Comscore Tracker

5 Pesan Buat Kamu yang Masih Suka Membuang-Buang Makanan, Baca Ini!

#GoodLife Sama saja mencuri makanan dari orang miskin

Membuang-buang makanan sepertinya telah menjadi hal biasa di masyarakat kita. Kamu merasa gak ada yang salah ketika menyisakan makanan saat makan bersama keluarga atau menghadiri sebuah pesta. Mungkin karena banyak orang yang telah melakukannya, kamu jadi enteng saja menyia-nyiakan makanmu.

Padahal mungkin saja banyak orang di luar sana yang bersedia menghabiskan sisa makananmu itu demi bertahan hidup. Untuk kamu yang senang membuang makanan, bacalah baik-baik pesan di bawah ini.

1. Membuang makanan sama halnya mencuri makanan dari orang miskin

5 Pesan Buat Kamu yang Masih Suka Membuang-Buang Makanan, Baca Ini!Pexels/Stokpic

Saat kamu mendapat rezeki lebih, sebenarnya ada bagian yang harus kamu sisihkan untuk orang-orang miskin. Begitu halnya dengan makanan yang kamu buang. Kelebihan itu seharusnya kamu berikan pada mereka yang berhak menerimanya. Kalau tidak, sama halnya kamu sedang mencuri bagian mereka.

2. Tuhan membenci orang-orang yang menyia-nyiakan harta, termasuk membuang makanan

5 Pesan Buat Kamu yang Masih Suka Membuang-Buang Makanan, Baca Ini!Pexels/Rawpixel

Harta melimpah adalah anugerah yang diberikan Tuhan padamu. Dia memberikan rezeki lebih untuk disyukuri, bukan disia-siakan. Coba bayangkan ketika kamu memberi hadiah pada temanmu lalu tiba-tiba dia membuang hadiah itu di depan matamu. Pasti kamu akan marah dan sakit hati, bukan?

Tuhan pun akan marah jika kamu menyia-nyiakan rezeki yang diberikan-Nya. Jaga dan manfaatkan baik-baik setiap pemberian-Nya sebelum Dia mencabutnya lagi.

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga dari Mie Instan, Sahabat Akhir Bulan

3. Di waktu yang sama, banyak saudara-saudara kita yang kelaparan dan kekurangan gizi

5 Pesan Buat Kamu yang Masih Suka Membuang-Buang Makanan, Baca Ini!Pixabay/ArmyAmber

Tahukah kamu? Makanan yang kamu buang itu begitu berharga di mata anak-anak yang sedang kelaparan di luar sana. Mereka rela mengunyah sisa-sisa makanan yang mungkin terlihat menjijikkan bagimu.

Daripada membuangnya, lebih baik kamu belajar berhemat dan memberikan kelebihan anggaran makananmu pada anak-anak yang sering kelaparan dan kekurangan gizi.

4. Bahkan mereka harus berjuang dari ancaman busung lapar hingga mati kelaparan

5 Pesan Buat Kamu yang Masih Suka Membuang-Buang Makanan, Baca Ini!Pexels/Denniz Futalan

Sebelum kamu tega membuang makananmu, ingatlah saudara-saudara kita di sana. Saking gak ada makanan yang di konsumsi atau asupan gizi yang mencukupi, banyak dari mereka yang menderita busung lapar hingga mati kelaparan.

5. Masihkah kamu tega menyisakan makananmu atau membuangnya?

5 Pesan Buat Kamu yang Masih Suka Membuang-Buang Makanan, Baca Ini!Ppixabay/PremierCompanies

Di saat bocah-bocah kecil itu kekurangan makanan, masihkah kamu tega menyisakan atau membuang makananmu? Ingatlah, sedikit apapun makanan yang kamu buang, itu sangat berarti bagi mereka. Di sisi lain, anak-anak kecil itu adalah generasi penerus yang seharusnya mendapat penghidupan yang layak.

Jadi, mulai dari sekarang hentikan kebiasaanmu membuang makanan atau sama halnya kamu sedang mencuri masa depan bocah-bocah yang membutuhkan uluran tangan itu.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari TNI, Sang Penjaga Negeri

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A curious woman, sharing for healing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You