Comscore Tracker

5 Pertanyaan dalam Benak Introver Menjelang Tidur, Dalam Banget!

Kamu kepikiran juga, gak?

Secara sederhana, introver lekat dengan kepribadian pendiam, namun bijaksana. Pada situasi tertentu, orang berkarakter seperti ini selalu memandang kehidupan dari sudut pandang yang tak biasa. Ada sekelumit pertanyaan abadi dalam kehidupan di benak introver yang kerap mengisi hari-hari mereka, terutama saat sendiri menjelang tidur.

Apa saja sih pertanyaan-pertanyaan pribadi yang sering menjejali pikiran seorang introver menjelang tidur ketika sendirian? Simak dalam uraian sederhana berikut ini, yuk!

1. Hidup itu menjalani rutinitas yang itu-itu saja atau ada tujuan jangka panjang yang ingin dicapai?

5 Pertanyaan dalam Benak Introver Menjelang Tidur, Dalam Banget!digest.bps.org.uk

Pernahkah kamu merasa bosan dengan rutinitas harian monoton yang itu-itu saja? Bergelut dengan kegiatan yang sama dari hari ke hari selama bertahun-tahun? Ya, hal tersebut biasanya yang menjadi pertanyaan utama dalam benak introver ketika menjalani kegiatannya sehari-hari.

Hingga pada suatu titik tertentu, mereka akan menyadari bahwa hidup tak sekadar menjalani rutinitas, namun juga harus memiliki tujuan jangka panjang. Selain tujuannya akhirat, seorang introver juga akan berusaha menebar kebaikan dengan banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya "abadi", salah satunya dengan menulis.

2. Makna kebahagiaan hidup itu sebenarnya seperti apa sih?

5 Pertanyaan dalam Benak Introver Menjelang Tidur, Dalam Banget!idisciple.org

Setiap orang memang biasanya memaknai kebahagiaan sesuai dengan versi dan pendapatnya masing-masing. Ada yang mendapat kebahagiaan karena harta berlimpah, jabatan tinggi, pasangan yang aduhai, atau hal-hal materialistis lainnya.

Introver malah biasanya memandang kebahagiaan dengan hal-hal sederhana: pikiran yang tenang, sehat, melakukan hobi, atau ibadah. Ketika ia melihat banyak manusia berbahagia karena hal-hal yang sifatnya materi, satu hal yang akan kembali dipertanyakan: makna kebahagiaan hakiki itu sebenarnya yang bagaimana sih?

Baca Juga: 7 Hal Ini Sebaiknya Gak Kamu Lakukan Saat Bergaul dengan Introver 

3. Sudahkah aku memberikan manfaat bagi orang-orang terdekat?

5 Pertanyaan dalam Benak Introver Menjelang Tidur, Dalam Banget!Pixabay.com/trevoykellyphotography

Benar kata orang bijak, sebaik-baik manusia ialah mereka yang bisa memberikan manfaat bagi orang-orang terdekatnya. Hal tersebut biasanya memang menjadi pertanyaan bagi introver saat menyadari kehidupannya yang dirasa masih belum bisa memberikan apa-apa kepada orang lain.

Karena belum merasa memberikan manfaat, introver akan senantiasa melakukan hal-hal baik dalam hidup di lingkungan terdekatnya.

4. Jika aku tak lagi ada di dunia, orang akan ingat kebaikan atau keburukanku?

5 Pertanyaan dalam Benak Introver Menjelang Tidur, Dalam Banget!Pixabay.com/Free-Photos

Menyadari bahwa usia manusia itu ada batasnya, seorang introver biasanya memang akan berpikir jauh ke depan tentang kehidupan selanjutnya. Tak mau hidup dalam kesia-siaan, mereka akan melakukan hal-hal positif yang nantinya bisa dikenang orang banyak ketika ia sudah tidak lagi berada di dunia.

Salah satu cara untuk mengisi kehidupan dengan cara hal baik bisa dilakukan dengan cara menulis. Saat orang-orang sibuk dengan rutinitasnya menghabiskan waktu hidup, introver bekerja untuk keabadian dengan menulis hal-hal positif dan inspiratif.

5. Sudahkah aku menjadi hamba Tuhan yang bertakwa?

5 Pertanyaan dalam Benak Introver Menjelang Tidur, Dalam Banget!Instagram.com/rianekkypradipta

Nah, ini nih yang menjadi klimaks pertanyaan seorang introver saat sendiri menjelang tidur. Menyadari bahwa hidup di dunia hanya sementara, sebagai hamba Tuhan yang bertakwa, ibadah merupakan salah satu hal yang seyogianya wajib dilakukan.

Karena tidak ada manusia yang benar-benar sempurna keimanannya, seorang introver biasanya memang akan bertanya tentang seberapa takwa dirinya kepada Tuhan.

Kamu sendiri, pertanyaan apa sih yang sering menjadi fokus utamamu dalam kehidupan? Bagi di kolom komentar, dong?

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Introver Sukses di Dunia Kerja, Kamu Punya? 

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya