Comscore Tracker

7 Pikiran Buruk Ini Bisa Menghambat Kesuksesanmu, Singkirkan Segera!

#IDNTimesLife Bikin kamu susah berkembang

Setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan, mungkin termasuk dirimu. Sehingga, berbagai cara pun kamu tempuh agar bisa meraih tujuanmu itu. Misalnya dengan bekerja keras, mengikuti berbagai pelatihan, atau mulai mencoba membuka sebuah usaha.

Di sisi lain, mungkin kamu kerap melupakan sesuatu yang sebenarnya bisa menghalangi kesuksesanmu, yakni pikiran negatifmu sendiri. Apa saja itu? Yuk, langsung saja simak uraian lengkapnya di bawah ini!

1. "Dia lebih baik dari aku"

7 Pikiran Buruk Ini Bisa Menghambat Kesuksesanmu, Singkirkan Segera!Freepik.com/wayhomestudio

Pikiran tersebut menunjukkan kalau kamu ragu-ragu dalam melakukan sesuatu. Membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain juga akan membuatmu semakin minder dan gak percaya diri. Untuk itu, buanglah jauh-jauh pikiran ini agar kamu semakin mantap melangkah ke depan. Yakin saja kamu bisa melakukan segala sesuatunya dengan baik.

2. "Aku gak berbakat di bidang itu"

7 Pikiran Buruk Ini Bisa Menghambat Kesuksesanmu, Singkirkan Segera!Freepik.com/freepik

Mungkin kalimat ini sering hinggap di pikiranmu ketika hendak memulai sesuatu yang baru. Belum sempat mencoba tapi sudah pesimis duluan. Kalau sudah begini, kapan kamu akan maju? Padahal gak ada yang gak mungkin di dunia ini, termasuk keberhasilan ketika kamu mau mencoba mempelajari hal baru.

3. "Besok masih bisa dikerjain"

7 Pikiran Buruk Ini Bisa Menghambat Kesuksesanmu, Singkirkan Segera!Freepik.com/aleksandarlittlewolf

Kebiasaan menunda-nunda hanya akan membuatmu kehilangan banyak waktu serta peluang suskes. Jadi sebelum terlambat, ubahlah pikiran burukmu satu ini. Kalau gak, hidupmu mungkin akan semakin tertinggal atau kamu akan sering kehilangan kesempatan yang datang.

4. "Jangan-jangan nanti gagal"

7 Pikiran Buruk Ini Bisa Menghambat Kesuksesanmu, Singkirkan Segera!Freepik.com/diana.grytsku

Usaha saja belum tapi sudah memikirkan kegagalan. Bagaimana kamu akan tahu gagal kalau mencoba saja belum? Pikiran negatif seperti ini hanya akan membuatmu semakin pesimis dan jauh dari kesuksesan. So, singkirkanlah mulai dari sekarang.

Baca Juga: Mengenal Mental Block yang Bisa Menghambat Kesuksesan

5. "Biar dia saja yang melakukannya"

7 Pikiran Buruk Ini Bisa Menghambat Kesuksesanmu, Singkirkan Segera!Freepik.com/cookie_studio

Senang melemparkan tanggung jawab juga akan membuatmu jauh dari keberhasilan. Lebih dari itu, kamu juga akan kehilangan kesempatan mempelajari hal baru. Tindakan ini pun mencerminkan kalau kamu bukanlah calon pemimpin yang baik.

6. "Aku gak mau mencobanya lagi"

7 Pikiran Buruk Ini Bisa Menghambat Kesuksesanmu, Singkirkan Segera!Freepik.com/wirestock

"Kegagalan adalah kunci kesuksesan," pernahkah kamu mendengar pepatah satu ini? Ya, gagal memang bisa menjadi jalan menuju sukses asalkan kamu mau belajar memperbaiki diri serta mencoba bangkit lagi. Namun jika enggan, kemungkinan kamu akan kehilangan kesempatan meraih impian-impianmu.

7. "Dia benar, aku pasti gak bisa melakukannya"

7 Pikiran Buruk Ini Bisa Menghambat Kesuksesanmu, Singkirkan Segera!Freepik.com/jcomp

Kerap memikirkan omongan buruk orang lain juga bisa menghambat kesuksesanmu, lho. Untuk itu, yakinlah pada dirimu kalau kamu bisa menjalani semuanya dengan optimal. So, jangan pernah takut mencoba meski banyak orang-orang sekitar yang meragukan kemampuanmu.

Itulah tujuh pikiran negatif yang bisa menghalangi kebahagiaan dan kesuksesanmu. Jadi sebelum terlambat, buanglah pikiran buruk tersebut mulai dari sekarang. Semoga berhasil!

Baca Juga: 5 Alasan 'Support System' Penting untuk Kesuksesan Karier

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya