Comscore Tracker

6 Cara Bangun Kepercayaan Diri Setelah Ditinggal Nikah Mantan Pacar

Sudah waktunya kamu move on!

Ditinggal kekasih pasti akan menyisakan kesedihan mendalam di hatimu. Apalagi penyebab kepergiannya lantaran dia mau menikah dengan orang lain. Padahal mungkin kamu masih sayang-sayangnya. Bertambahlah luka hati yang saat ini kamu rasakan.

Wajar kalau kamu merasa galau dan sedih pasca ditinggal nikah pacar, asalkan gak berlebihan atau berlarut-larut. Setelah itu, cobalah bangun kepercayaan diri kembali agar nantinya dirimu siap menjalin hubungan dengan orang baru. Bagaimana caranya?

1. Jangan menyalahkan diri sendiri

6 Cara Bangun Kepercayaan Diri Setelah Ditinggal Nikah Mantan PacarFreepik.com/karlyukav

Mungkin sempat terpikir bahwa pacar meninggalkanmu karena dirimu kurang sempurna atau bukanlah yang terbaik baginya. Hindarilah pikiran seperti itu, apalagi terlampau menyalahkan diri sendiri.

Anggapan ini hanya akan membuatmu semakin kurang percaya diri. So, yakinlah bahwa apa yang terjadi pada hubungan kalian adalah bagian dari takdir dan kamu gak perlu terlalu lama menyesalinya.

2. Dia gak ditakdirkan berjodoh denganmu, berusahalah berpikir positif

6 Cara Bangun Kepercayaan Diri Setelah Ditinggal Nikah Mantan PacarFreepik.com/wirestock

Pikiran positif akan mendorongmu bersikap lapang dada dalam menghadapi sesuatu, termasuk persoalan yang sedang kamu alami sekarang. Karena sudah tahu dia gak ditakdirkan berjodoh denganmu, terimalah kenyataan ini dengan pikiran terbuka. Semoga setelahnya hidupmu jadi lebih tenang dan kamu bisa segera move on.

3. Yakin saja cepat atau lambat kamu bisa menemukan penggantinya

6 Cara Bangun Kepercayaan Diri Setelah Ditinggal Nikah Mantan PacarFreepik.com/yanalya

Keyakinan dalam diri akan semakin membangun kepercayaan dirimu agar bisa bangkit dari keterpurukan pasca ditinggal kekasih nikah. Ya, percayalah cepat atau lambat kamu akan menemukan pengganti yang cocok serta lebih baik dari mantanmu. Hal ini tentunya harus kamu imbangi dengan doa dan usaha yang sungguh-sungguh.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Patah Hati akibat Ditinggal Nikah, Auto Move On!

4. Sebisa mungkin jangan berlarut-larut dalam kesedihan

6 Cara Bangun Kepercayaan Diri Setelah Ditinggal Nikah Mantan PacarUnsplash.com/Larm Rmah

Kesedihan yang berlarut-larut hanya akan membuatmu kian terpuruk dan susah move on. Oleh karenanya, berusahalah lapang dada lalu belajarlah untuk bangkit dari keterpurukanmu. Dengan begitu, mudah-mudahan hatimu bisa menjadi lebih kuat dan kamu pun semakin mantap melangkah ke depan.

5. Perbaiki diri dan penampilanmu

6 Cara Bangun Kepercayaan Diri Setelah Ditinggal Nikah Mantan PacarFreepik.com/halayalex

Aura positif dapat terpancar dari apa yang kamu tunjukkan. Untuk itu, berusahalah memperbaiki kepribadian serta penampilanmu. Jadilah sosok positif yang bisa menginspirasi orang lain serta jangan lupa perhatikan pula penampilanmu. Dengan begitu, orang-orang mungkin akan lebih tertarik dan nyaman berada di dekatmu.

6. Alihkan kesedihanmu dengan melakukan berbagai kegiatan positif

6 Cara Bangun Kepercayaan Diri Setelah Ditinggal Nikah Mantan PacarUnsplash.com/Allef Vinicius

Biar gak melulu teringat pada mantan yang akibatnya dapat membuatmu sedih, coba alihkan pikiranmu ke kegiatan-kegiatan lain yang lebih positif. Misalnya menekuni hobi atau fokus pada pekerjaanmu sekarang. Yakin saja, cepat atau lambat kamu pasti dapat melupakan mantan lalu siap menjalin hubungan dengan orang baru.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara terbaik agar bisa segera melupakan mantan yang baru saja menikah? Semoga tips di atas dapat membantumu move on, ya. Semangat!

Baca Juga: Tetap Selow Sendiri! 10 Artis Ini Ditinggal Mantannya Nikah Duluan

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya