Comscore Tracker

Bukan Ansos, 5 Alasan Kenapa Introver Lebih Nyaman Sendirian

Bisa lebih fokus berkarya

Senang menyendiri merupakan salah satu ciri seorang introver. Ya, beberapa dari mereka memang kurang nyaman ketika berada di tengah-tengah banyak orang.

Namun begitu, introver bukanlah orang yang gak bisa bersosialisasi. Berikut sejumlah alasan mengapa kamu lebih senang berada di tempat tenang dibanding keramaian.

1. Sendiri membuatmu mudah memahami sesuatu

Bukan Ansos, 5 Alasan Kenapa Introver Lebih Nyaman Sendirianilustrasi pria merasa ragu (pexels.com/Nathan Cowley)

Dengan menyendiri, seorang introver akan lebih mudah memahami dirinya, orang-orang yang ia pikirkan maupun situasi sekitar. Tanpa adanya campur tangan siapapun juga membuat pikiranmu lebih netral dan jernih dalam mencerna sesuatu.

Untuk itu, cobalah hargailah kebiasaannya ini ketika kamu memiliki teman atau pasangan introver. Jangan berpikir pula kalau dirinya orang yang anti sosial atau gak mau bergaul dengan yang lain. Biasanya, dia akan terbuka pada seseorang yang benar-benar dipercayainya.

2. Di keramaian, konsentrasimu akan mudah terpecah

Bukan Ansos, 5 Alasan Kenapa Introver Lebih Nyaman Sendirianilustrasi duduk di keramaian (pexels.com/Leah Kelley)

Berbeda dengan si ekstrover yang senang menjadi pusat perhatian, seorang introver justru enggan terlalu dikenal oleh banyak orang. Disamping itu, kamu juga malah gak terlalu nyaman ketika berada di keramaian.

Selain membuatmu merasa pusing, situasi tersebut juga bisa memecah konsentrasimu. Introver merupakan seorang pemikir. Kalau terlalu bising atau ramai, kamu akan sulit berkonsentrasi memikirkan sesuatu yang menurutmu penting.

Baca Juga: 5 Hal yang Hanya Dirasakan Seorang Introver ketika Jatuh Cinta

3. Introver lebih nyaman dengan suasana yang tenang

Bukan Ansos, 5 Alasan Kenapa Introver Lebih Nyaman Sendirianilustrasi wanita bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alih-alih menghindari keramaian, introver memang lebih nyaman berada di tempat sepi atau situasi yang lebih tenang. Dengan begitu, dia bisa fokus memikirkan atau mengerjakan sesuatu.

Suasana hening juga bisa menjadi pendukung introver ketika dirinya ingin bersantai dan bermeditasi. Ini merupakan salah satu cara introver memulihkan energi yang sempat terkuras.

4. Kamu lebih bisa fokus berkarya ketika sendirian

Bukan Ansos, 5 Alasan Kenapa Introver Lebih Nyaman Sendirianilustrasi wanita melukis (pexels.com/Anthony Shkraba)

Ada beberapa profesi yang cocok bagi si introver, misalnya novelis, pencipta lagu, pelukis, dan sebagainya. Dalam berkarya, biasanya kamu membutuhkan kesendirian serta suasana yang mendukung.

Kamu juga merasa lebih maksimal menciptakan sebuah karya ketika gak banyak orang yang mengganggu. Sehingga, dukungan orang-orang sekitar pun juga penting bagi seorang introver.

5. Berada di keramaian terkadang membuatmu merasa asing

Bukan Ansos, 5 Alasan Kenapa Introver Lebih Nyaman Sendirianilustrasi para pejalan kaki (pexels.com/Kaique Rocha)

Karena gak dikenal banyak orang, introver terkadang merasa asing jika harus berada di keramaian. Berbeda halnya dengan seorang ekstrover yang memiliki banyak teman serta senang berkumpul dengan banyak orang.

Karena alasan inilah biasanya introver memilih untuk gak berlama-lama berhadapan dengan orang-orang. Ketika di tempat ramai pun kamu akan mencari tempat yang lebih hening dan gak bising.

 

Nah, itulah alasan mengapa si introver senang menyendiri. Bukan karena gak mau bersosialisasi, tetapi memang begitulah karakternya. Adakalanya bertemu dengan orang banyak, tapi gak lama kemudian mereka akan menarik diri lagi. 

Baca Juga: 5 Sisi Positif dari Pria Introver, Bisa Menjaga Rahasia dengan Baik!

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya