Comscore Tracker

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri sebelum Orang Lain

#IDNTimesLife Bahagia dimulai dari diri sendiri

Selama ini mungkin kamu bertanya-tanya kenapa sulit merasa bahagia. Padahal kamu telah berusaha membahagiakan orang-orang sekitarmu. Sampai-sampai, kamu kerap mengesampingkan kepentingan dan kebahagiaanmu sendiri.

Sebelum mendahulukan orang lain, alangkah baiknya kamu belajar mencintai dirimu sendiri dulu. Kenapa bisa begitu? Daripada penasaran, mending langsung saja simak sejumlah alasannya berikut ini.

1. Jadi mengenal diri sendiri dengan baik

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri sebelum Orang LainUnsplash.com/Allef Vinicius

Mencintai diri sendiri akan membuatmu berusaha memahami siapa dirimu dan apa maumu. Dengan begitu, kamu akan tahu kekurangan dan kelebihanmu serta bagaimana cara memperbaiki sekaligus mengoptimalkannya. Dengan kata lain, kamu jadi lebih mengenal dirimu sendiri lebih baik dari sebelumnya.

2. Bisa menghargai diri sendiri

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri sebelum Orang LainUnsplash.com/Allef Vinicius

Dengan menyayangi diri sendiri, itu artinya kamu sedang berusaha mengapresiasi dirimu. Jika kamu bisa menghargai diri, orang lain pun akan mudah menaruh respek padamu. Dari sini kamu juga dapat dengan mudah menemukan prinsip serta jati diri karena gak mudah terpengaruh orang lain.

3. Dapat menumbuhkan rasa percaya diri 

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri sebelum Orang LainFreepik.com/marymarkevich

Orang-orang percaya diri biasanya pandai menghargai serta mencintai diri sendiri. Apakah kamu juga begitu? Sifat satu ini akan membuatmu gak gampang terpengaruh omongan negatif orang lain. Jadi, kamu pun akan lebih mudah menjalani hidup dan meraih impian-impianmu.

4. Kunci merasakan kebahagiaan

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri sebelum Orang LainFreepik.com/kroshka__nastya

Sebelum membahagiakan orang lain, alangkah baiknya kamu membahagiakan diri sendiri terlebih dahulu. Salah satunya yaitu dengan mencintai dirimu sendiri. Kalau sudah bisa menyayangi sendiri, kemungkinan kamu juga dapat dengan mudah membahagiakan orang lain.

Baca Juga: 5 Pentingnya Self Love Sebelum Cari Pacar, Pahami Sebelum Bucin!

5. Mudah menebarkan kebahagiaan

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri sebelum Orang LainUnsplash.com/Brooke Cagle

Dengan mencintai diri sendiri, kamu akan dapat dengan mudah menebarkan kebahagiaan ke orang lain. Energi positif yang terpancar dari dalam dirimu itu mampu membawa banyak kebaikan. Misalnya kamu jadi mudah bersosialisasi hingga orang sekitar akan merasa nyaman saat berada di dekatmu.

6. Hidupmu gak mudah tertekan dan stres

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri sebelum Orang LainUnsplash.com/JESHOOTS.COM

Kamu akan dapat dengan mudah menerima diri apa adanya jika mampu mencintai diri sendiri. Alhasil, kamu pun jadi lebih santai menjalani hidup serta gak gampang tertekan atau terserang stres. Kondisi ini pun akhirnya mampu membuatmu menjadi lebih produktif dalam berkarya maupun bekerja.

7. Mudah menerima masukan dan kritikan orang lain

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri sebelum Orang LainFreepik.com/drobotdean

Kamu yang pandai menyayangi diri sendiri gak akan gampang kecewa atau merasa takut saat ada yang mengkritik. Sebaliknya, kamu akan menjadikan masukan tersebut sebagai bahan introspkesi diri. Kritikan orang pun malah kamu jadikan bahan perbaikan diri agar menjadi pribadi yang lebih berkualitas.

Nah, itulah tujuh alasan mengapa sebaiknya kamu menyayangi diri sendiri dahulu sebelum orang lain. Dengan begitu, semoga kamu dapat dengan mudah merasakan kebahagiaan serta menebarkannya ke orang-orang sekitar.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Kenali Perbedaan Antara Self-love dan Selfish

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya