5 Tips Khatam Tadarusan Sebulan Penuh, Bikin Puasa Makin Afdal!

#RamadanMasaKini Siapa nih yang sudah khatam?

Selain salat Tarawih, tadarus Alquran merupakan salah satu ibadah yang banyak dilakukan kaum muslim saat Ramadan. Punya target khatam Alquran sebulan penuh, ada banyak keutamaan saat seseorang membaca Alquran dengan mengharap pahala dan syafaat dari Allah SWT.

Dalam sebuah hadis disebutkan: “Bacalah Alquran, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat” (HR. Muslim)

Untuk mendapatkan kebaikan di bulan Ramadan, berikut ini beberapa tips khatam Alquran yang bisa kamu lakukan.

1. Teknik 2 lembar setiap waktu salat

5 Tips Khatam Tadarusan Sebulan Penuh, Bikin Puasa Makin Afdal!rawpixel.com

Dilakukan secara tertib membaca Alquran sebanyak 2 lembar setiap sehabis salat fardu, kamu bisa khatam Alquran pas sebulan penuh. Karena terdiri dari 30 juz yang harus dihabiskan dalam 30 hari bulan puasa, maka 2 lembar selepas salat fardu 5 waktu bisa memenuhi waktu satu bulan. Dengan hitungan 10 lembar adalah 1 juz, kamu bisa mengkhatamkan tadarusan dengan waktu yang tepat dan terukur.

2. One day one juz

5 Tips Khatam Tadarusan Sebulan Penuh, Bikin Puasa Makin Afdal!snopes.com

Tak terpatok pada waktu salat fardu 5 waktu, kamu bisa melakukan tadarus dengan target 1 hari 1 juz. Otomatis dalam waktu sebulan penuh Ramadan, kamu bisa mengkhatamkan Alquran dengan hitungan sederhana tersebut. Teknik ‘one day one juz’ sendiri sudah banyak diterapkan orang-orang muslim tak hanya di bulan Ramadan saja, namun juga di hari-hari biasa.

Baca Juga: 4 Tips Khatam Al-quran di Bulan Ramadan

3. Tadarusan setelah Tarawih secara bersama-sama

5 Tips Khatam Tadarusan Sebulan Penuh, Bikin Puasa Makin Afdal!Pixabay.com/mufidpwt

Selepas Tarawih, kamu bisa juga melakukan tadarusan bersama teman-teman sekampung di masjid. Dilakukan secara berantai, tadarusan bersama ini dilakukan sekaligus khatam dengan masing-masing 1 juz dalam satu waktu.

Sebagai contoh, kamu membaca juz 1, teman kamu juz 2, teman yang lain juz 3, dan seterusnya. Di malam selanjutnya, kamu gantian baca juz 2, teman-teman kamu yang lain juga bergantian membaca juz selanjutnya. Dengan trik tadarusan seperti ini, masjid akan ramai oleh suara-suara mengaji yang biasanya akan membuat malam terasa syahdu dan menenangkan jiwa.

4. Saat ada waktu luang ketika masih berada di kantor gunakan untuk mengaji

5 Tips Khatam Tadarusan Sebulan Penuh, Bikin Puasa Makin Afdal!aboutislam.net

Terutama yang memiliki kesibukan kerja namun ingin khatam Alquran, kamu bisa memanfaatkan waktu senggang di kantor untuk mengaji. Meski disibukkan dengan rutinitas kantor, kamu bisa melakukan tadarusan di sela-sela pekerjaan kamu. Bisa dilakukan selepas salat Dhuha, bakda zuhur, atau bisa juga saat-saat luang selama dalam pekerjaan.

5. Cari waktu di mana kamu merasa bersemangat untuk tadarus

5 Tips Khatam Tadarusan Sebulan Penuh, Bikin Puasa Makin Afdal!gobeyond.sg

Karena setiap orang memiliki tingkat mood yang berbeda-beda, maka kegiatan tadarusan bisa kamu lakukan kapan dan di mana pun. Tak terpengaruh jumlah banyak atau sedikitnya juz, kamu bebas tadarusan selama suasana hati kamu tenang dan nyaman. Bisa saja hari ini kamu mengaji 1-2 lembar, bisa jadi juga bisa sekaligus beberapa lembar dalam satu waktu. Asal bisa khatam Alquran sebulan penuh, kamu bebas mencari waktu tadarusan kapan saja.

Jadi tunggu apa lagi, ayo buka Alquran dan bacalah dengan penuh penghayatan. Kira-kira, kamu sudah masuk juz ke berapa nih, gengs?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You