medsos, Biar JeraPixabay.com/Fangirl

Di era digital seperti sekarang ini, kejahatan online makin marak dengan berbagai modusnya yang sudah canggih. Kamu mungkin tidak sadar bahwa keamanan kamu ketika menggunakan media maya sedang diincar oleh pelaku kejahatan.

Mereka bisa dengan mudah melakukan pengintaian, pemerasan, pencurian identitas, dan kejahatan online lainnya. Jadi, tetap waspada dengan keberadaan mereka, ya?

4. Tentu saja kualitas hidupmu akan meningkat dan lebih produktif

5 Alasan Jangan Takut Laporkan ‘Kekerasan Online’ di Medsos, Biar JeraPixabay.com/cuncon

Sudah pasti, apa yang kamu baca di media sosial secara tidak langsung akan merubah pola pikirmu menjadi lebih baik. Jika pemikiran kamu tetap positif, maka kualitas hidupmu juga akan lebih meningkat dengan tingkat produktivitas yang cukup tinggi.

Melaporkan tindak kejahatan online bukan hanya akan membuat pelaku jera, namun juga bisa membuka pikiran umat manusia agar tetap berbuat baik dalam hidupnya.

5. Justru kamu ‘menyelamatkan’ pelaku dari pikiran jahatnya

5 Alasan Jangan Takut Laporkan ‘Kekerasan Online’ di Medsos, Biar JeraPixabay.com/Free-Photos

Saat laporanmu sudah direspon, maka pelaku kejahatan online biasanya akan mendapat sangsi dengan ketentuan yang berlaku. Meski secara nyata mereka sudah mendapatkan hukuman, sejatinya kamu sudah menyelamatkan mereka dari pikiran jahatnya, lho.

Jika kamu tak segera melaporkannya, mungkin otak mereka akan tetap teracuni oleh pikiran-pikiran jahat dengan terus-menerus melakukan aksi kejahatannya hingga batas waktu tak terhingga.

Jadi, tak ada alasan untuk tetap membiarkan aksi tak terpuji para pelaku kejahatan menggencarkan perbuatannya ya? Jangan takut laporkan aksi mereka agar bisa memberikan efek jera.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Perlu Tanggapi Status Sindiran di Media Sosial

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You