Comscore Tracker

Jadikan Motivasi, 5 Cara Tepat Menyikapi Pujian Berlebihan 

#IDNTimesLife Jangan sampai kamu terlena, ya

Kesuksesan atau pencapaian yang kamu raih kemungkinan akan mendatangkan banyak pujian. Tak jarang sanjungan yang datang itu terlalu berlebihan sehingga dapat membuatmu merasa tinggi hati.

Sebetulnya gak ada yang salah dengan pujian asalkan kamu dapat menyikapinya dengan bijak. Kamu dapat melakukan hal-hal berikut ketika ada orang yang menyanjungmu secara berlebihan.

1. Selalu ucapkan terima kasih pada orang yang memujimu

Jadikan Motivasi, 5 Cara Tepat Menyikapi Pujian Berlebihan Unsplash.com/Marcel StrauB

Datangnya pujian merupakan sebuah pertanda bahwa kamu telah melakukan tindakan positif. Untuk itu, selalulah ucapkan terima kasih pada orang-orang yang mengapresiasi pencapaianmu. Kebiasaan ini pun akan menambah aura positif yang terpancar dari dalam dirimu.

2. Jadikan pujian sebagai motivasi agar kamu menjadi lebih baik lagi

Jadikan Motivasi, 5 Cara Tepat Menyikapi Pujian Berlebihan Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Motivasi bisa datang dari apa saja, salah satunya pujian dari orang lain. Alih-alih merasa tinggi hati, kamu pun mampu mengubah setiap sanjungan yang datang menjadi penyemangat agar bisa menjadi lebih baik lagi. Seberapa banyak pujian yang datang, sebanyak itu pula kamu kian terlecut untuk memperbaiki diri.

3. Berikan pujian balik kepada orang yang memujimu

Jadikan Motivasi, 5 Cara Tepat Menyikapi Pujian Berlebihan Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Sebagai bentuk penghargaan, kamu pun bisa menyampaikan pujian balik kepada orang yang menyanjungmu. Tindakanmu tersebut secara tidak langsung juga akan memotivasi mereka. Kebiasaan saling mendukung itu pun akan membuat hubunganmu dengan orang-orang terdekatmu kian membaik.

Baca Juga: 5 Alasan Pujian dari Orang Lain Baiknya Gak Lantas Membuat Kita Bangga

4. Selalu bersikaplah rendah hati meskipun banyak orang yang memujimu

Jadikan Motivasi, 5 Cara Tepat Menyikapi Pujian Berlebihan Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Tak sedikit orang yang merasa sombong ketika mencapai kesuksesan, apalagi jika banyak orang yang datang memuji. Agar tak terjadi demikian, belajarlah untuk selalu bersikap rendah hati. Ingat, hal yang kamu capai itu bukan karena kerja kerasmu sendiri, tapi juga berkat dukungan orang-orang sekitar.

5. Jangan lupa selalu bersyukur atas apresiasi orang-orang yang diberikan padamu

Jadikan Motivasi, 5 Cara Tepat Menyikapi Pujian Berlebihan Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Sanjungan orang lain merupakan bagian dari anugerah Tuhan yang hendaknya kamu syukuri. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan, misalnya mengucap terima kasih, membantu orang yang membutuhkan, atau berbagi ilmu yang telah kamu dapatkan. Dengan begitu semoga hidupmu menjadi lebih bermakna dan bermanfaat.

Well, sudah tahu kan hal apa saja yang dapat kamu lakukan ketika menerima pujian yang berlebihan? Semoga kamu bisa menerapkan semuanya, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Langsung Terlena dengan Pujian & Sikap Manis Seseorang

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya