Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Kekecewaan saat Tahu Kenyataan Gak Sesuai Harapanmu

#IDNTimesLife Waktunya introspeksi diri

Gak semua yang kamu harapkan bisa menjadi kenyataan. Apa yang terjadi pun adakalanya gak sesuai dengan ekspektasimu. Meski telah mengetahuinya, terkadang kamu belum bisa menerima realitas tersebut. Alhasil, kamu pun merasa teramat kecewa serta sering menyesali kegagalanmu.

Well, alangkah baiknya kamu gak berlaru-larut dalam kesedihan. Sebagai gantinya, cobalah cari cara untuk mengatasi kekecewaanmu itu. Misalnya dengan mengikuti beberapa tips berikut ini. Apa saja itu?

1. Lakukanlah introspeksi diri

5 Cara Mengatasi Kekecewaan saat Tahu Kenyataan Gak Sesuai HarapanmuUnsplash.com/Toa Heftiba

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat menemui kenyataan gak sesuai harapan yaitu melakukan refleksi diri. Temukanlah apa yang menjadi penyebab kegagalanmu, lalu cobalah untuk memperbaikinya. Jadikanlah kegagalan-kegagalan yang menimpamu sebagai pembelajaran agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

2. Fokuslah pada hal-hal yang membuatmu bersyukur

5 Cara Mengatasi Kekecewaan saat Tahu Kenyataan Gak Sesuai HarapanmuUnsplash.com/Fernando Brasil

Kekecewaan terkadang membuatmu melupakan satu hal, yakni rasa bersyukur. Daripada larut dalam penyesalan, alangkah baiknya kamu mensyukuri apa-apa yang telah kamu miliki selama ini. Semisal kesehatan, keluarga yang utuh, pasangan setia, karier yang bagus, sahabat-sahabat terbaik, dan sebagainya.

3. Jangan melulu melihat ke atas, lihatlah kondisi orang-orang di bawahmu

5 Cara Mengatasi Kekecewaan saat Tahu Kenyataan Gak Sesuai HarapanmuFreepik.com/prostooleh

Selalu menetapkan standar tinggi serta melihat ke atas sebagai patokan sering kali membuatmu lupa bahwa masih banyak orang-orang di luar sana yang gak lebih beruntung darimu. Untuk itu, sesekali pergilah ke panti asuhan atau mengunjungi para tuna wisma di pinggir-pinggir jalan. Dengan begitu, mungkin kekecewaanmu perlahan mereda lalu berganti dengan rasa syukur.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Punya Banyak Gebetan Hanya Akan Bikin Kamu Kecewa

4. Menyadari bahwa ketidaksempurnaan memang ada

5 Cara Mengatasi Kekecewaan saat Tahu Kenyataan Gak Sesuai HarapanmuUnsplash.com/Larm Rmah

Ketahuilah, gak ada di dunia ini yang sempurna karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. Sekeras apa pun berusaha, kamu pasti akan menemukan kecacatan meski itu hanya sedikit. Justru jadikanlah kelemahan tersebut sebagai kekuatan dalam memperbaiki diri. Gak untuk sendiri, semoga apa-apa yang kamu upayakan itu juga dapat bermanfaat bagi sekitar.

5. Ambil hal-hal positif dari setiap kejadian yang menimpamu

5 Cara Mengatasi Kekecewaan saat Tahu Kenyataan Gak Sesuai HarapanmuFreepik.com/yanalya

Dibalik kegagalan, pasti ada hikmah yang dapat kamu ambil di baliknya. Gak melulu fokus pada kekecewaan yang kamu rasakan, cobalah mengambil sisi positif dari setiap kejadian yang menimpamu.

Misalnya saja dari kegagalan itu akhirnya kamu bisa jadi lebih dewasa serta berhati-hati dalam mengerjakan sesuatu. Dengan begitu, mungkin hidupmu jadi lebih bermakna dibanding terus-menerus menyesali atau menyalahkan diri sendiri.

Nah, itulah lima tips yang dapat kamu terapkan ketika mendapati harapan-harapanmu gak sesuai kenyataan. Semoga kamu bisa melalui setiap cobaan dengan baik hingga akhirnya mampu menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Tetap semangat!

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup Drama True Beauty, Hidup Gak Melulu Soal Penampilan

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya