Comscore Tracker

5 Langkah Menata Diri setelah Ditimpa Berbagai Masalah, Kamu Bisa!

Segera bangkit, yuk!

Tanpa permasalahan, hidup gak akan jadi berwarna. Namun, bagaimana jika masalah itu datang secara bertubi-tubi? Pasti kamu akan merasa lelah atau bahkan depresi.

Meskipun begitu, kamu harus menghadapi semuanya hingga menemukan solusi terbaik. Setelah itu, kamu perlu menata hidupmu agar berjalan normal kembali. Bagaimana caranya?

1. Beristirahat sejenak dari segala permasalahan dan kepenatan yang menimpa

5 Langkah Menata Diri setelah Ditimpa Berbagai Masalah, Kamu Bisa!ilustrasi cewek bersantai (unsplash.com/Toa Heftiba)

Sebelum melangkah maju, kamu memerlukan masa transisi untuk memulihkan energimu. Kamu dapat menggunakan waktu tersebut untuk jalan-jalan, relaksasi, atau kegiatan santai lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa berkontemplasi terkait persoalan-persoalan yang telah dihadapi. Gak ada salahnya juga kamu sharing ke orang-orang terdekat atau berkonsultasi ke pakar yang memahami masalahmu.

2. Fokus kembali pada tujuan dan target hidupmu

5 Langkah Menata Diri setelah Ditimpa Berbagai Masalah, Kamu Bisa!ilustrasi cewek fokus (unsplash.com/Christin Hume)

Setelah energimu pulih, kamu bisa fokus menjalani kehidupanmu seperti sedia kala. Berusahalah meraih kembali tujuan dan target-targetmu yang sempat tertunda.

Teruslah beraktivitas dan jangan sampai ada masalah atau hal-hal negatif yang menghantuimu lagi. Jika pun ada, percayalah pada dirimu kalau kamu bisa menyelesaikannya.

Baca Juga: 5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kehilangan Tujuan Hidup, Yuk Bangkit!

3. Abaikan hal-hal gak penting di sekitarmu 

5 Langkah Menata Diri setelah Ditimpa Berbagai Masalah, Kamu Bisa!ilustrasi cewek bebas (unsplash.com/averie woodard)

Masalah terkadang datang dari dirimu sendiri, misalnya terlalu fokus pada sesuatu yang kurang penting. Untuk itu, mulailah memfilter apa-apa yang ingin kamu lakukan atau sesuatu yang datang padamu.

Contohnya mengurangi aktivitas bersosial media atau mengabaikan komentar negatif orang-orang. Dengan begitu, hidupmu mungkin akan jauh lebih tenang dan bebas dari drama.

4. Galilah potensi agar dirimu semakin berkembang 

5 Langkah Menata Diri setelah Ditimpa Berbagai Masalah, Kamu Bisa!ilustrasi cewek tersenyum (unsplash.com/Jenny Ueberberg)

Daripada sibuk dengan drama-drama yang gak penting, alangkah baiknya kamu mulai belajar mengenal dirimu lebih dalam. Misalnya saja mencari tahu potensi atau bakat yang kamu miliki.

Setelah itu kamu dapat mengembangkannya sendiri atau dengan dibimbing orang lain. Caranya yaitu kamu dapat mengikuti pelatihan atau kursus sesuai dengan bidang yang kamu geluti.

5. Pelajari hal-hal baru yang bisa mendorongmu semakin produktif

5 Langkah Menata Diri setelah Ditimpa Berbagai Masalah, Kamu Bisa!ilustrasi cewek membaca (unsplash.com/Joel Muniz)

Selain menggali potensi diri, gak ada salahnya kamu mempelajari keterampilan baru. Siapa tahu skill tersebut bisa mendukung profesi yang sedang kamu jalani.

Misalnya saat ini kamu sedang mengikuti pelatihan kepenulisan. Kamu juga bisa belajar tentang editing atau desain grafis untuk mendukung ilustrasi tulisanmu.

Masalah akan selalu ada, siap tidak siap kamu harus mampu menghadapinya. Saat diterpa masalah, kamu harus kuat dan bangkit. Semoga persoalan tersebut membuatmu kian dewasa dalam berpikir maupun bertindak. Semangat!

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Diingat Saat Menghadapi Situasi Sulit, Yuk Bangkit!

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya